Kelahiran Adik Bisa Bikin Kakaknya Tertekan

http://www.jadigitu.com/2012/11/kelahiran-adik-bisa-bikin-kakaknya.html
Jadigitu.com ~Kehadiran seorang adik ternyata membuat anak-anak yang lebih tua merasa tertekan. Anak-anak yang lebih besar ini bisa menderita tekanan darah tinggi karena mereka akan bersaing untuk mendapat perhatian orangtuanya.

Ilmuwan melihat, kakak yang memiliki adik laki-laki bisa meningkatkan tekanan darah dari 3 hingga 5,9 persen. Sementara memiliki adik perempuan tekanan darahnya meningkat 3,8 persen. Seiring dengan bertambahnya usia kakak, tekanan darah tinggi akibat adik menurun.

Tekanan darah 374 orang dewasa dari 200 keluarga yang tinggal di Desa Amazon di Bolivia dipelajari para peneliti Amarika Serikat. Dan mereka menemukan, urutan kelahiran, jumlah anak, usia, dan jenis kelamin saudara kandung dikaitkan dengan waktu orangtua dengan anak dan dihubungkan dengan kesejahteraan seseorang.

"Dalam keluarga besar, jumlah saudara laki-laki yang lebih muda mungkin memengaruhi tekanan darah individu," tulis peneliti seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (16/11/2012).

Wu Zeng, dari Brandeis University, Massachusetts, mengatakan: "Anak-anak stres dengan kehadiran adiknya yang baru lahir karena bersaing untuk mendapatkan perhatian orangtua".

"Selain itu, adik-adik lebih mungkin menambah beban kerja kakak perempuan."

Tekanan darah tinggi dikaitkan dengan meningkatkan serangan jantung dan penyakit kardiovaskular. Penelitian ini diterbitkan di journal Economics and Human Biology.(MEL)

Sumber:http://health.liputan6.com/read/454695/kelahiran-adik-bisa-bikin-kakak-darah-tinggi

SHARE TWEET

1 komentar:

  1. heheh iya sih kadang suka iri kalau adik lebih dimanjakan, tapi nggapapa deh, toh waktu saya yang masih kecil saya udah banyak diberikan kasih sayang, dan biar rumah juga jadi ramai :)

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp