Prestasi Anak Bisa Diprediksi Sejak Lahir

http://www.jadigitu.com/2012/11/prestasi-anak-bisa-diprediksi-sejak.html
Jadigitu.com ~ Ketekunan dan kerja keras untuk belajar paling menentukan prestasi belajar di sekolah. Namun ada faktor lain yang mempengaruhinya, yakni kecerdasan dan kondisi bawaan pada beberapa fungsi organ yang bisa diperiksa sejak bayi baru lahir.

Pemeriksaan kondisi bawaan yang bisa dipakai untuk memprediksi prestasi belajar di sekolah adalah Apgar, yaitu sebuah prosedur pemeriksaan bayi yang diperkenalkan oleh Dr. Virginia Apgar di Amerika Serikat pada tahun 1952. Hasil pemeriksaan ini dinyatakan dengan skor 1-10.

Makin tinggi skor Apgar pada pemeriksaan tersebut, maka artinya berbagai fungsi organ yang dimiliki bayi tersebut berfungsi dengan baik. Sementara jika skornya rendah, maka berarti ada kelainan bawaan pada sistem organ tertentu yang mempengaruhi kesehatannya.

Menurut penelitian terbaru di Swedia, skor Apgar tidak hanya menunjukkan kondisi kesehatan bayi secara fisik. Bayi-bayi yang memiliki skor Apgar dibawah 7 cenderung mengalami masalah dengan kecerdasan, sehingga kurang berprestasi di sekolah saat beranjak remaja.

Kesimpulan ini merupakan hasil pengamatan pari ahli dari Center Hospital di Helsingborg, Swedia, terhadap 877.000 remaja usia sekolah yang tersebar di seluruh Swedia. Para ahli mengamati hasil ujian di sekolah, yaitu membandingkannya dengan hasil tes Apgar yang dilakukan semasa kecil.
(dailymail)

Sumber:http://www.memobee.com/index.php?do=c.every_body_is_journalist&idej=2020

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp