Anak Lebih Cerdas Dengan Kegiatan Seni

Jadigitu.com ~ Tentu ada alasan kuat mengapa "mata pelajaran" anak di kelompok bermain lebih banyak berisi kegiatan menggambar, mewarnai, atau menggunting dan menempel. Penelitian menunjukkan, kegiatan seni memang membuat otak anak lebih cerdas.

"Seni akan meningkatkan proses belajar anak," kata Eric Jensen, peneliti dan penulis Arts with the Brain in Mind.

Anak-anak yang banyak didorong melakukan kegiatan kesenian dan kreatif cenderung memiliki kemampuan akademik yang baik. Menurut Jensen hal itu karena anak lebih mampu menyimpan informasi lebih lama, lebih percaya diri, dan punya kemampuan berpikir independen yang lebih baik.

Anda bisa menggali ekspresi dan kreativitas anak melalui berbagai kegiatan, mulai dari menggambar bersama, mewarnai, atau menciptakan berbagai mainan dari benda-benda sederhana seperti kertas atau botol plastik bekas pakai.

Sediakan berbagai kebutuhan anak, mulai dari lem, pensil warna, spons, gunting, dan kertas. Biarkan ia menumpahkan imajinasinya dan berikan apresiasi positif untuk hasil karyanya.

Anak usia prasekolah biasanya memiliki ide sendiri yang ingin ia ekspresikan melalui seni. Anak yang berbakat juga biasanya tidak memberi respon pada arahan-arahan yang diberikan orang dewasa dan lebih suka mengikuti imajinasinya sendiri. Tugas orangtua adalah membantu anak mewujudkan visinya. Misalnya, jika anak ingin membuat awan, cukup berikan ia spidol warna atau kapas.

Hindari memberikan kritik pada hasil karya si kecil. Biarkan anak merasa bebas untuk mencoba hal-hal berbeda tanpa ada tekanan untuk menyenangkan Anda atau orang lain.

Baca Juga :

Sumber: http://health.kompas.com/read/2012/12/20/14365463/Anak.Lebih.Cerdas.Berkat.Kegiatan.Seni

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp