Tips Agar Memiliki Anak Yang Cerdas

Ingin Anak Cerdas? Ini Caranya..
Jadigitu.com ~ Ingin memiliki anak yang cerdas? Ibu hamil disarankan memperbanyak mengonsumsi ragam makanan laut untuk memenuhi kebutuhan zat yodium. 

Dari data yang disampaikan Balai Penelitian dan Pengembangan Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI) Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, medio 2011  disebutkan kebutuhan yodium per hari sekitar 1-2 mikrogram per kilogram berat badan.  Wanita hamil dan menyusui dianjurkan tambahan masing-masing 25 mikrogram dan 50 mikrogram per hari.

Pentingnya pemenuhan kebutuhan yodium karena berperan pada sintesis hormon tiroid. Hormon tiroid penting dalam proses tumbuh kembang terutama pada masa perkembangan otak.

Bila kekurangan yodium pada kehamilan dini akan menimbulkan kelainan yang tidak dapat disembuhkan. Serta menyebabkan penurunan produksi hormon tiroid yang berpengaruh terhadap berbagai organ tubuh jabang bayi.

Beberapa ciri individu yang mengalami GAKI, diantaranya terjadi pembesaran kelenjar gondok pada leher, gangguan pertumbuhan dan kelemahan fisik hingga kegagalan reproduksi. Biasanya disertai pula gangguan perkembangan sistem saraf.  Gangguan fungsi mental juga bisa mempengaruhi kehilangan IQ point yang identik  dengan kecerdasan dan produktivitas.

Karena itu untuk memenuhi kecukupan yodium, sebaiknya di dalam menu sehari-hari disertakan bahan-bahan pangan yang berasal dari laut. Mulai dari ikan, kerang-kerangan, udang, rumput laut, dan aneka jenis hasil olahan hasil laut lainnya.


Baca Juga :

Sumber:http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/12/12/14/mf006t-ingin-anak-cerdas-ini-caranya

SHARE TWEET

1 komentar:

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp