Kurikulum Bahasa Inggris SD Dihapus Tahun 2013

http://www.jadigitu.com/2012/12/kurikulum-bahasa-inggris-sd-dihapus.htmlJadigitu.com ~ Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghilangkan pelajaran Bahasa Inggris dalam kurikulum Sekolah Dasar (SD) pada tahun 2013, mendapat perlawanan dari anggota Komisi X DPR, Rully Khairul Awar.

Wacana tersebut harus dikaji secara mendalam agar tak berdampak pada menurunnya kualitas pendidikan di Indonesia.

Wasekjen Partai Golkar itu menyatakan, bahasa Inggris sangat penting diajarkan pada usia anak SD. Apalagi, Indonesia akan dihadapkan pada era keterbukaan dan pergaulan global. Jika tidak dipersiapkan kemampuan bahasa Inggris sejak dini, maka akan berpengaruh pada kualitas pergaulan siswa di masa mendatang.

“Fase usia SD penting sebagai pembekalan dasar,” tegas Rulli kepada LICOM, di gedung DPR, Selasa (11/12/2012).

Jika alasan Kemendikbud hanya karena khawatir terlalu bengkaknya kurikulum SD. Rully menganjurkan, pemerintah harus punya cara dengan tidak mengorbankan bahasa Inggris.

Misalnya, dengan menggabung pelajaran yang dianggap saling punya keterkaitan. “PPKN dan sejarah bisa digabungkan menjadi satu pelajaran saja. Sehingga kurikulum tidak membenngkak,” paparnya.

Meski begitu, Rully berharap keberadaan bahasa Inggris jangan sampai menjadi ancaman lunturnya kemampuan anak didik terhadap bahasa Indonesia. Kemendikbud harus lebih serius lagi dalam menyeleksi guru-guru handal yang bisa mengatur hal itu.

“Bahasa Indonesia tetap lebih penting. Intinya bahasa Inggris ini hanya untuk menambah wilayah pergaulan anak-anak,” pungkas Rully. @hairul


SHARE TWEET

4 komentar:

  1. waduhh , ,b.ingris kan bahasa interantional kang

    ReplyDelete
  2. aneeeeeeeeeeeeeeeh bahasa inggris dhapus cuma karena takut anak sd ga mantap bahasa indonesianya bukankah nak sd sebelum masuk sd dh lancar berbahasa indonsia aneeeeeeeeh

    ReplyDelete
  3. kayaknya kurikulum yang sekarang dah baik cuma perlu penyempurnaan dikit aja seperti isi materi plajaran yang tumpang tindih terus materi yang cukup tinggi n lo bisa sd untuk kls 4 - 5 guru bidang aj biar mantap kan ga mungkin satu guru menguasai banyak plajaran

    ReplyDelete
  4. klo mau contoh pendidikan swedia ama irlandia aj

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp