Negara Arab Siap Bantu Palestina $100 Juta per Bulan

Negara Arab Siap Bantu Palestina 100 Juta Dolar per Bulan
Jadigitu.com ~ Negara-negara Arab menyepakati untuk memberi paket bantuan "jaring pengaman keuangan" senilai 100 juta dolar per bulan bagi Palestina. Bantuan itu untuk mengatasi krisis ekonomi di Palestina pascapengakuan PBB atas status negara itu.

Keputusan itu menyusul respon Israel yang memerintahkan pembangunan 3.000 rumah baru di wilayah Tepi Barat yang mereka duduki serta penghapusan distribusi pajak yang akan digunakan untuk membayar tunggakan listrik Palestina setelah pengakuan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) terhadap Palestina.

Dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan di Doha, Ahad (10/12), para menteri luar negeri negara Arab meminta agar resolusi yang disahkan dalam Pertemuan Negara Arab di Baghdad pada Maret lalu segera diimplementasikan. Resolusi itu berisi tentang pemberian bantuan senilai 100 juta dolar per bulan bagi Palestina.

Pernyataan itu tidak merinci tentang mekanisme pemberian dana serta dari mana dana tersebut berasal, tetapi Sekretaris Jenderal Liga Arab, Nabil Al-Araby, mengatakan mekanisme pemberian bantuan itu telah disepakati.

"Proses pengumpulan dana akan diketuai Qatar dan sekretariat jenderal berperan dalam menghubungi setiap negara donatur untuk membayarkan sejumlah dana," kata Al-Araby kepada Reuters setelah pertemuan itu.

Dia menambahkan pihaknya memberi waktu 15 hari bagi negara-negara Arab untuk memberikan jawaban terhadap usulan itu.

Israel dan Amerika Serikat menolak keputusan Majelis Umum PBB yang meningkatkan status Palestina menjadi "negara non anggota" di PBB. Kedua sekutu itu mengatakan Abbas harus terlebih dahulu kembali ke meja perundingan damai yang terhenti sejak 2010 lalu karena pembangunan perumahan Yahudi yang dilakukan Israel.

Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) pada September lalu mengatakan krisis ekonomi di Palestina akan memburuk kecuali negara itu mendapat peningkatan bantuan asing.

Dalam laporan terpisah, Bank Dunia juga memperkirakan defisit anggaran Palestina mencapai 1,5 miliar dolar pada 2012, sementara dana bantuan asing diperkirakan hanya mampu menutup 1,14 miliar dari kekurangan itu.

Sumber:http://www.republika.co.id/berita/internasional/palestina-israel/12/12/10/mes75s-negara-arab-siap-bantu-palestina-100-juta-dolar-per-bulan

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp