Tips Meringankan Stres Pada Remaja

 Stres Pada Remaja http://jadigitu.com
Remaja jaman sekarang ini banyak mengalami stres dan hal tersebut memiliki efek buruk terhadap kesehatan mereka. Jadi penting bagi mereka para orang tua agar memerhatikan kesejahteraan anaknya. Sebagai orang tua Anda harus memantau jika remaja anda mengalami stres. Jika stres yang ditangani secara cerdas ini dapat memberikan kontribusi dalam keberhasilan akademik dan sosial anak.Berikut beberapa tips untuk meringankan stres pada remaja.

Selalu Mengawasi Akademiknya
Stres dapat langsung mempengaruhi nilai anak Anda. Pastikan Anda yang up-to-date mengenai kinerja anak Anda di sekolah. Jika Anda melihat nilai jatuh Anda dapat membahas baik dengan anak Anda dan guru kemudina mencari jalan keluarnya.

Mendengarkan Mereka
Jika Anda bukan pendengar yang sabar maka Anda harus bisa memiliki sifat tersebut. Biarkan anak berbicara karena dengan cara ini mereka akan merasa selalu didengar dan diperhatkan. Akui perasaan mereka dan hak mereka untuk mengekspresikan pendapat mereka. Katakan kepada mereka bahwa jika kalian merasa stres maka itu adalah normal karena di bawah ketegangan kita semua menjadi lemah dan setiap orang memiliki tingkat kejenuhan. Anda bisa memeluk mereka dan memberitahu mereka bahwa Anda menyayangi mereka. 

Istrahat yang Cukup
Remaja suka begadang sampai larut dan menghabiskan waktunya duduk internetan, bermain game dan menelepon. Adalah tanggung jawab Anda untuk membuat mereka memahami pentingnya tidur 8 jam sehari. Anda dapat memberitahu mereka bagaimana tidur yang cukup akan membantu mereka bangun pagi. Jika anda ataupun anak anda mengalami kesulitan mendapatkan tidur yang nyenyak agar dapat mempelajari Tips Agar Dapat Tidur Nyenyak.

Berikan Contoh
Anda merupakan idola langsung bagi anak Anda. Beri contoh kepada mereka cara mengatasi stress dengan cara sehat. Jangan berika contoh kekerasan di saat seperti itu, karena akan membuat mereka berpikir bahwa ini adalah satu-satunya cara seseorang dapat mengatasi stres. Anda juga tahu bahwa ini adalah pendekatan yang salah. Ajarkan mereka cara menenangkan diri seperti mendengarkan lagu, bernapas dalam-dalam atau meditasi. Atau mengajarkan mereka mengenai tips meredakan stres dengan membaca.

  • latihan

  • Untuk mengontrol energi negatif mereka menjadi sesuatu yang positif Anda dapat meningkatkan aktivitas fisik mereka. Jadi jika anak Anda menghabiskan banyak waktu di internet bermain video game kemudian memberitahu mereka akan kehabisan waktu. Mendorong mereka untuk pergi naik sepeda, bermain sepak bola atau olahraga lainnya. Bermain secara otomatis mengalihkan perhatian mereka dari sumber stres dan membantu mereka rileks. Penting juga menyadarkan anak anda manfaat olahraga bagi kesehatan terutama jantung.

Waktu Keluarga
Remaja cenderung stres di bawah tekanan teman sebaya dan melupakan pentingnya keluarga dalam kehidupan mereka. Adalah penting bagi Anda duduk dengan anak Anda dan membahas harinya. Anda dapat pergi keluar untuk makan malam sekeluarga atau merencanakan piknik untuk menghilangkan stres baik pada Anda dan anak Anda. Katakan kepada pentingnya keseimbangan antara keluarga dan teman-teman.

Note: Bagi anda yang ingin mengcopy paste artikel ini saya izinkan dengan syarat menghargainya dengan mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih ya para blogger :)

SHARE TWEET

13 komentar:

  1. Tambahan,

    ajakin ngaji, Insya Allah ilang stressnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaap gak bisa dibantah lagi tuh ^^ Shlata juga.. dan pastinya berzikir

      Delete
  2. Masa remaja memang masa yang paling rawan stress ya sob hehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga.. namun sepertinya masa dewasa atau orang tua bisa lebih stres lagi

      Delete
  3. masa remaja memang masa yang sangat labil, sangat rentan .. sehingga masalah kecil saja bisa mengakibatkan stresss

    ReplyDelete
  4. yep, palagi kalo lagi kalut kudu jadi pendengar setia ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohoho setia dengerin pacar asik ya. hhhi

      Delete
  5. ehm, pendengar itu adalah intinya. bener kata stumon, kita akan mengerti kalau mendengarkan. kadang orang tua maunya di dengarkan si jarang mau mendengarkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pokonya kalian bedua setipe juga kayaknya . hahha

      Delete
  6. Intinya mendengarkan. Karena akan terlihat menghargai.

    ReplyDelete
  7. klo ane kasih aja antidepresan trisiklik, yah misal amiptriptilyn

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp