Malas Bergerak Bikin Otot Punggung Melemah

Jadigitu.com ~ Bertambahnya usia membuat otot-otot kita melemah dan menua. Karena itu, makin bertambah usia, risiko menderita nyeri punggung pun semakin besar. Saat penyakit ini datang, yang ingin Anda lakukan hanyalah berbaring, menempatkan kepala di atas tumpukan batal, dan menonton televisi.

Anda juga tidak akan menolak bila suami atau istri membantu seluruh aktivitas dari yang ringan sampai kegiatan serius. Namun, metode terbaik agar cepat pulih dari nyeri punggung adalah tetap bergerak sendiri. Tetaplah beraktivitas meskipun hanya sedikit-sedikit.

Mehmet C Oz, MD dalam bukunya An Insider's Guide to the Body That Wil Make You Healthier and Younger menyebutkan, berdasarkan statistik, pasangan yang telah menikah membutuhkan waktu dua setengah kali lebih lama untuk pulih ketimbang lajang saat terserang nyeri punggung.

Orang yang perhatian saat pasangannya nyeri punggung melakukan hal baik secara emosional. Tetapi, memanjakan mereka justru salah dari segi fisik. Jika Anda mengalami nyeri punggung lalu memilih tinggal di tempat tidur lebih dari 48 jam maka otot-otot punggung akan melemah. Ini menambah risiko cedera yang lebih parah.

Orang yang berisiko kena nyeri punggung adalah mereka yang sering duduk atau berdiri dalam jangka waktu lama. Juga mereka yang kondisi fisiknya lemah, memiliki pekerjaan berat, dan gaya hidup jarang berolahraga. Ketika nyeri punggung menyerang, mereka akan sulit sembuh karena gaya hidup dan keseharian mereka memperparah rasa nyeri dan tubuh tidak dipersiapkan untuk pulih.

Meski menyiksa Anda karena ingin bangun dari kasur atau berjalan ke kursi, untungnya nyeri punggung tidak perlu sampai operasi dan pembedahan. Nyeri punggung dapat dicegah dengan melakukan olahraga terpusat pada pinggul dan perut sejak dini.


Sumber: http://health.kompas.com/read/2012/08/20/10223113/Malas.Bergerak.Bikin.Otot.Punggung.Melemah

Menjadi Lebih Terbuka Bisa Bikin Lebih Bahagia

Jadigitu.com ~ Banyak yang mengatakan mereka berkepribadian ekstrovert adalah orang yang lebih bahagia, dan hal tersebut dikuatkan oleh beberapa studi. Lantas bagaimana jika Anda memiliki kepribadian introvert kemudian ingin lebih bahagia? Anda tidak perlu mengubah kepribadian Anda menjadi ekstrovert, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar Anda lebih terbuka dan menjadi lebih bahagia.

1. Mulailah dari hal yang kecil
Kepribadian tidak dapat berubah dalam sekejap. Karenanya jangan langsung berpikiran untuk menjadi pribadi yang baru dalam waktu singkat. Lakukan dengan perlahan dengan berlatih menjadi pribadi ekstrovert selama 10 menit setiap hari dan berpikirlah lebih aktif dan tegas. Anda tidak perlu menjadi ekstrovert sepenuhnya, namun masukkanlah beberapa ciri kepribadian ekstrovert dalam sikap Anda sehari-hari.

2. Perbanyak bicara dengan orang
Beri orang pujian, beri komentar tentang cuaca atau apapun sesuai dengan opini Anda pada orang.  Bicaralah lebih sering. Latihan berbicara ketika Anda sendiri juga dapat berguna.

3. Pertegas diri
Nyatakan opini Anda lebih sering, atau cobalah untuk meminta sesuatu daripada bersikap pasif. Tentukan dengan pasti film yang akan Anda tonton atau pilihlah sendiri restoran yang akan Anda kunjungi. Kadang-kadang bersikap tegas terasa sulit, karena sebagian dari Anda mungkin berpikir, “apakah pilihan saya salah?” atau “apakah ini yang terbaik untuk saya?” Namun teruslah latihan agar Anda dapat lebih tegas. Karena jika Anda dapat mengatasi itu, Anda akan merasa jauh lebih bahagia.

4. Beranilah untuk memilih keputusan yang agak “liar”
Bangkitkanlah jiwa petualangan yang Anda miliki, ini adalah kunci untuk menjadi lebih ekstrovert. Lakukan sesuatu yang dapat membangkitkan jiwa petualangan Anda dengan berjalan-jalan ke daerah baru, berenang, bernyanyi, dan lakukan sesuatu baru.

5. Cobalah lebih impulsif
­­­­­­­Pribadi ekstrovert lebih cenderung impulsif daripada ragu-ragu. Maka perbanyaklah melakukan kegiatan daripada hanya menonton televisi di rumah. Namun bukan berarti Anda harus melakukan kegiatan yang berisiko tinggi yang tidak semestinya atau berbahaya. Cukuplah untuk menjadi lebih aktif dengan berbagai kegiatan.

6. Beri perhatian lebih untuk hal-hal di sekeliling Anda
Perhatikan hal-hal yang cenderung baik agar Anda lebih bahagia. Namun juga jangan sepelekan hal-hal buruk. Namun lihatlah semuanya dengan pikiran yang positif. Meki hal buruk sekalipun, ada sesuatu baik yang dapat diambil.


Sumber: http://health.kompas.com/read/2012/12/10/1457168/Lebih.Bahagia.dengan.Menjadi.Pribadi.Terbuka.

Tes Rambut Untuk Menyingkap Racun Dalam Tubuh

Jadigitu.com ~ Badan Narkotika Nasional memutuskan melakukan tes rambut untuk mendalami penggunaan narkotika terhadap beberapa orang yang ditangkap di rumah presenter berinisial R beberapa hari lalu. Analisis rambut dinilai memiliki kelebihan untuk mendeteksi endapan racun kimia dalam tubuh.

Dr Iskandar Irwan Hukom, Sekretaris Jenderal Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), menjelaskan, analisis rambut memberikan informasi pola permanen dari kantong rambut.

"Tes rambut paling peka terhadap semua zat-zat kimia yang masuk dalam tubuh. Ini karena akar rambut menyimpan sisa metabolisme dalam 3-6 bulan terakhir," katanya ketika dihubungi Kompas.com.

Berbeda dengan tes rambut, tes urine hanya mencerminkan ada atau tidaknya zat kimia dalam darah untuk jangka waktu pendek, yakni beberapa jam saja.

Untuk melakukan tes rambut, menurut Iskandar, baru bisa dilakukan tiga hari pascapenangkapan. "Kalau baru ketangkap zat-zatnya belum mengendap sehingga tidak akan terlihat hasil yang bermakna," katanya.

Menurut Iskandar, psikotropika yang mengendap paling lama di tubuh adalah kokain dan ganja.

Dalam rambut, kuku, dan gigi, mineral-mineral dalam bentuk kecil disimpan. Rambut manusia merupakan rekaman sejarah yang bisa merefleksikan perubahan metabolisme. Selama struktur rambut tidak berubah, mineral tertanam dalam rambut dan kadarnya tidak berubah walaupun rambut memanjang.

Pemakaian analisis rambut sebetulnya telah dikenal sejak tahun 1800-an, terutama untuk melihat keberadaan racun arsenikum. Dalam perkembangannya, analisis rambut lebih banyak dikenal oleh dunia forensik, riset ilmiah, dan pengetesan obat.

Di banyak negara, tes rambut juga dipakai untuk mendapatkan bukti kuat dari penggunaan obat-obatan terlarang.


Sumber: http://health.kompas.com/read/2013/01/29/12321833/Tes.Rambut.Menyingkap.Racun.Kimia.Dalam.Tubuh

Jantung Sehat Dengan Menghindari Makanan Ini

Jadigitu.com ~ Penyakit jantung merupakan penyebab kematian utama di dunia. Di Amerika, setiap 39 detik satu orang meninggal karena penyakit ini. Selain gaya hidup sehat, apa yang kita makan punya dampak yang besar bagi kesehatan jantung.

Ini adalah 4 jenis makanan yang sebaiknya dihindari jika Anda tak ingin menderita penyakit jantung.

1. Lemak trans
Lemak trans adalah musuh utama jantung. Mengapa ia berbahaya? Seperti lemak jenuh, lemak trans juga meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan jumlah kolesterol baik. American Heart Association menyarankan agar lemak ini dibatasi kurang dari satu persen dari total kalori. Jika sehari Anda mengonsumsi 2.000 kalori, berarti Anda cuma boleh mengasup dua gram lemak trans.

Cara paling mudah untuk mengurangi lemak trans adalah dengan menghindari makanan yang mengandung "minyak terhidrogenasi" atau "minyak terhidrogenasi sebagian" dalam label kemasan. Sumber lemak trans lainnya adalah margarin, biskuit, makanan ringan, keju, dan sebagainya.

2. Lemak jenuh
Lemak jenuh akan meningkatkan jumlah kolesterol jahat sehingga lama-lama akan terbentuk timbunan plak di pembuluh darah. Batasi lemak jenuh sekitar 5 persen dari total kalori Anda.

3. Garam
Membatasi asupan garam akan menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Selain garam dapur, cukup banyak makanan yang rasanya jauh dari asin, tetapi sebenarnya mengandung garam tinggi, misalnya sosis, saus, makanan kalengan, dan masih banyak lagi.

4. Gula tambahan
Konsumsi gula tambahan berlebihan dalam pola makan sehari-hari akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, kadar trigliserida, serta faktor risiko penyakit jantung lainnya. Gula tambahan antara lain gula jagung, madu, konsentrat jus buah, sirup jagung tinggi fruktosa, sirup, dan masih banyak lagi.


Sumber: http://health.kompas.com/read/2013/01/29/10393641/Ingin.Jantung.Sehat.Hindari.Makanan.Ini

5 Produsen SmartPhone Terbesar di Dunia

Jadigitu.com ~ Ponsel pintar alias smartphone semakin diminati pasar. Menurut data biro riset IDC, pengapalan smartphone mencakup 45,5% dari seluruh ponsel yang dikapalkan pada kuartal IV 2012.

Sebanyak 219,4 juta unit dipasarkan pada kuartal tersebut. Yang merupakan kenaikan sebesar 36,4% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Lalu vendor smartphone mana saja yang berjaya dan menempati posisi lima besar? Berikut daftarnya seperti dikutip detikINET dari IDC.




5. ZTE

Di posisi kelima ada vendor asal China ZTE. Di kuartal IV 2012, ZTE sukses mengapalkan 9,5 juta unit smartphone, naik 48,4% dibanding di pada kuartal IV 2011.

Kesuksesan ZTE banyak dipicu gelontoran smartphone dengan harga terjangkau. Di kandangnya China, produsen ini juga semakin berkibar.

Di kuartal IV 2012 ini, ZTE juga untuk pertama kalinya mengapalkan lebih banyak smartphone ketimbang feature phone.

4. Sony



Semenjak berpisah dengan Ericsson di industri ponsel, Sony berupaya keras menjadi pemain yang diperhitungkan. Dan tampaknya strategi mereka mulai membuahkan hasil.

Sony berhasil merangsek ke posisi keempat produsen smartphone terbesar dunia. Mereka mengapalkan 9,8 juta unit ponsel cerdas dengan pertumbuhan penjualan 55,6%.

Sony memang giat membanjiri pasar dengan lini smartphone Xperia. Jagoan baru mereka, Xperia Z mendapat sambutan lumayan baik dan siap dipasarkan.

3. Huawei

Selain ZTE, satu lagi produsen asal China yang semakin memantapkan namanya di percaturan industri smartphone. Mereka adalah Huawei.

Huawei sukses mengapalkan 10,8 juta unit perangkat ponsel cerdas di kuartal IV 2012. Dengan tingkat pertumbuhan penjualan 89,5%.

Huwaei memang semakin agresif di industri ponsel cerdas. Ini adalah untuk pertama kalinya Huawei merangsek di posisi 3 besar produsen smartphone terbesar sejagat.

2. Apple

Kedatangan iPhone 5 di akhir tahun 2012 turut mendorong penjualan Apple. Vendor asal Amerika Serikat ini pun tetap bertahan di posisi runner up.

Perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs ini berhasil mengapalkan sejumlah 47,8 juta unit ponsel pintar. Dengan tingkat pertumbuhan penjualan 29,2%.

Penjualan iPhone 5 memang cukup kuat. Ditambah permintaan yang masih lumayan besar untuk generasi terdahulu, iPhone 4S.

1. Samsung

Tahta Samsung masih belum tergoyahkan. Konglomerasi asal Korea Selatan ini masih jauh di atas lawan-lawannya.

Pada kuartal IV 2012, mereka mengapalkan 63,7 juta unit smartphone. Dengan pertumbuhan penjualan 76% dibanding tahun sebelumnya.

Strategi Samsung membanjiri pasar dengan banyak model smartphone memang sukses besar. Ditambah lagi smartphone flagshipnya, Galaxy S III, menuai popularitas sangat tinggi.

sumber : http://iniunic.blogspot.com/2013/01/5-produsen-smartphone-terbesar-di-dunia.html#ixzz2JNcxvN2T
 

Membuat Sandal Dari Pembalut Wanita

Jadigitu.com ~ Waduh, sandal dari pembalut wanita? Haha ada-ada saja kreasi nyeleneh orang-orang membuat sandal dari pembalut wanita ini, sungguh gokil dan unik. Dilihat dari kemasan pembalut sepertinya itu huruf Jepang kali ya, atau korea mungkin. Ya pokoknya di sana ajalah. Mereka membuat sandal dari pembalut wanita. Tentunya dengan pembalut yang masih baru. Kalau pembalut bekas pakai mah, waduh nggak kebayang gimana rasa memakai nya. Coba tuh diliat kali aja ada yang tertarik untuk membuat nya.

Sandal Dari Pembalut Wanita


Sandal Dari Pembalut Wanita


Sandal Dari Pembalut Wanita


Sandal Dari Pembalut Wanita


Sandal Dari Pembalut Wanita


Sandal Dari Pembalut Wanita


Sumber: http://unikbaca.blogspot.com/2013/01/sandal-dari-pembalut-wanita-berikut.html?m=1

Kepribadianmu Mempengaruhi Bentuk Tubuhmu

Jadigitu.com ~ Kepribadian seseorang ternyata berkaitan dengan postur tubuh, bahkan terkadang pada risiko terkena nyeri punggung.

Orang yang introvert alias cenderung tertutup diketahui lebih sering sakit punggung dibanding dengan orang yang berkepribadian terbuka. Demikian menurut penelitian berskala kecil, melibatkan 100 orang, yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS one.

Orang yang ekstrovert kebanyakan memiliki postur tubuh ideal. Postur yang dianggap ideal tidak harus tegak kaku, tetapi memiliki otot yang fleksibel dan rileks.

Kepribadian yang kurang fleksibel dan sulit beradaptasi cenderung memiliki postur kaku. Sementara orang yang mudah beradaptasi biasanya berpostur rileks.

Postur tubuh juga diketahui berkaitan dengan pikiran. Pikiran yang gembira tercermin dari postur yang fleksibel sehingga bernapas pun lebih mudah. Sebaliknya, mood yang negatif bisa memicu nyeri punggung.

"Kepribadian introvert tampaknya bereaksi lebih kuat terhadap stres psikososial sehingga meningkatkan tekanan dan menyebabkan gangguan persendian," kata ketua peneliti Slyvain Guimond.

Menurut penelitiannya, nyeri punggung dialami hampir separuh populasi orang berusia 35-55 tahun. Bahkan sekitar 1 dari 25 orang terpaksa berganti profesi karena masalah nyeri punggung.

Nyeri punggung sebagian besar disebabkan karena postur tubuh yang buruk, penuaan, cedera, kurang olahraga, stres, kurang tidur, obesitas, serta berkurangnya elastisitas jaringan di tulang belakang.

Studi sebelumnya juga menemukan kaitan antara tipe kepribadian dengan risiko sakit jantung. Tipe kepribadian akan menentukan bagaimana kita bereaksi pada rasa sakit. orang yang termasuk neurotik (mudah cemas dan stres) biasanya memiliki pengelolaan sakit yang buruk.


Sumber: http://health.kompas.com/read/2013/01/28/10085087/Tipe.Kepribadian.Pengaruhi.Postur.Tubuh

Gaya ABG Ketika Belum Ada Hp dan Internet

abg 90-an - kolom-unik.blogspot.com
Jadigitu.com ~ Masa-masa belum kenal internet, yang punya telpon rumah masih jarang itu juga pesawatnya model yang puteran bukan yang pencet-pencet, ponsel apalagi, tapi semua itu tak bikin kita mati gaya. Seperti kata orang bijak, bila ada keinginan pasti ada jalan.

“Apa, jalan buntu maksud loe ..?” Bila dalam bahasa Inggris, If there is a will there is a why, artinya “Ngapain aja sih loe?”

1. Naksir, ingin menembak si dia
Pura-pura pinjam buku, lalu kembaliin plus “bonus” puisi cinta (dibikinin teman sih yang disogok pake permen endog cecak). Ingat lagunya Iwan Fals- Buku ini Aku Pinjam.

Agak frontal dikit, menaruh surat cinta di laci mejanya. Lebih telak lagi, bikin pesawat-pesawatan dari kertas, komplit dengan tulisan “I love you pulll”, awas saat mengirimnya jangan sampai nyasar mendarat di hidung guru BP yang sedang memberi penyuluhan di kelas… Habis itu harap-harap cemas menanti surat …. penolakan … wakakak ….

Gimana lebih enak ditolak lewat surat kan ketimbang lewat SMS, bisa dikumpulin buat kenangan koleksi penolakan yang kesekian … wakakak … Tentu saja mekanisme pengiriman pesan tersebut rawan penyadapan, dan bisa salah tembak.

Maunya mengirim ke Susan, jatuhnya kok ke tangan Susanto .. wah bisa berabe … Ingat Jean Pattikawa nyanyi, “Surat cintaku yang pertama, membikin hatiku berlomba ….”, atau Kangen, “Kau Tuliskan Padaku Kata Cinta Yang Manis Dalam Suratmu …”, atau Kahitna, “Suratku ini, cerminan luka di hati …” Kalau sekarang mungkin liriknya berubah kali, jadi “Email cintaku yang pertama, membikin hatiku berlomba …” Yang jatuh cinta, suratnya disemprot parfum biar wangi, lha yang putus cinta?
Ya disemprot Baygon saja … upss janngan deh…

2. Mau kirim-kirim salam
Pulang sekolah mampir dulu ke kantor Stasion Radio untuk nitip pesan. Sore-sore siap di depan radio sambil pasang kuping nunggu pesannya dibacain, “Ya, buat paman gembul, nirmala dan donal bebek, tadi di kelas paman gober marah-marah melulu, hati-hati dengan si sirik, buat don kisot kembaliin kaset genesis gue, buat penyiarnya yang rukun aja ya …,dari ikkyu san di planet krypton ….

oya titip lagu madu dan racunnya Ari Wibowo …
spesial buat samwan yang tega meninggalkanku ….”
Puas deh rasanya …,

padahal yang dikirimin pesan lagi pada molor semua ….
Makanya lain kali jangan cuma kirim salam,
tapi kirim juga laos, temulawak, kunir, dll …. lho?

3. Mau menelpon lokal siapkan kepengan, dulu sih seratusan perak, yang tipis lho bukan yang tebal.
Sambil cari-cari telpon umum yang masih utuh, soalnya ada yang cuma tinggal gagangnya doang, ada juga yang “interior” masih utuh, jebulnya di atas nggak nyambung ke kabel telpon. Kadang nemu yang jalan, eh dipake tempat pacaran, atau berteduh waktu hujan.

Pernah sih nunggu orang selesai telpon, eh dianya ngeluarin recehan segepok taruh di atas pesawat telpon. Ya udah deh, nyari lainnya aja …. Eh malah diajarin anak-anak kecil ngunthet koin pake kawat, hayooo …. Masih ingat pesan nan “mengharukan” ini, “Tiga menit waktu anda sudah habis, silakan masukkan koin lagi …”
Duh, koinnya dah habis buat main dingdong



Sumber: http://www.jelajahunik.us/2012/06/gaya-abg-ketika-belum-ada-hp-dan.html

Bendera Monako VS Indonesia, Siapa Duluan ?

http://www.jadigitu.com/2013/01/bendera-monako-vs-indonesia-siapa-duluan.html
Jadigitu.comMenyambung postingan tentang asal-usul Garuda Pancasila, Lambang Kebesaran Republik kita Indonesia Tercinta, maka postingan berikut kembali membuka wawasan kita mengenai asal usu Sang Saka Merah Putih.

Warna merah-putih telah digunakan sejak zaman Kerajaan Majapahit sebagai bendera atau lambang. Sebenarnya tidak hanya kerajaan Majapahit saja yang memakai bendera merah putih sebagai lambang kebesaran. Sebelum Majapahit, kerajaan Kediri telah memakai panji-panji merah putih. Selain itu, bendera perang Sisingamangaraja IX dari tanah Batak pun memakai warna merah putih sebagai warna benderanya , bergambar pedang kembar warna putih dengan dasar merah menyala dan putih. Warna merah dan putih ini adalah bendera perang Sisingamangaraja XII. Dua pedang kembar melambangkan piso gaja dompak, pusaka raja-raja Sisingamangaraja I-XII. Di zaman kerajaan Bugis Bone,Sulawesi Selatan sebelum Aru Palakka, bendera Merah Putih, adalah simbol kekuasaan dan kebesaran kerajaan Bone.

Bendera Bone itu dikenal dengan nama Woromporang. Ketika terjadi Perang Diponegoro pada tahun 1825-1830, di tengah-tengah pasukan Diponegoro yang beribu-ribu juga terlihat kibaran bendera merah-putih. Demikian juga di lereng-lereng gunung dan desa-desa yang dikuasai Pangeran Diponegoro, banyak terlihat kibaran bendera merah-putih. 
Bendera (panji-panji) majapahit





Lambang Majapahit

Ketika terjadi perang di Aceh, pejuang – pejuang Aceh telah menggunakan bendera perang berupa umbul-umbul dengan warna merah dan putih, di bagian belakang diaplikasikan gambar pedang, bulan sabit, matahari, dan bintang serta beberapa ayat suci Al Quran.

Pada abad ke-20 perjuangan bangsa Indonesia makin terarah dan menyadari akan adanya persatuan dan kesatuan perjuangan menentang kekuatan asing, kesadaran berbangsa dan bernegara mulai menyatu dengan timbulnya gerakan kebangsaan Boedi Oetomo pada 1908 sebagai salah satu tonggak sejarah.

Kemudian pada tahun 1922 di Yogyakarta berdiri sebuah perguruan nasional Taman Siswa di bawah pimpinanSuwardi Suryaningrat. Perguruan itu telah mengibarkan bendera merah-putih dengan latar dasar warna hijau yang tercantum dalam salah satu lagu antara lain: “Dari Barat Sampai ke Timur“, “Pulau-pulau Indonesia“, “Nama Kamu Sangatlah Masyhur Dilingkungi Merah-Putih. “Itulah makna bendera yang dikibarkan Perguruan Taman Siswa.

Para mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Indonesia yang berada di negeri Belanda pada 1922 juga telah mengibarkan bendera merah-putih yang di tengahnya bergambar kepala kerbau, pada kulit buku yang berjudul Indonesia Merdeka. Buku ini membawa pengaruh bangkitnya semangat kebangsaan untuk mencapai Indonesia Merdeka.

Demikian seterusnya pada tahun 1927 berdiri Partai Nasional Indonesia dibawah pimpinan Ir. Soekarno yang bertujuan mencapai kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia. Partai tersebut mengibarkan bendera merah-putih yang di tengahnya bergambar banteng.

Kongres Pemuda pada tahun 1928 merupakan detik yang sangat bersejarah dengan lahirnya “Sumpah Pemuda”. Satu keputusan sejarah yang sangat berani dan tepat, karena kekuatan penjajah pada waktu itu selalu menindas segala kegiatan yang bersifat kebangsaan. Pada kongres tersebut untuk pertama kalinya digunakan hiasan merah-putih tanpa gambar atau tulisan, sebagai warna bendera kebangsaan, dan untuk pertama kalinya pula diperdengarkan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”.

Pada saat Kongres Pemuda berlangsung, suasana merah-putih telah berkibar di dada peserta, yang dibuktikan dengan panitia kongres mengenakan “kokarde” (semacam tanda panitia) dengan warna merah-putih yang dipasang di dada kiri. Demikian juga pada anggota padvinder atau pandu yang ikut aktif dalam kongres menggunakan dasi berwarna merah-putih. Kegiatan pandu, suatu organisasi kepanduan yang bersifat nasional, menunjukkan identitas kebangsaan dengan menggunakan dasi dan bendera merah-putih.

Pengibaran bendera merah-putih dan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dilarang pada masa pendudukan Jepang, karena ia mengetahui pasti bahwa hal tersebut dapat membangkitkan semangat kebangsaan yang nantinya menuju pada kemerdekaan. Kemudian pada tahun 1944 lagu “Indonesia Raya” dan “Bendera Merah-Putih” diizinkan untuk berkibar lagi setelah kedudukan Jepang terdesak. Bahkan pada waktu itu pula dibentuk panitia yang bertugas menyelidiki lagu kebangsaan serta arti dan ukuran bendera merah-putih.

Detik-detik yang sangat bersejarah adalah lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945. Setelah pembacaan teks proklamasi, baru dikibarkan bendera merah-putih, yang kemudian disahkan pada 18 Agustus 1945. Bendera yang dikibarkan tersebut kemudian ditetapkan dengan nama Sang Saka Merah Putih. Kemudian pada 29 September 1950 berkibarlah Sang Merah Putih di depan Gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagaipengakuan kedaulatan dan kemerdekaan bangsa Indonesia oleh badan dunia.


foto asli detik-detik pengibaran sang saka merah putih pada proklamasi 17 Agustus 1945



Sumber: http://www.jelajahunik.us/2013/01/bendera-mana-yang-lebih-dulu-indonesia.html

Lampu Yang Bisa Mengubah CO2 Menjadi Listrik

Jadigitu.com ~ Seperti diketahui, tumbuhan merupakan penyerap CO2 terbaik. Sehingga gerakan penghijauan di perkotaan menjadi penting. Sayang, daya serap ini masih kalah dengan polusi yang ditimbulkan dari asap industri dan emisi gas buang dari kendaraan. Perlu bantuan lebih agar tingkat polusi bisa dikurangi seoptimal mungkin.

Tak lama lagi, kita mungkin bisa menikmati teknologi terbaru yakni ditemukannya lampu yang bisa mengubah CO2 menjadi tenaga listrik. Adalah Pierre Calleja, biochemist asal Prancis yang berhasil menciptakan lampu yang dapat menyerap Karbondioksida di udara lebih banyak dibandingkan pohon.


Dalam penelitian yang dia tekuni selama kurang lebih 20 tahun itu, Calleja menggunakan microalgae atau ganggang berukuran mikro yang terdapat di sekitar danau di Louisiana, Amerika Serikat. Apabila bercampur air, maka ganggang ini akan mengubah air menjadi hijau terang.

Ganggang mikro ini dapat menghasilkan energi listrik secara alami ketika mereka melakukan fotosintesis.

"Lampu tersebut berbentuk silinder dan berisi ganggang mikro. Ganggang tersebut menyerap sinar matahari dan CO2 di udara dan mengubahnya menjadi energi listrik," jelas Calleja.

Memang sampai sekarang lampu ciptaan Calleja ini belum dikembangkan secara penuh. Namun, ketika lampu tersebut sudah teruji dan siap digunakan, dengan menempatkan lampu tersebut di sekitar jalanan yang sering dilewati kendaraan, maka sekitar 25% emisi gas buang atau kandungan Karbondioksida di udara dapat terserap.

Ketika pada waktu siang lampu tersebut berhasil menyerap CO2 dan sinar matahari, energi yang dikumpulkannya dapat juga digunakan sebagai penerangan jalan di malam hari.


Sumber: http://angkatigabelas.blogspot.com/2012/11/lampu-pengubah-co2-menjadi-listrik.html

Fakta Aneh Dan Unik Pembentukan Bulan

http://www.jadigitu.com/2013/01/fakta-aneh-dan-unik-pembentukan-bulan.html
Jadigitu.com ~ 1. Usia Bulan
Usia bulan lebih tua dari yang diperkirakan, bahkan diperkirakan lebih tua daripada bumi dan matahari itu sendiri! Umur Bumi paling tua yang bisa diperkirakan adalah 4.6 Milyar tahun.
Sementara itu batuan Bulan malah sudah berumur 5.3 Milyar tahun. Bulan lebih tua 1 milyar tahun ketimbang Bumi!

2. Lebih keras diatas
Normalnya sebuah planet akan keras di dalam dan makin lama makin lembut diatas, seperti bumi kita. Tidak demikian hal nya dengan bulan. Bagian dalam bulan seperti berongga, sementara bagian atasnya keras sekeras Titanium. Hal inilah yang menyebabkan bulan sangat kuat dan tahan serangan.

Kawah terbesar di Bulan berdiameter 300KM, dengan kedalaman hanya 6.4KM. Sementara itu, menurut hitungan ilmuwan, jika batuan yang menubruk bulan tadi, menubruk Bumi, maka akan terbentuk lubang paling tidak sedalam 1.200KM. Bulan yang berongga juga dibuktikan saat kru Apollo yang meninggalkan Bulan, membuang kembali sisa pesawat yang tidak digunakan kembali ke Bulan.

Hasilnya, sebuah gempa dan gema pada permukaan bulan terjadi selama 15 menit. Penemuan ini diulang kembali oleh kru Apollo 13, yang kali ini jatuh lebih keras, menimbulkan gema selama 3 jam 20 menit.

Ibaratnya seperti sedang membunyikan lonceng yang kemudian berdentang, hanya saja karena tidak ada udara, maka suara dentang lonceng yang dihasilkan tidak bisa didengar oleh manusia. Sementara itu, penemuan ini dipertanyakan oleh Carl Sagan, bahwa satelit alamiah tidak mungkin berongga di dalamnya.

3. Bebatuan Bulan
Asal usul batuan dan debu bulan sendiri tidak jelas, karena perbedaan komposisi pembentuk bulan yang berbeda sekali dengan komposisi batuannya.

Batu yang pernah diambil team apollo seberat 380 kg lebih, menunjukkan adanya bahan unik dan langka seperti Titanium murni, kromium, itrium, dan lain lain. Logam ini sangat keras, tahan panas, anti oksidasi. Jenis logam ini tidak terdapat secara alamiah di alam, dan jelas tidak mungkin terbentuk secara alamiah.

Para ilmuwan juga mengalami kesulitan menembus sisi luar bulan sewaktu mereka mengebor bagian terluar bulan. Setelah di teliti, bagian yang dibor tadi adalah sebuah mineral dengan kandungan titanium, uranium 236 dan neptunium 237.

Bahan-bahan super keras anti karat, yang juga tidak mungkin terbentuk secara alamiah, karena digunakan di bumi untuk membuat pesawat stealth. Kemungkinan besar, ini logam hasil kerja manusia.

Batuan bulan juga entah bagaimana sangat magnetik. Padahal tidak ada medan magnet di Bulan itu sendiri. Berbeda dengan bumi yang banyak sekali mengandung medan magnet.

4. Air menguap
Pada 7 Maret 1971, instrumen bulan yang dipasang oleh astronot merekam adanya air melewati permukaan bulan. Uap air tadi bertahan hingga 14 jam dan menutupi permukaan seluas 100 mil persegi.

5. Ukuran Bulan = Matahari
Bulan bisa menutupi matahari dalam gerhana bulan total, tapi ukurannya tidak sama. Yang menarik, jarak matahari ke bumi persis 395 kali lipat jarak bulan ke bumi, sedangkan diameter matahari persis 395 kali diameter bulan.

Pada saat gerhana matahari total, ukuran bumi dan bulan persis sama, sehingga matahari bisa tertutup bulan secara sempurna. Hitungan ini terlalu cermat dan akurat jika hanya merupakan kebetulan astronomi semata.

6. Orbit yang aneh
Orbit bulan merupakan satu-satunya yang benar-benar hampir bulat sempurna dari semua sistem tata surya kita. Berat utama bulan terletak lebih dekat 6000 kaki ketimbang pusat geometrisnya, yang harusnya justru mengakibatkan orbit lengkung.

Sesuatu yang tidak diketahui telah membuat bulan stabil pada porosnya. Suatu teori yang belum diyakini benar adanya juga mengatakan bahwa wajah bulan yang selalu sama di setiap harinya karena adanya suatu hal yang menyebabkan itu. Yang pada intinya, tetap suatu kebetulan astronomi.

7. Asal usul bulan
Teori bahwa bulan tadinya adalah sebagian dari bumi yang mental keluar bumi karena tumbukan hebat di masa lalu hampir saja disetujui oleh semua orang, setelah sebelumnya mereka mengira bahwa bulan terbentuk dari debu-debu angkasa yang mampat menjadi satelit bumi.

Belakangan ini teori menyebutkan bahwa jika bagian sebesar bulan terambil dari bumi, maka bumi tidak akan bisa bulat seperti sekarang. Dan jika bulan tidak berongga, maka tidak mungkin bulan bisa menjadi satelit bumi, karena terlalu berat dan bulan akan menghantam bumi.

Teori-teori asal usul bulan kembali dipertanyakan, dan teori paling gila sepanjang sejarah mulai muncul, bahwa bulan diciptakan dengan sengaja oleh manusia terdahulu sebagai alat bantu dalam navigasi dan juga astronomi!

8. Bulan adalah kapal luar angkasa
Kesempurnaan bulan yang nyaris sempurna, dan berbagai anomali yang ada di bulan, plus ditambah banyaknya benda-benda terbang tak dikenal di bulan membuat banyak pihak mengatakan bahwa kemungkinan besar bulan adalah sebuah pesawat luar angkasa super besar yang diciptakan oleh mahluk cerdas pendahulu kita. Bulan belum ditinggalkan oleh penghuninya! Semua kru Apollo dan astronot astronot lain atau peneliti bulan, semuanya telah melihat cahaya-cahaya dan benda-benda terbang tak dikenal yang lalu lalang diantara bulan, muncul dan hilang begitu saja, bahkan selalu menyertai setiap kedatangan dan kepergian para team astronot yang mengunjungi bulan.


Sumber: http://rupadunia.blogspot.se/2012/12/8-fakta-aneh-dan-unik-pembentukan-bulan.html?m=1

Umat Yahudi pun Sangat Mengagumi Al-Qur'an

Jadigitu.com ~  Bagi kaum Muslim, mengagumi Al Quran barangkali menjadi hal yang biasa. Apalagi dengan penemuan-penemuan terakhir dari para ilmuwan yang kian mengokohkan kebenaran Al Quran. Di antaranya, bulan yang pernah terbelah, adanya sungai bawah laut hingga penemuan jejak arkeologi kaum-kaum terdahulu.

Memang semua tidak disebutkan, karena Al Quran menerangkan hanya sebagian dari kisah kaum terdahulu yang akan ditampakkan bekas-bekasnya.

“Itu adalah sebagian dari berita-berita negeri (yang telah dibinasakan) yang Kami ceritakan kepadamu (Muhammad); di antara negeri-negeri itu ada yang masih kedapatan bekas-bekasnya dan ada (pula) yang telah musnah.” (QS. Huud, 11: 100)

Ternyata, bukan hanya kaum Muslimin dan ilmuwan berakal saja yang mengagumi Al Quran, sebagai kitab yang tetap terjaga keshahihannya. Bahkan sejak dulu kaum Yahudi juga mengagumi Al Quran. Dalam sebuah riwayat dikisahkan perbincangan antara ‘Umar bin Khattab dan Yahudi.

Dari Thariq bin Syihab, ia mengatakan bahwa orang-orang Yahudi berkata kepada Umar bin Khattab:
“Kalian membaca sebuah ayat dalam Kitab (al-Qur’an) kalian. Sungguh apabila ayat itu turun kepada kami bangsa Yahudi, tentu hari turunnya ayat itu akan kami jadikan sebagai hari raya.”
Umar bertanya: “Ayat yang mana?”

Mereka menjawab, “Hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu dan telah Aku sempurnakan nikmat-Ku untukmu.” (Al-Maidah: 3)

Umar berkata, “Demi Allah, sesungguhnya aku betul-betul mengetahui hari apa ayat itu turun kepada Rasulullah dan saat apa ayat itu turun. Ayat itu turun kepada Rasulullah pada sore hari Arafah, hari Jum’at.”

Percakapan di atas juga menegaskan, semestinya seorang muslim, bangga dengan keislamannya, sebab Allah telah menjamin kesempurnaan Islam. Dengan kebenaran dan kesempurnaan Islam, seorang muslim tidak perlu lagi bingung mencari sistem yang lebih baik ketimbang Islam.
Imam Thabrani telah mengeluarkan riwayat hadits dari Abu Dzar al-Ghifari yang menyatakan, “Rasulullah telah meninggalkan kami dalam keadaan tidak ada seekor burung pun yang mengepakkan sayapnya di udara melainkan beliau telah menyebutkan ilmu kepada kami setiap kali kepakan sayap burung itu.”

Dengan kebenaran dan kesempurnaan Islam, dunia pernah merasakan buahnya kurang lebih seribu tahun, sejak Rasulullah hingga kekhilafahan Turki Utsmani pecah pada tahun 1924 masehi
Jika orang Yahudi saja bisa berkata seperti itu, apakah sebagai muslim kita tidak bangga dengan Islam?


Sumber: http://www.menjelma.com/2012/12/inilah-ayat-al-quran-yang-dikagumi-kaum.html

Wanita Dengan Payudara Kecil Terbukti Lebih Sehat

Jadigitu.com ~ Wanita mana yang tak ingin memiliki bentuk dan ukuran payudara yang indah? Juga pria mana yang tidak ingin mempunyai pasangan wanita yang berpayudara besar dan indah? Tak ada.
Dan hingga kini, masih banyak wanita yang suka iri dengan bentuk payudara wanita lain yang terlihat lebih montok dan berisi.

Namun, bagi Anda yang memiliki ukuran payudara kecil, jangan bersedih hati. Ternyata ukuran payudara mempengaruhi kesehatan Anda.

Menurut penelitian, wanita yang memiliki payudara kecil memiliki risiko kecil terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan wanita yang berpayudara besar.
http://lapar.com/wp-content/uploads/2012/05/payudara-kecil.jpg

Para peneliti dari Harvard University di Amerika Serikat dan University of Toronto di Kanada melakukan survei terhadap 92. 106 wanita dan menemukan mereka yang memakai cup bra size D atau lebih besar pada usia 20 tahun, memiliki risiko hingga tiga kali lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 dibandingnya dengan wanita yang memakai cup bra size A.

Professor Joel Ray percaya bahwa hubungan ini berkaitan dengan bagaimana pertumbuhan payudara selama masa puber (masa remaja).

"Puberitas adalah masa yang ditandai dengan naiknya resistan insulin, sebuah kondisi dimana tubuh tidak tidak bisa menyerap glukosa sebagaimana mestinya yang menyebabkan tingginya kadar gula darah, sehingga memicu diabetes tipe 2," jelasnya, seperti dilansir melalui dailymail, Selasa (17/1).

Waduh, jadi bingung ya kepingin punya pasangan wanita yang bagaimana payudaranya? Yang mana saja boleh deh, ya asalkan jangan yang imitasi seperti yang ada di Taman Lawang..hehehe


Sumber: http://www.menjelma.com/2012/12/ternyata-wanita-punya-payudara-kecil.html

Alasan Kita Mengantuk Setelah Makan

Jadigitu.com ~ Makan berlebihan atau kekenyangan sering membuat kita mengantuk sesudahnya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Menurut para ilmuwan, terjadi reduksi oksigen yang diserap tubuh kalau kita terlalu kenyang.

Dari hasil tes, oksigen tubuh berkurang sebesar 20-40% atau sekitar 5-10 detik karena pernapasan berat atau hiperventilasi. Selain itu, terjadi kejutan biokimia yang membuat pernapasan menjadi berat. 

http://angkatigabelas.blogspot.com/

Sehingga, bisa dibilang, mengantuk setelah makan dan bahkan tidur setelah makan adalah tanda-tanda terjadinya syok biokimia. Ketika tingkat oksigen tubuh turun di bawah 20 detik, maka pengaruhnya adalah terjadi overbreathing (memerlukan kerja pernapasan lebih banyak) pada kadar oksigen otak.

Keadaan ini mengganggu pencernaan yang sangat cepat dan dinamis. Darah menjadi miskin akan oksigen, dan menyebabkan berkurangnya pasokan enzim pencernaan, akumulasi dari produk sisa metabolisme dalam usus besar dan sel tubuh lainnya. Pencernaan menjadi lebih lambat.

Sebagai contoh, seseorang dengan pola pernapasan normal, membutuhkan sekitar 2 jam untuk mencerna makanan biasa (ketika hampir tidak ada makanan yang tersisa di lambung). 

http://angkatigabelas.blogspot.com/


Bagi orang sakit, dengan pola pernapasan tidak efektif akan membutuhkan 1-2 jam lebih lama untuk mencerna. 

Mengantuk setelah makan juga bisa mempercepat proses penggemukan badan (obesitas). Dan, biasanya orang penderita obesitas atau memiliki berat badan di atas normal lebih cepat mengantuk bila makan berlebih.

Menurut Profesor KP Buteyko, MD, PhD, dan penelitian yang dilakukan oleh sekelompok dokter di Rusia, CO2 juga bertanggung jawab untuk mengontrol membran permeabilitas sel lemak. Ketika kita hiperventilasi (karena CO2 yang rendah), kadar glukosa darah secara alami menjadi rendah karena hiperventilasi.
 

Mekanismenya begini....

http://angkatigabelas.blogspot.com/

Menurut Gabe Mirkin, M.D., Jika kita merasa mengantuk setelah makan, terutama setelah permen atau produk roti, maka masih termasuk normal. Makan makanan manis menyebabkan otak kita untuk membuat sejumlah besar serotonin, neurotransmiter, yang membuat orang tertidur secara alami di malam hari.

Makan makanan manis atau yang terbuat dari tepung, seperti produk roti atau pasta, menyebabkan gula darah meningkat lebih tinggi dari biasanya. Hal ini menyebabkan pankreas untuk melepaskan sejumlah besar insulin, yang mendorong salah satu blok bangunan protein yang disebut triptofan dari aliran darah ke otak kita, di mana waktunya akan diubah ke serotonin yang membuat kita merasa mengantuk.
Solusinya 
Sebaiknya untuk menghindari perasaan mengantuk setelah makan adalah, dengan membatasi makanan yang tinggi gula dan tepung. Lebih dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tidak menyebabkan kenaikan tinggi gula darah seperti salad sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan atau ayam.

Sementara, bagi penderita obesitas sebaiknya sering melatih pernapasan untuk meningkatkan oksigenasi tubuh. Setiap kali orang yang kelebihan berat badan makan karbohidrat kompleks atau lemak, bernapas menjadi jauh lebih buruk. Memang, prosesnya tidak membuat terengah-engah (jarang terjadi), namun biasanya lebih susah bernapas, kan? 

Kesimpulannya, selain memilih makanan yang sehat, juga makanlah dengan bersahaja. Tidak berlebihan, seperti nasihat Rasulullah Muhammad SAW untuk berhenti makan sebelum kenyang.


Sumber: http://angkatigabelas.blogspot.com/2012/05/mengapa-kita-mengantuk-setelah-kenyang.html

Ramuan Alami Yang Ampuh Untuk Besarin Payudara

Ramuan Alami Ampuh Perbesar Payudara
Jadigitu.com ~ BERBAGAI cara dilakukan wanita untuk mendapatkan payudara yang besar dan indah. Namun ternyata, dengan menggunakan cara tradisional berikut payudara dapat bertambah besar dengan sendirinya.

Memiliki payudara yang besar adalah impian dari setiap kaum hawa. Tidak sedikit wanita memilih jalan operasi untuk menambah ukuran payudaranya. Namun demikian, nyatanya terdapat cara tradisional yang dapat Anda lakukan di rumah. Selain biaya yang murah, cara tradisional ini tidak memiliki efek samping. Berikut caranya, sedemikian dilansir Boldsky.

Fenugreek
Menurut para peneliti, biji fenugreek dapat memperbesar ukuran payudara karena memiliki kandungan diosgenin. Senyawa ini memiliki steroid yang membangun bentuk sintetis dari estrogen (hormon seks wanita). Pada zaman kuno, perempuan Mesir memijat payudara mereka dengan menggunakan biji fenugreek. Biji fenugreek berhasil memperbesar ukuran payudara wanita Mesir. Cara penggunaannya, rendam benih fenugreek dalam waktu 24 jam. Oleskan dan pijat payudara Anda.

Adas
Tanaman ini memiliki senyawa anethole, dianethole dan photoanethole. Senyawa ini dinilai para peneliti dapat meningkatkan estrogen dalam tubuh. Selain itu, adas mempunyai kandungan phytoestrogen (mirip dengan estrogen) yang dapat menstimulasi pertumbuhan payudara dan meningkatkan produksi susu ketika ibu menyusui. Penggunaannya dengan cara menumbuk adas dan dicampur air hangat. Lakukan pemijatan secara perlahan. Selain itu, adas dapat dikonsumsi secara mentah.

Pueraria mirifica
Pueraria mirifica merupakan bahan yang paling efektif dan banyak ditemukan pada krim atau pil pembesaran payudara. Buah ini seperti bengkoang namun ukurannya lebih besar. Cara penggunaannya dapat dikonsumsi atau dihaluskan, serta dioles pada payudara.


Sumber: http://rupadunia.blogspot.se/2013/01/ramuan-alami-ampuh-perbesar-payudara.html?m=1

Penyebab Penyakit Kanker Vagina

Jadigitu.com ~ KANKER memang dapat berkembang dimana saja. Salah satunya pada organ intim wanita. Kasus kanker vagina memang kurang banyak diketahui oleh masyarakat. Perhatikan hal berikut agar Anda dapat mencegah penyakit ini.


Tidak jelas apa yang menyebabkan kanker vagina. Secara umum, kanker dimulai ketika sel-sel sehat mengalami mutasi genetik yang mengubah sel normal menjadi sel abnormal. Sel-sel sehat tumbuh dan berkembang biak pada tingkat yang ditetapkan, kemudia akhirnya mati. Sel-sel kanker tumbuh dan berkembang biak di luar kendali, dan mereka tidak mati. Sel-sel yang abnormal berkumpul dan membentuk massa (tumor). Sel-sel kanker menyerang jaringan di dekatnya dan bisa memutuskan dari tumor awal untuk menyebar di tempat lain dalam tubuh (metastasis), demikian yang dilansir Mayoclinic.

Kanker vagina dibagi menjadi berbagai jenis berdasarkan jenis sel di mana kanker dimulai. Jenis kanker vagina meliputi:
  1. Skuamosa vagina karsinoma sel, yang dimulai di sel skuamosa tipis. Sel datar yang melapisi permukaan vagina dan merupakan jenis yang paling umum.
  2. Vaginal adenocarcinoma, yang dimulai dalam sel-sel kelenjar di permukaan vagina.
  3. Vaginal melanoma, yang berkembang dalam sel yang memproduksi pigmen (melanosit) dari vagina.
  4. Vaginal sarcoma, yang berkembang pada sel atau jaringan ikat halus otot sel di dinding vagina.

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker vagina bisa dimulai dari meningkatnya usia. Risiko kanker vagina meningkat seiring usia. Kebanyakan wanita yang didiagnosis dengan kanker vagina yang lebih tua dari 50 tahun. Sel atipikal dalam vagina disebut neoplasia intraepitel vagina. Wanita dengan intraepithelial neoplasia vagina memiliki peningkatan risiko kanker vagina. Sejumlah kecil wanita dengan neoplasia intraepitel vagina akhirnya akan mengembangkan kanker vagina, meskipun dokter tidak yakin apa yang menyebabkan beberapa kasus untuk berkembang menjadi kanker. Faktor risiko lain yang telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker vagina meliputi beberapa pasangan seksual, terlalu muda saat berhubungan seks, merokok, dan infeksi HIV.


Sumber: http://rupadunia.blogspot.se/2013/01/penyebab-kanker-vagina.html?m=1

Anak Yang Melahirkan Pada Usia 5 Tahun

Jadigitu.com ~  Lina Medina adalah ibu muda yang pernah tercatat dalam sejarah. Ia mengalami menarche atau menstruasi pertama pada usia 8 bulan, pembesaran payudara usia 4 tahun dan melahirkan pada usia 5 tahun.

Pada tahun 1939, di sebuah rumah sakit di Pisco Peru, datang seorang wanita keturunan India dengan wajah lelah dan pakaian compang-camping dari kaki bukit Andes. Dia dituntun oleh tangan seorang gadis kecil pemalu dengan perut yang sangat menonjol.

Menunjuk pada gadis kecil yang ketakutan, wanita India tersebut memohon kepada dokter bedah Dr Geraldo Lozada untuk mengusir roh-roh jahat yang menguasai diri si gadis kecil.

Awalnya Dr Lozada mengira gadis kecil yang bernama Lina Medina itu menderita tumor perut. Namun betapa terkejutnya ketika diperiksa diketahui bahwa Lina tengah hamil 8 bulan, yang membuat gadis kecil usia 5 tahun tersebut menjadi ibu termuda di dunia yang pernah ada, seperti dilansir Huffingtonpost dan Oddee, Kamis (24/11/2011).

Dr Lozada membawanya ke Lima, ibukota Peru, untuk mengkonfirmasi pada dokter spesialis lain bahwa Lina benar-benar sedang hamil. Satu setengah bulan kemudian, pada 14 Mei 1939, Lina melahirkan anak laki-laki dengan operasi caesar karena panggulnya yang kecil. Operasi dilakukan oleh Dr Lozada dan Dr Busalleu dan Dr Colretta yang memberikan anestesi.

Kasusnya dilaporkan secara detail oleh Dr Edmundo Escomel ke La Presse Medicale, bersama dengan rincian tambahan bahwa Lina telah mengalami menarche pada usia 8 bulan, perkembangan payudara pada usia 4 tahun. Pada usia 5 tahun Lina sudah mengalami pelebaran tulang panggul dan pematangan tulang.

Anak Lina lahir dengan berat 2,7 kg dan diberi nama Gerardo. Saat tumbuh besar, Gerardo percaya bahwa Lina adalah kakaknya, tetapi pada usia 10 tahun ia baru mengetahui bahwa Lina adalah ibunya. Ia tumbuh dengan sehat, namun si anak meninggal tahun 1979 pada usia 40 tahun karena penyakit di sumsum tulang.

Tidak ada bukti siapa yang menghamili Lina Medina. Lina pun tidak pernah mengungkapkan siapa ayah dari anaknya. Ayah Lina pernah ditangkap atas dugaan pemerkosaan dan inses, namun kemudian dibebaskan karena kurangnya bukti.

Lina Medina kemudian menikah dengan Raul Jurado, yang menjadi ayah dari anak keduanya pada tahun 1972. Mereka tinggal di sebuah distrik miskin di Lima yang dikenal sebagai Chicago Chico (Little Chicago).

Meskipun kasus ini disebut bohong (hoax) oleh beberapa orang, namun sejumlah dokter telah memverifikasi selama bertahun-tahun berdasarkan biopsi, sinar X kerangka janin dalam rahim, serta foto-foto yang diambil oleh dokter yang merawatnya.

Pubertas prekoks (pubertas dini pada anak) ekstrem yang terjadi pada anak usia di bawah 5 tahun memang sangat jarang tetapi bukan tidak pernah terjadi. Kehamilan dan persalinan pada anak kecil juga masih sangat jarang karena pubertas prekoks sangat diperlakukan untuk menekan kesuburan, mempertahankan potensi pertumbuhan dan mengurangi konsekuensi sosial dari perkembangan seksual di masa kecil.


Sumber: http://www.serupedia.com/2013/01/wow-anak-ini-melahirkan-pada-usia-5.html

Manfaat Sehat Mandi Air Dingin

http://www.jadigitu.com/2013/01/manfaat-sehat-mandi-air-dingin.htmlJadigitu.com ~  Terkadang tiap pagi sebelum beraktivitas atau sore hari setelah beraktivitas seringkali kita inginnya mandi dengan air hangat apalagi cuaca sedang mendung, tapi jangan salah ternyata mandi dengan air dingin pada pagi hari justru memberi manfaat pada kulit dan pembuluh darah seperti:

1. Membuat sirkulasi darah lebih baik. Jika air hangat membuat aliran darah bergerak menuju kulit, maka air dingin membuat aliran darah menuju organ-organ tubuh. Mandi air dingin lebih meningkatkan sistem sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik dapat menghindari berbagai penyakit serius seperti hipertensi, pengerasan arteri dan munculnya varises. Hal ini bisa dipraktikkan dengan mandi didahului air hangat dan diakhiri dengan air dingin.

2. Kulit bercahaya dan membuat awet muda. Mengecilkan dan menutup pori-pori dengan air dingin dapat mencegah masuknya kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan ketidaksempurnaan kulit seperti jerawat. Manfaat lain, mandi air dingin dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang menyebabkan muculnya lingkaran hitam di bawah mata. Dengan begitu, mandi air dingin bisa membuat kulit bercahaya, sehat dan awet muda.

3. Membuat rambut sehat. Air dingin dapat membuat rambut sehat dan bercahaya karena dapat menutup kutikula sehingga membuat rambut lebih kuat dan mencegah kotoran menumpuk di kulit kepala. Dengan menutup pori-pori akan membuat rambut lebih kuat ketika disisir, sehingga mencegah kerontokan dan juga memperlambat tumbuhnya uban.

4. Memberi semangat di pagi hari. Pada zaman samurai kuno, prajurit selalu menyiram air dingin ke kepala setiap pagi dengan mempraktikkan Misogi. Ini adalah ritual pemurnian pada tingkat spiritual. Menurut prajurit, mandi air dingin dapat memberi semangat, membantu memulai hari dan petualangan baru yang segar. Air dingin jelas membantu membangunkan orang yang masih merasa mengantuk di pagi hari.


Sumber: http://www.serupedia.com/2013/01/4-manfaat-mandi-dengan-air-dingin.html

Kunyah Permen Karet Dapat Tingkatkan Kinerja Otak

Jadigitu.com ~  Pernah melihat pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, mengunyah permen karet ketika mendampingi timnya bertanding. Atau anda suka dengan permen karet?

Permen karet adalah permen kunyah yang memiliki ciri khas yaitu dapat dibuat untuk mengembangkan gelembung. Warnanya beraneka ragam dan memiliki rasa tertentu. Biasanya permen karet bersifat lengket dan pada saat gelembung terkembang hingga batas tertentu, maka gelembung akan pecah dan mengenai wajah. Hal itu terjadi karena permen karet lebih kental daripada permen kunyah manapun. Namun terdapat pula merk permen karet seperti Hubba Bubba yang bersifat tidak lengket dan cenderung disukai anak-anak.

Jika kita tidak punya waktu untuk meneguk kopi di pagi hari, Cobalah mengunyah permen karet untuk bisa lebih segar. Para peneliti di Coventry University telah menemukan bahwa permen karet rasa mint secara dramatis dapat mengurangi perasaan lelah. Dalam studi terpisah, ditemukan pula bahwa mengunyah permen bisa meningkatkan skor tes dan meningkatkan kinerja ingatan sampai persentase 35%.

Ketika mengunyah permen karet, rongga mulut berulang-ulang melakukan gerakan menggigit, ini memperlancar aliran darah di bagian wajah, dan juga melatih otot-otot untuk mengunyah dan menggigit.

Permen karet dapat melekat erat, sehingga dapat membersihkan sisa-sisa makanan pada permukaan gigi. Sering mengunyahnya dapat meningkatkan produksi air liur yang dapat membersihkan rongga mulut dan gigi dengan lebih baik, sehingga resiko terbentuknya plak-plak gigi dapat dikurangi.


Sumber: http://www.serupedia.com/2013/01/mengunyah-permen-karet-dapat-tingkatkan.html

Obat Penurun Tensi Darah Bisa Cegah Pikun

Jadigitu.com ~ Siapa sangka obat hipertensi memiliki manfaat lain yang berkaitan dengan kesehatan otak? Baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa obat-obatan yang dirancang khusus untuk menurunkan tekanan darah ternyata dapat mengurangi risiko dementia dan penyakit Alzheimer, terutama pada pria.

Secara khusus, tim peneliti dari Pacific Health Research and Education Institute di Honolulu ini mengamati kaitan antara lesi otak partisipan yang mengonsumsi beta-blocker dan membandingkannya dengan partisipan yang mengonsumsi obat antihipertensi lainnya.

Partisipan yang dilibatkan dalam studi bertajuk Honolulu-Asia Aging Study ini adalah 774 pria yang berusia antara 71-93 tahun antara tahun 1991-2012.

Dari 774 partisipan, 610 orang di antaranya pernah mengonsumsi obat-obatan antihipertensi. 15 persen hanya menerima beta-blocker, 18 persen menerima beta-blocker dan satu obat lainnya atau lebih, sedangkan 67 persen lainnya hanya menerima obat-obatan penurun tekanan darah biasa.

Kemudian setelah disesuaikan dengan faktor-faktor seperti usia, tekanan darah awal, skor tes kognitif awal, usia saat meninggal dunia, diabetes, genotipe apolipoprotein E (ApoE) dan kondisi hipertensi paruh baya yang dialami partisipan, peneliti menyimpulkan bahwa partisipan yang menerima beta-blocker saja menunjukkan adanya microinfarction yang lebih sedikit dan lebih sedikit lesi Alzheimer di dalam otaknya daripada partisipan yang pernah diobati dengan obat non-beta-blocker atau tidak diobati sama sekali.

Begitu pula dengan partisipan yang menerima terapi beta-blocker saja atau mengkombinasikannya dengan obat-obatan penurunan tekanan darah lainnya secara signifikan menunjukkan adanya atrofi otak (penyusutan) yang lebih sedikit daripada partisipan yang tidak menerima pengobatan apapun.

"Kendati begitu kami melihat adanya perbaikan penurunan atau gangguan kognitif terkait penggunaan beta-blocker," simpul peneliti seperti dilansir abcnews, Kamis (10/1/2013).


Sumber: http://health.detik.com/read/2013/01/10/072937/2137934/763/wow-obat-penurun-tensi-darah-bisa-cegah-pikun?l771108bcj

Inilah Obat Paling Mahal Sedunia

Jadigitu.com ~  Obat sangat diperlukan bagi pasien untuk menyembuhkan penyakitnya. Sayang, beberapa jenis obat harganya masih melambung tinggi. Bahkan obat termahal di dunia dibanderol dengan harga lebih dari Rp 15 miliar.

Glybera, yang dikembangkan oleh perusahaan swasta Belanda uniQure, merupakan obat terapi gen pertama di dunia yang diperkirakan harganya mencapai US $1,6 juta atau sekitar Rp 15,4 miliar. Tak heran, obat ini pun dinobatkan sebagai obat paling mahal sedunia.

Glybera adalah terapi gen pertama yang disetujui dalam pasar kesehatan independen.

"Terapi ini akan memiliki 'dampak yang dramatis' pada pasien," jelas Profesor John Kastelein, dari University of Amsterdam, seperti dilansir Worldrecordacademy, Jumat (25/1/2013).

Menurut Joern Aldag, chief executive dari uniQure yang berbasis di Amsterdam, obat ini dijual dengan harga tinggi karena terapi gen memulihkan fungsi tubuh alami dan tidak hanya memperbaiki dalam jangka waktu pendek.

Pengobatan dilakukan dengan menggunakan virus untuk melawan LPLD (lipoprotein lipase deficiency), yang dapat menyebabkan peradangan akut pada pankreas.

LPLD mempengaruhi sekitar satu dari sejuta orang, membuat mereka tak memiliki gen penting yang memecah partikel lemak dalam darah. Ini berarti lemak menumpuk dalam darah menyebabkan sakit perut dan peradangan pankreas (pankreatitis) yang mengancam nyawa.

Terapi obat ini menggunakan virus untuk menginfeksi sel-sel otot dengan meng-copy pekerjaan dari gen. Selain obat, cara lain untuk mengelola penyakit ini dengan memiliki diet sangat rendah lemak.

Sumber: http://health.detik.com/read/2013/01/25/170431/2152401/763/inilah-obat-paling-mahal-sedunia

Tayangan Porno Bisa Rusak Kenyamanan Seks

Jadigitu.com ~ Bagi sebagian orang, menonton film porno atau sering disebut juga dengan blue film (film biru) bisa menjadi selingan untuk meningkatkan gairah seksual. Tetapi, jika sudah masuk ke ranah domestik alias rumah tangga, kebiasaan menonton film biru ini punya efek berbahaya karena mengurangi kenyamanan bercinta, bahkan memicu keretakan hubungan.

Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh majalah wanita Cosmopolitan, 86 persen responden percaya hobi nonton film biru bisa merusak hubungan dan 90 persen mengungkapkan bahwa mereka banyak melihat kerusakan hubungan akibat film biru.

Selain itu, 94 persen dari peserta yang diwawancarai oleh majalah telah melihat peningkatan jumlah orang yang kecanduan porno dan 63 persen percaya bahwa melihat tayangan porno dapat meningkatkan harapan pria saat berhubungan seks dengan pasangan mereka.

Para peneliti juga melakukan survei pada pria yang berusia antara usia 18 dan 34 tahun dan menemukan bahwa 70 persen dari mereka menonton tayangan porno setidaknya sebulan sekali. Selain itu, jumlah pria dan wanita yang menonton tayangan porno terus meningkat.

Beberapa ahli mengatakan bahwa tayangan porno dapat diibaratkan bom waktu dalam hubungan karena menghancurkan kepercayaan diri saat berhubungan seks. Dengan kata lain, makin sering seseorang melihat film biru, makin tidak pede ia pada bentuk tubuh atau kemampuan seksualnya karena merasa apa yang ditampilkan dalam film adalah "standar". Padahal, film itu sendiri penuh rekayasa.

Ahli terapi psikoseksual Karen Lobb-Rossini menambahkan bahwa peningkatan jumlah orang yang belajar tentang seks melalui tayangan porno memiliki "dampak buruk terhadap persepsi mereka tentang diri mereka sendiri dan tubuh mereka".

Selain itu, para ahli telah mengaitkan efek pornografi dengan efek racun terhadap otak. Orang yang sering terpapar akan terstimulasi kelainan-kelainan seksnya. Bukan tidak mungkin akan muncul hal-hal seperti keinginan bercinta dalam kelompok atau perilaku sadomasokis (bercinta secara kasar).


Sumber: http://health.kompas.com/read/2013/01/25/11030221/Tayangan.Porno.Rusak.Kenyamanan.Seks

Ibu Yang Melahirkan 2 Kali dalam Waktu 8 Bulan

Jadigitu.com ~ Normalnya seorang perempuan butuh waktu selama 9 bulan untuk mengandung hingga melahirkan. Tapi hal ini tidak terjadi pada Claire Ormrod, dalam waktu 8 bulan ia melahirkan sebanyak 2 kali.

Claire (26 tahun) yang tinggal di Wales Utara telah melahirkan 2 kali hanya dalam waktu 8 bulan, yang berarti kedua anaknya ini ada kemungkinan berada di kelas yang sama saat sekolah nanti, meski keduanya bukanlah anak kembar.

Awalnya, Claire melahirkan anaknya yang diberi nama Alice pada 6 Desember 2011 saat usia kehamilannya 25 minggu melalui operasi caesar darurat. Saat dilahirkan Alice hanya memiliki berat badan 0,54 kg.

Kala itu para dokter tidak yakin Alice bisa bertahan hidup karena ia menggunakan mesin pendukung kehidupan. Keluarga pun sudah siap dengan keputusan terburuk mengenai kematiannya. Tapi ketika mesin dimatikan, Alice justru menunjukkan tanda-tanda pertama kehidupannya dan mampu bertahan hingga saat ini.

Namun 7 minggu kemudian Claire hamil lagi meski saat itu ia mengonsumsi pil kontrasepsi. Claire berhasil melahirkan bayi laki-laki sehat yang diberi nama Gareth pada usia kehamilan 29 minggu melalui operasi caesar darurat, dengan berat badan 0,9 kg.

"Saya benar-benar takut ketika tahu hamil lagi. Dokter bilang saya harus memiliki jarak, karena bisa berakhir dengan membunuh saya dan bayinya," ujar Claire, seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (25/1/2013).

Sebelum melahirkan kedua anaknya, Alice dan Gareth, Claire dan pasangannya Gareth Bee (36 tahun) telah memiliki 3 anak, yaitu Molly (7 tahun), Jack (5 tahun) dan Charlie (2 tahun).

"Tidak ada yang bisa percaya ketika kita mengatakan pada mereka bahwa saya hamil lagi. Saya berada di daftar tunggu untuk disterilkan ketika akhirnya mengandung Gareth," ungkap Claire.

Alice menghabiskan tahun pertama kehidupannya dengan berada di unit perawatan bayi khusus di Glan Clwyd Hospital. Alice mengalami kerusakan otak kiri setelah pendarahan di hatinya dan juga menderita enterocolitis necrotizing yang mempengaruhi lapisan usus.

"Dia seorang bayi ajaib dan pejuang. Mereka mengatakan pada kami tidak ada aktivitas di otaknya tapi kemudian dia bangun. Kini Alice berusia 13 bulan dan beratnya 5,84 kg. Dokter belum bisa menentukan tingkatan kerusakan otak yang dideritanya," tutur Claire.

Meski begitu Claire mengungkapkan Glan Clwyd Hospital telah menyelamatkan hidup Alice hingga 6 kali. Sementara itu anak bungsunya Gareth kini sudah berusia 4 bulan lebih dan memiliki berat badan 3,57 kg.


Sumber: http://health.detik.com/read/2013/01/25/133001/2152064/1202/wow-ibu-ini-melahirkan-2-kali-dalam-waktu-8-bulan

Dana Rp 2 Triliun Habis untuk Pengobatan akibat Rokok

Jadigitu.com ~ Sebanyak Rp 2,11 triliun dari total Rp 7,4 triliun dana Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) selama ini dihabiskan untuk pembiayaan pengobatan penyakit akibat rokok. Hal ini dinilai sebagai "pemborosan" oleh Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi. Pasalnya, dana sebanyak itu seharusnya dapat menjadi sumber pendanaan pengobatan penyakit lain, bukan penyakit yang sebenarnya mampu dicegah, yaitu penyakit akibat merokok.

"Rokok mengakibatkan penyakit, orang bisa memilih untuk tidak merokok," ujar Nafsiah dalam Sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) No 109 Tahun 2012 atau yang lebih dikenal sebagai PP Tembakau, Rabu (23/1/2013) di Gedung Kemenkes.

Jamkesmas merupakan program jaminan kesehatan untuk warga Indonesia yang memberi perlindungan sosial di bidang kesehatan, terutama bagi masyarakat miskin dan tidak mampu. Sedangkan memberikan dana Jamkesmas kepada orang yang sakit akibat merokok dapat mengurangi "jatah" bagi masyarakat tidak mampu lain untuk memperolehnya.

Meski pemerintah menjamin pelayan kesehatan yang non-diskriminatif, yang artinya perokok pun mendapat hak yang sama, tetapi Nafsiah menegaskan, mereka (perokok) pun harus menjalani kewajiban yaitu berperilaku hidup sehat untuk menunjang kesehatannya. "Sedangkan dengan merokok, orang sudah tidak menjaga kesehatannya sendiri," imbuhnya.

Mantan Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Kartono Muhammad menegaskan bahwa perokok tidak berhak menerima fasilitas Jamkesmas. "Sebenarnya, yang dijamin pemerintah adalah pelayanan kesehatannya, bukan biaya pengobatan. Sehingga, seharusnya perokok tidak berhak menerima Jamkesmas," ujarnya.

Saat ini, Kemenkes sedang mengerahkan petugas kesehatan untuk mendata jumlah pasien yang sakit akibat rokok dan biaya yang dikeluarkan pemerintah selama tahun 2013.

"Pada akhir tahun baru nanti akan kita tahu, berapa data pastinya sehingga dapat dibuat kebijakan-kebijakan tertentu tentang pembiayaan pengobatan pasien akibat rokok," ujar Nafsiah.


Sumber: http://health.kompas.com/read/2013/01/23/17290227/Rp.2.Triliun.Habis.untuk.Pengobatan.akibat.Rokok

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp