Menulis Bikin Otak Lansia Tetap Sehat

foto
Jadigitu.com ~ Membaca, menulis, dan bermain kartu bisa lebih dari sekadar melewatkan waktu dengan bersenang-senang. Aktivitas tersebut juga bisa membantu otak tetap sehat.

Menurut peneliti dari Rush University Medical Center dan Illinois Institute of Technology, Chicago, aktivitas mental seperti itu bisa membantu menjaga integritas struktural otak pada orang lanjut usia.

Dalam studinya, peneliti menggunakan perangkat MRI untuk memindai otak 152 lansia berusia rata-rata 81 tahun. Ini dilakukan untuk menilai pengaruh aktivitas mental pada materi putih otak, yaitu bagian otak yang terbentuk dari serat-serat saraf yang mengirim informasi ke otak.

Menurut Konstantinos Arfanakis, kepala peneliti, ada hubungan yang signifikan antara aktivitas mental dan integritas struktural di beberapa area materi putih pada otak. Hasil studi ini dipresentasikan pada Ahad lalu, 25 November 2012, pada pertemuan tahunan Radiological Society of North America di Chicago.

"Membaca surat kabar, menulis surat, mengunjungi perpustakaan, menghadiri permainan atau bermain game, seperti chess atau checker, adalah aktivitas sederhana yang dapat berkontribusi untuk otak yang lebih sehat," kata Arfanakis, sebagaimana dilansir dari situs Health Day, Ahad, 25 November 2012.

Meskipun studi ini menemukan hubungan asosiasi antara aktivitas mental pada lansia dan integritas struktural otak, penelitian ini tidak membuktikan sebab-akibat bahwa hal tersebut mempengaruhi satu sama lain. Peneliti ingin lebih lanjut meneruskan penelitian untuk menentukan hal tersebut.

Sumber:http://www.tempo.co/read/news/2012/11/26/060444195/Menulis-Bantu-Otak-Lansia-Tetap-Sehat

SHARE TWEET

1 komentar:

  1. Postingan yang sangat bagus, memang menulis membaca semua itu bisa membuat otak kita semakin cerdas dan banyak sekali manfaatnya
    terima kasih sudah berbagi sobat

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp