Buruknya Budaya Menggunakan Ponsel Di Jalan Raya

Ngerinya Jalan Kaki Sambil Main Ponsel! http://www.jadigitu.com/2012/12/buruknya-budaya-menggunakan-ponsel-di.html
Jadigitu.com ~Jika Anda senang membalas pesan teks SMS (Short Message Service) atau BBM(BlackBerry messenger) sambil berjalan, mungkin beberapa hal ini perlu Anda waspadai.

Karena menurut studi yang diterbitkan Jurnal Injury Prevention di Amerika, pejalan kaki yang bermain ponsel biasanya kurang hati-hati.

Seperti dilansir womenhealthmag, Selasa (18/12/12) sebuah penelitian yang meneliti 1.102 pejalan kaki di 20 tempat berbeda di Seattle, Washington.

Peneliti menemukan satu dari tiga orang yang menggunakan teleponnya untuk bicara, mendengarkan musik atau membalas SMS ketika menyebrang jalan.

Rata-rata, pendengar musik berjalan lebih cepat dibandingkan pejalan kaki yang tidak memegang ponselnya. Selain itu, pejalan kaki yang sambil SMS, 18 persen lebih lama menyebrang jalan dan hampir empat kalinya tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas di persimpangan atau berjalan tanpa melihat kanan-kiri.

Parahnya, penyimpangan ini dilakukan perempuan yang dua kali lebih berisiko dibanding laki-laki.

Penelitian sebelumnya telah menemukan kalau sebenarnya semua orang tahu bahaya berjalan atau berkendaraan sambil memainkan ponselnya, tapi terus saja melakukannnya.

Tidak heran jika Centers for Disease Control memperkirakan bahwa 4.000 pejalan kaki tewas setiap tahun, dan 60.000 lainnya luka-luka akibat menggunakan ponselnya sambil berjalan kaki.

Salah satu cara untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya adalah mematikan handphone ketika Anda sedang dalam perjalanan, atau simpan ponsel Anda di saku.

Untuk meminimalkan bahaya, sebaikanya tanyakan hal ini pada diri Anda sebelum bepergian:

1. Apakah Seseorang Berjalan di Belakang Saya?
Ketika mata Anda tertuju pada ponsel sambil berjalan, kaki Anda akan bergerak lebih lambat dan bisa menghambat orang di belakang Anda.

Menurut Thomas Farley, penulis Modern Manners: The Thinking Person’s Guide to Social Graces and the blog", pikirkan setiap kali Anda merepotkan, memperlambat, atau hampir menabrak orang lain sebagai akibat Anda yang berjalan lambat sambil membalas pesan teks. ketika Anda menemui jalan yang sedikit sepi sebelum anda menelepon atau membalas pesan teks.

2. Dapatkah Saya Mengekspresikan Diri Sekarang?
Ketika Anda berjalan, pasti fokus Anda ke orang yang sedang berkomuikasi dengan Anda. Bahkan kesalahan ketik menunjukkan anda tidak peduli,"kata Farley. Berpikirlah tentang apa yang ingin anda katakan dan tulis itu nanti.

3. Haruskah Saya Telepon atau Kirim Pesan Teks Sekarang Juga?
Ketika Anda berpikir kalau menulis pesan teks di ponsel adalah media yang sempurna untuk mengirimkan pesan, pikirkan kembali apakah tidak lebih baik jika didiskusikan nanti lewat telepon," kata Farley.

Tidak seperti menulis pesan teks, buat mata Anda fokus di jalan raya dan perhatikan sekeliling Anda.

Jangan menganggap bahwa teman Anda bebas berbicara setiap kali Anda berada. Kirim pesan singkat untuk menanyakan apakah dia memiliki waktu untuk chatting, dan mengatur untuk meneleponnya lain kali ketika Anda punya waktu dan tidak sedang dalam perjalanan.

4. Dapatkah Saya Menunggu untuk Panggilan ini?
Hindari percakapan telepon ketika Anda sedang berdiri di dekat orang asing kecuali apa yang Anda akan sampaikan relevan untuk itu semua.

Karena bisa saja suara Anda ketika sedang menelepon malah mengganggu. Jika Anda tidak bisa menunda telepon, coba berhenti berjalan dan kirimkan pesan singkat dan matikan ponsel Anda. (FIT/IGW)

Baca Juga :

Sumber:http://health.liputan6.com/read/470465/ngerinya-jalan-kaki-sambil-main-ponsel

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp