Tips Mengatasi Asam Lambung Secara Tepat

Jadigitu.com ~ Mengatasi Asam Lambung secara tepat saatnya memang menjadi pilihan kita, terutama bagi yang mempunyai rutinitas yang sangat padat. Jadi anda bisa bebas bekerja seharian tanpa gangguan asam lambung yng sangat menyiksa.
Perlu Anda ketahui asam lambung adalah cairan dalam saluran pencernaan yang dibentuk dalam lambung, dengan kadar pH 1,5-3,5 (asam) yang terdiri dari HCl (asam hidroklorida), KCl (kalium klorida) dan NaCl (natrium klorida). Asam ini berfungsi untuk mencerna protein dengan mengaktivasi protein enzim-enzim pencernaan. Simak terus sampai habis soal asam lambung dibawah ini yang dikutip dari femina.
  

Mengatasi Asam Lambung


Sebenarnya asam lambung sangat dibutuhkan untuk membantu proses pencernaan. Tanpa adanya asam lambung, makanan tidak dapat dicerna dengan baik, sehingga zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita tidak dapat diserap dengan baik. Sehingga sangat dibutuhkan kadar asam lambung yang seimbang di dalam tubuh. Namun jika berlebih juga akan membuat lambung jadi sakit.
Perlu Anda ketahui ketika asam lambung diproduksi berlebihan, cairan lambung dapat mengalami reflux atau mengalir ke kerongkongan. Kondisi ini dikenal dengan istilah populer asam lambung naik, atau istilah medisnya GERD (gastro esophageal reflux disease).
Lambung yang sehat 
Lambung yang sehat adalah lambung yang tidak mengalami iritasi. Cairan lambung mengandung mukus yang merupakan faktor perlindungan lambung. Sebaliknya, lambung yang tidak sehat adalah lambung yang telah mengalami iritasi atau peradangan, sehingga terasa sakit saat mencerna makanan.
Perbedaan Asam Lambung dengan penyakit maag
Penyebabnya sama, yaitu kadar asam lambung yang meningkat, GERD sedikit berbeda dari penyakit maag, yang biasa dikenal sebagai gastritis (radang lambung). 
  • GERD biasanya menimbulkan rasa terbakar di bagian dada. Karena, cairan lambung yang naik tidak hanya sampai ke kerongkongan, tapi bisa sampai ke mulut. 
  • Penyakit maag atau iritasi atau peradangan lambung, hanya terjadi di lambung serta organ dan saluran cerna atas pada perut.
Gejala yang muncul akibat gangguan asam lambung
Gejala umum yang muncul pada penderita asam lambung naik yaitu rasa perih yang hebat pada lambung. Karena nyeri tersebut, penderita sering merasa mual dan muntah kering, yang terkadang menyebabkan tenggorokan dan mulut ikut terasa perih dan panas.
  
Selain itu, dada juga terasa nyeri panas seperti terbakar (heartburn). Kadang-kadang, nyeri ini juga dirasakan seperti tekanan, sehingga sering disalahartikan sebagai nyeri jantung (serangan jantung). Gejala ini biasanya dirasakan penderita setelah makan dan saat penderita tidur. Gejala lainnya yaitu sulit menelan, sering sendawa, batuk kronis, dan radang tenggorokan.
Penyebab gangguan asam lambung
GERD tidak mengenal kelompok usia dan bisa menyerang siapa pun. Tapi, paling banyak diderita oleh mereka yang berusia 30-40 tahun. Seiring dengan pertambahan usia, produksi saliva (air liur) yang dapat membantu penetralan kadar pH pada esofagus (kerongkongan) juga akan berkurang.

Cara mengatasi Asam Lambung secara tepat, bisa dimulai dengan merubah gaya hidup kita menjadi lebih baik dan lebih teratur. Menjalani hidup dengan penuh rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan serta dengan bekerja dan hidup normal serta berjalan diatas rel yang telah ditentukan bagi kita sesuai ajaran Agama kita masing-masing.
Gaya hidup yang buruk dapat memicu naiknya asam lambung Seperti :
  • Merokok tidak hanya merusak paru-paru, tapi semua organ dalam tubuh, termasuk lambung. Kebiasaan merokok tentunya akan memperparah kondisi seseorang yang sudah memiliki masalah pada lambungnya.
  • Sering terlambat makan 
  • Makan dalam jumlah berlebihan 
  • Makan sambil tiduran
  • Tidur  kurang dari 2-3 jam sesudah makan juga dapat memicu gangguan asam lambung.
Dengan mengenali secara detail tentang seluk beluk asam lambung, makan akan mempermudah Anda untuk mengatasi asam lambung secara tepat. Semoga Kita bisa terbebas dari nyeri lambung akibat Asam lambung yang berlebihan.

Baca Juga :

Sumber: http://www.seputarwanitasehat.com/2012/11/mengatasi-asam-lambung-secara-tepat.html

SHARE TWEET

1 komentar:

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp