Tips bagi mereka yang suka menunda-nunda


1. Sisihkan lebih banyak waktu untuk satu tugas. Sebagai contoh, kalau menurutmu menulis essai butuh waktu 2 jam, maka alokasikan 3 atau bahkan 4 jam untuk mengerjakannya.

2. Tentukan target yang realistis, tapi jangan terlalu kaku. Tetaplah bersikap flesibel.

3. Bagi dan atasi tugas. Pecah tugas-tugas berat dan menakutkan menjadi tugas-tugas kecil yang lebih bisa dikerjakan

4. Mulailah mengerjakan sekarang juga. Jangan menunggu hingga kamu merasa siap betul.

5. Sadarilah bahwa tugas mengarang, tugas sekolah, atau apapun yang kamu lakukan gak mungkin sempurna. Kalau kamu memahami hal ini, kamu gak akan takut merasa gagal lagi.

6. Mulailah harimu untuk mengerjakan tugas yang paling sulit atau paling nggak kamu sukai. Sisa harimu akan terasa lebih mudah.

7. Rencanakan kegiatan santai tanpa merasa bersalah. Mulai dengan kegiatan yang paling kamu senangi, kegiatan yang biasanya kamu kerjakan terakhir kali dan jangan tunda-tunda lagi. Baru kemudian kamu bisa mengerjaka tugas yang harus kamu kerjaan.

8. Catat perkembangn yang kamu dapat dalam buku. Tulis semua tugas yang sudah kamu selesaikan tiap hari. Baca berulang-ulang dan kamu boleh merasa bangga dengan prestasimu ini. Traktir dirimu sendiri.

9. Singkirkan hal-ha yang mengganggu konsentrasimu dari ruang kerjamu. Singkirkan makana, TV, majalah, permainan, internet, dan godaan-godaan lain. Jangan pergi ke perpustakaan dan tersesat aat membaca buku tentang mesir kuno kalau kamu sedang mencari informasi tentang hak-hak asasi manusia.

10. Tulis daftar tugas cadangan. Hal-hak yang ingin kamu lakukan kalau ada  waktu. Begitu kamu miliki, kamu pasti punya waktu untuk mengerakan tugas-tugas cadangan tersebut.


SHARE TWEET

22 komentar:

  1. dua ma emapt itu yang paing penting gan menurut ane. karena klo terlalu kaku juga ga baik, jadi fleksibel aja.

    btw ente lagi banyak duit agtau gimana nie? heheh, sepertinya beli domain lagi ya? trus yang asalasah ko juga di apus kahirnya? binggung ane jadinya.

    ya semoga aja cepet selesai masalahnya ya. ok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan 9 lumayan sangat penting juga.. :D

      ini cuma ganti gan.. asalasah.com ane ganti jadi jadigitu.com, lagi pula ini punya gratisan dari intuit.

      Delete
    2. ou bisa gitu ya? bisa di ganti gitu ya? baru tau ane, soalnya ane tu beli. jadinya klo mau ganti, harus bayar lagi dan namanyapun baru. gitu, baru tau ane.

      coba cari intuit ah, makanan apa si ni? heheheh.

      Delete
    3. eehh tunggu gan, kayaknya yang bisa ganti lagi cuma dari intuit,dari yang lain ya tetap bayar.. intuit ini cuma gratis setaun, berikutnya bayar 4.9 dolar perbulan(mahal amt pokony)

      Delete
  2. perlu ane praktekan,,ane suka menunda-nunda ne,.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah oke gan.. dibaca dan direnungkan.. trus dipraktikin yaa :)

      Delete
  3. musuh terbesar adalah diri sendiri..

    pelan pelan ingin menerapkan..

    thanks buat artikel motivasinya..

    salam persahabatan.

    please visit, i will visit back : JadikanPinter!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa gan.. sama sama dan salam kenal juga :)

      Delete
  4. saya terkesan dengan yang nomor 3.
    memecah permasalahan menjadi beberapa permasalahan kecil, unik menurut saya. tapi saya "dapet" di sini. OK, masukan bagus.

    ReplyDelete
  5. Menunda-nunda ini termasuk musuh gue gan yg mau aku perangi, setidaknya postingan ini bisa di jadikan tips masukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohoho iya cik.. yuk kita perangi bersama sama :D

      Delete
  6. terimakasih nih ,, itu penyakit menunda sering menghintaiku , saya yakin bukan hanya saya aja yang mengalami penundaan-penundaan dalam tugas atau pun aktivitas..

    tipsnya bisa menyadarkan saya juga sob ,,, hehe :D thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama ya :)
      hohoh, iya yuk kita berubah :D

      Delete
  7. habis ganti domain ya.. ? :D

    ReplyDelete
  8. ini tips penting bagi saya, cz saya orangnya sulit fokus sehingga ada kerjaan yang tertunda2 karena mengerjakan yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan. memang banyak godaan pas mau nyelesain tugas. hohoh

      Delete
  9. males terutama gan penyebabnya
    #smile

    ReplyDelete
  10. jadi pelajaran buat saya yang kadang menunda waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan.. jangan lupa dipraktekin ya pelajarannya

      Delete
  11. dari males terbengkalai,, terbengkalai lumer deh tuh jam.. hehe..

    ReplyDelete
  12. cuman sembilan,

    tapi susahnya minta ampun

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp