Aturan Membuang Sampah di Korea Selatan

http://www.jadigitu.com/2012/12/aturan-membuang-sampah-di-korea-selatan.html
Jadigitu.com ~ Soal kebersihan, Korea Selatan memang boleh dibilang belum sebersih Jepang atau Singapura. Pengelompokan sampah belum sedetail seperti di Jepang. Hanya saja, jika ingin sampah kita diambil petugas, pastikan semua sampah sudah masuk ke dalam standar plastik sampah yang berlaku di Korea.

Mengutip buku Bujet Pas-pasan Keliling Korea 60 Hari? Bisa!, di plastik-plastik itu tertulis ‘eumshikmul sseuregi bongthu’ yang artinya tempat sampah untuk makanan. Ada pula plastik sampah yang bertuliskan ‘sseuregi bongthu’ yang berarti tempat sampah untuk sampah kering.

Selain itu, di plastik juga tertera peraturan pembuangan sampah, seperti: plastik akan diambil jika plastik sampah ini diikat ujungnya, atau membuang sampah menggunakan plastik lain akan dikenakan denda maksimum 1 juta won.

Plastik sampah terdiri dari dua jenis. Dua jenis tempat sampah ini memiliki warna yang berbeda di tiap-tiap distriknya. Contohnya di Distrik Yongsan, plastik warna putih untuk sampah non-organik dan plastik berwarna kuning untuk sampah organik.

Dengan membeli plastik sampah ini, artinya kita telah membayar biaya pembuangan sampah. Jadi tak heran jika harga plastik sampah ini cukup mahal, yakni sekitar US$ 1 untuk tempat sampah non-organik ukuran 50 liter. Kantong plastik sampah ini bisa dibeli di minimarket, seperti GS25, 7-eleven, Buy The Way, atau Family Mart.

Sumber:http://www.tempo.co/read/news/2012/12/02/203445393/Aturan-Membuang-Sampah-di-Korea-Selatan

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp