Masuk Balai Kota Prancis Harus Bilang 'Hello'

Masuk Balai Kota Prancis Wajib Bilang 'Hello' http://www.jadigitu.com/2012/12/masuk-balai-kota-prancis-harus-bilang.html
Jadigitu.com ~ Wali kota Lheraule, Gerard Plee, mengeluarkan kebijakan yang tak biasa. Plee mengeluarkan peraturan yang akan mengusir keluar warga dari balai kota jika tidak mengucapkan kata ‘hello’ dan ‘terima kasih’.                                                                                   

Lheraule merupakan kota kecil yang terletak sekitar 185 km utara Paris. Plee mengaku mengeluarkan kebijakan tersebut guna  mempertahankan nilai sosial wilayahnya.

Karena, hasil jajak pendapat pada awal tahun menunjukkan separuh penduduk Prancis dinilai kurang sopan.

"Ketika memasuki balai kota, orang harus mematuhi praktek-praktek tertentu seperti mengucapkan ‘halo’ dan ‘selamat tinggal’ atau ‘silahkan’ dan ‘terima kasih’," kata Plee seperti dilaporkan France 24.

‘’Bersikap sopan adalah bentuk rasa hormat terhadap orang lain yang dibutuhkan bagi orang untuk hidup bersama secara harmonis,’’ tambahnya.

Jika tidak mengeluarkan peraturan tersebut, Plee mengaku dirinya tidak memiliki kekuatan hukum untuk menegur orang-orang yang mengabaikan nilai-nilai kesopanan.

‘’Tidak ada hukum di Prancis yang memaksa orang untuk menyapa,’’ katanya. ‘’Tidak ada hakim yang akan menghukum seseorang  karena tidak menyapa ketika bertemu orang.’’

Sumber:http://www.republika.co.id/berita/senggang/unik/12/12/09/meqj9b-masuk-balai-kota-prancis-wajib-bilang-hello

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp