Pedagang Pasar Jadi Target Program KB

http://www.jadigitu.com/2012/11/pedagang-pasar-jadi-sasaran-program-kb.html
Jadigitu.com ~ Program Keluarga Berencana (KB) mulai digiatkan kembali dengan menyasar masyarakat kelas menengah ke bawah yang tinggal di pedesaan atau kabupaten kota.

Adalah Program Grebeg Pasar KB (gerakan bersama keluarga pas sasaran keluarga berencana) salah satu terobosan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam membidik peserta baru program KB di lingkungan pasar-pasar tradisional pada daerah-daerah tertentu.

Deputi Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN Hardiyanto mengatakan, jumlah masyarakat yang belum mengikuti program KB relatif banyak, khususnya kalangan menengah ke bawah. Karena itu,pihaknya berupaya menggeliatkan kembali sosialisasi KB melalui pasar tradisional sebagai tempat berkumpul penjual dan pembeli.

“Sosialisasi KB lewat pasar sangat efektif dan langsung pada sasaran,” ungkap Hardiyanto pada pembukaan Grebek Pasar di Kabupaten Muaro Jambi dalam siaran persnya yang diterima INILAH.COM, Minggu (18/11).

Menurutnya, program KB sangat efektif meningkatkan kesejahteraan keluarga pedagang, terlebih jika hanya memiliki sedikit anak. Sebaliknya, keuntungan yang diperoleh tidak akan signifikan meningkatkan kualitas hidup keluarga jika memiliki banyak anak.

“Kita anjurkan para pedagang ikut KB. Kalau anak sedikit, keuntungannya bisa untuk konsumsi gizi anak-anaknya,” ujarnya. Hardiyanto.

“Terobosan seperti KB Grebeg Pasar ini diharapkan bisa mempercepat capaian program KB di Indonesia. Dari data statistik secara nasional tahun ini realisasi partisipasi KB sudah mencapai 6,8 juta atau 70% dari total pasangan usia subur (PUS). Sementara target pada 2012 ini sebanyak 7,3 juta akseptor dari PUS,” ungkapnya. [mor]

Sumber:http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1927757/pedagang-pasar-jadi-sasaran-program-kb

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp