Penyebab Terjadinya Gagal Jantung

http://www.jadigitu.com/2012/12/penyebab-terjadinya-gagal-jantung.html
Jadigitu.com ~  Penyebab Gagal Jantung – Dalam posting sebelumnya telah ditulis sebuah artikel tentang Gagal Jantung atau Heart Failure. Dan terkait dengan artikel tersebut akan dihadirkan kepada pembaca penyebab gagal jantung atau heart failure. Mengetahui dan memahami tentang gagal jantung tentu tidak hanya pengertian dan definisinya, melainkan juga (bahkan hal ini sangat penting) memahami dan mengenali penyebab-penyebabnya.

Dengan memahami penyebab dan gejala gagal jantung maka kita akan lebih faham serta waspada serta dapat mengambil langkah secara dini. Tindakan antisipatif dapat dilakukan dengan tepat apabila benar-benar mengetahui dengan sangat baik terhadap penyebab dan gejala gagal jantung tersebut. Demikian juga sebaliknya, ketidaktahuan dan kurangnya pemahaman akan hal tersebut maka dapat dimungkinkan segalanya akan terlambat.

Penyakit jantung, termasuk gagal jantung atau heart failure ada gejala dan penyebabnya. Penyebab dan gejal gagal jantung dapat dikenali dengan mudah apabila kita memberikan perhatian yang lebih terhadap diri kita. Sebagaimana penyakit yang lain, penyakit ini pun gejala dan penyebabnya dapat dirasakan.

Penyebab Gagal Jantung
Sebelum kita memahami dengan menyeluruh tentang gejala dan penyebab gagal jantung, pemahaman kita dimulai dulu dari mengenali penyebab gagal jantung.

Penyebab gagal jantung (yang merupakan bagian dari pembahasan kita mengenai penyebab dan gejala gagala jantung) berdasarkan rujukan pada Cardiology and Respiratory Medicine 2001 adalah :

  • Kardiomiopati dilated / tidak diketahui 45%
  • Penyakit Jantung Iskemik 40%
  • Kelainan katup 9%
  • Hipertensi 6%

Kecuali yang disebutkan diatas, terdapat juga faktor presipitasi lain yang mampu memicu kasus gagal jantung, yaitu :


  • Terlalu banyaknya Na dalam makanan
  • Terlalu banyaknya intake cairan
  • Tidak taat minum obat (tidak sesuai aturan minum obat)
  • Iatrogenic volume overload
  • Aritmia : flutter, aritmia ventrikel
  • Karena obat-obatan: alkohol, antagonis kalsium, beta bloker
  • Sepsis, hiper/hipotiroid, anemia, gagal ginjal, defisiensi vitamin B, emboli paru.

Semua penyakit yang berpengaruh terhadap jantung dan juga sirkulasi darah bisa menjadi penyebab gagal jantung. Ada beberapa penyakit yang bisa mempengaruhi otot jantung sehingga berpengaruh terhadap kemampuan jantung berkontraksi serta memompa darah.

Penyebab yang berintensitas sering yaitu penyakit arteri koroner. Penyakit ini dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah yang mengarah ke otot jantung dan dapat memicu kasus serangan jantung.

Sedangkan terjadinya kerusakan pada otot jantung dapat dikarenakan oleh:


  • Miokarditis (infeksi otot jantung karena bakteri, virus atau mikroorganisme lainnya)
  • Kegemukan (obesitas)
  • Diabetes
  • Kelenjar tiroid yang terlalu aktif.

Gangguan pada katup jantung dapat menghambat sirkulasi darah dalam ruang-ruang jantung atau diantara arteri utama dan jantung. Kecuali itu, kebocoran yang terjadi pada katup jantung dapat mengakibatkan darah mengalir kembali ke tempat asalnya. Kondisi demikian tentusa menambah berat kerja otot-otot jantung. Akhirnya kekuatan kontraksi jantung dapat melemah.

Bila organ jantung terus bekerja sangat keras dalam rentang waktu yang lama dan terus menerus, maka otot-ototnya menjadi membesar. Kondisi demikian dapat diilustrasikan dengan yang terjadi pada otot lengan sesudah melakukan latihan beban dalam beberapa waktu. Pada mulanya, pembesaran otot ini menyebabkan jantung berkontraksi lebih kuat, namun pada akhirnya jantung yang mengalami pembesaran dan dapat menjadi sebab menurunnya kemampuan jantung dalam memompa maka terjadilah terjadilah gagal jantung atau heart failure. Jadi hal demikian merupakan penyebab gagal jantung.

Masih tentang penyebab gagal jantung
Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menjadi sebab bagi jantung untuk bekerja lebih berat. Kerja jantung menjadi lebih berat juga bila ia harus mensirkulasikan darah melewati jalur keluar yang mengecil atau menyempit.

Penyebab gagal jantung yang lain adalah adanya kekakuan dalam perikardium yaitu lapisan tipis serta transparan yang membungkus jantung. Kekakuan yang terjadi pada pembungkus jantung berakibat pada pengembangan jantung yang tidak maksimal sehingga proses pengisian jantung juga mengalami ketidakmaksimalan.

Penyebab gagal jantung lain yang jarang adalah penyakit yang menyerang bagian tubuh lain, yang penyakit tersebut mengakibatkan bertambahnya kebutuhan oksigen dan zat-zat makanan. Kalau sudah demikian maka jatung normalpun tidak dapat mencukupi bertambahnya kebutuhan tersebut maka terjadilah gagal jantung.

Penyebab gagal jantung sangat bermacam-macam di seluruh dunia karena memang penyakit yang adapun tidak sama. Sebagai contoh adalah negara tropis yang memiliki sejenis parasit tertentu yang dapat bersembunyi dalam otot jantung dan menjadi penyebab gagal jantung pada usia yang masih muda.

Guna menghindari penyakit jantung atau gangguan jantung semisal penyakit jantung koroner maka Anda harus waspada dan berhati-hati. Mengkonsumsi makanan pencegah penyakit jantung sangat dianjurkan dan bila perlu Anda berlatih mengidentifikasi bunyi jantung dengan mendengarkan software Cardiac Auscultation.

Demikianlah artikel mengenai penyebab gagal jantung. Lain waktu mungkin akan diposting tentang gejala gagal jantung. Semoga artikel tentang penyebab gagal jantung ini bermanfaat.
Baca Juga :


Sumber: http://abidin76.blogspot.com/2012/10/penyebab-gagal-jantung.html

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp