Pertahankan Kesehatan Otak Melalui Olahraga

http://www.jadigitu.com/2012/11/pertahankan-kesehatan-otak-melalui.html
Jadigitu.com ~Para ilmuwan mengatakan olahraga mendorong peningkatan aliran darah ke otak. Penelitian baru tentang pengecilan otak pada usia lanjut menunjukkan bahwa olahraga mungkin lebih bermanfaat dibandingkan kegiatan yang merangsang secara mental dan sosial.

Tim peneliti Universitas Edinburgh, Skotlandia, Inggris menyampaikan kesimpulan itu setelah melakukan penelitian terhadap 638 orang yang berusia 70-an tahun. Hasil penelitian ilmuwan Universitas Edinburgh diterbitkan di jurnal Neurology.

Periset memindai otak peserta penelitian dengan menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging) untuk mengetahui perubahan struktural pada otak. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang aktif secara fisik mengalami pengecilan otak lebih sedikit.

Kecuali menjaga bagian korteks otak besar -bagian dari pusat pikir, olahraga juga bisa membantu mengurangi kerusakan pada ganglia dasar. Para ilmuwan mengatakan olahraga yang diperlukan tidak harus kegiatan yang berat, tetapi cukup berjalan kaki beberapa kali seminggu.

Dijelaskan oleh para ahli, dengan berolahraga maka aliran darah ke otak meningkat sehingga pasokan oksigen dan nutrisi tercukupi, seperti dikutip dari BBC (23/10). Sekadar perbandingan, tim ilmuwan meneliti mereka yang melakukan latihan mental seperti mengerjakan teka-teki dan bermain catur.

Sumber:http://jaringnews.com/hidup-sehat/bugar/26057/pertahankan-kesehatan-otak-melalui-olahraga

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp