Tips Merawat Kelembaban Kulit Saat Berpuasa

Tips Merawat Kelembaban Kulit Saat Berpuasa http://jadigitu.com
Kita semua mengetahui, saat berpuasa kita menahan lapar dan dahaga sepanjang hari dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Selama lebih kurang selama 13 jam 3 menit (Lama berpuasa tiap daerah didunia) kita tidak menyuplai cadangan air kedalam tubuh. Padahal air adalah elemen yang sangat penting bagi tubuh kita. Keadaan seperti ini bisa saja menjadikan kulit lebih kusam terutama bagi mereka yang tidak terbiasa berpuasa sebelumnya. Namun sebenarnya puasa itu sehat dan menyehatkan. Jadi jangan ada rasa khawatir mengenai kesehatan. Karena khawatir itulah yang meperburuk keadaan yang dapat menimbulkan stres yang akhirnya berdampak pada kesehatan maupun kecantikan kulit. Berikut akan disajikan beberapa tips untuk merawat kelembababan kulit saat berpuasa. 

1. Perbanyak Makan Buah
Air dan buah sangat penting dan dibutukan tubuh. Rasulullah juga menyarankan agar kita mengkonsumsi banyak buah dan sedikit daging. Banyak khasiat dari buah. Dengan menjaga makan buah secara teratur sangat baik bagi kesehatan dan kulit anda. Buah tersebut akan menyuplai air ketika kita berpuasa.

2. Penuhi Asupan Vitamin
Penuhi disini yaitu dalam batas normal saja jangan sampai berlebihan. Pastikan anda cukup mengkonsumsi vitamin A, C, dan E untuk menjaga kehalusan kulit. Dan anda boleh saja tidak konsumsi vitamin dari apotek asalkan sudah penuhi tips pertama untuk memperbanyak makan buah. Vitamin alami dari buah adalah yang terbaik bagi tubuh dan kulit kita.

3. Minum Air Yang Cukup
Minumlah air secukupnya ketika berbka dan sahur. Proporsi yang idealnya yaitu 5 gelas saat berbuka dan 3 gelas saat sahur.

4. Jangan Mandi Air Hangat
Air hangat memang baik membersihkan dan mengangakat sel kulit mati. Namun mandi air panas juga dapat mengakibatkan hilangnya lemak pada lapisan epidermis kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering. Karena itu selama menjalankan ibadah puasa, lebih baik mandi menggunakan air dingin. Anda juga dapat mengangkat selkulit mati menggunakan scrub.

5. Gunakan Pelembab Setelah Mandi
Kenapa setelah mandi? Karena pelembab (Body lotion) akan menahan air yang ada di kulit sehabis mandi, air tidak mudah menguap atau hilang sehingga membantu mempertahankan kelembapan kulit. Untuk menjaga kekeringan pada kulit selama menjalankan ibadah puasa. gunakan pelembab yang mengandung air (berbasis air). Pilih pelembab yang mengandung bahan yang dapat meningkatkan kandungan air pada sel-sel kulit seperti gliserin, urea, asam hyaluronic, ceramide, kolagen, protein, asam amino.

6. Tetap Melakukan Olahraga
Olahraga disini boleh dilakukan jika anda tidak terlalu lemas dan olahraga yang dilakukan hanya olahraga ringan saja seperti berepeda sebentar di sore hari. Olahraga baik untuk melancarkan peredaran darah, melemaskan otot yang kaku. Olah raga ringan penting dilakukan selama ibadah puasa agar peredaran darah lancar sehingga oksigen mampu disalurkan ke sel-sel kulit sehingga kulit menjadi sehat. (Jadigitu.com)


SHARE TWEET

27 komentar:

  1. katakanlah utk buah.. bisa kita ambil contoh.. pisang :) bukankah demikian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sepertinya dipost lalu juga pisang juga.. kenapa ni demen bnget ama pisang. hohoho

      Delete
  2. kedua gan . .
    kulit emang harus dirawat . .
    support.

    ReplyDelete
  3. meski puasa tetep tampil prima,,,

    ReplyDelete
  4. sekarang ada krim pelembab kulit gan, lebih simple and praktis. tapi, lebih baik yang alami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ^^ tetap yang lebih baik itu alami :)

      Delete
  5. Olahraga emang penting,, blogwalking boleh dimasukan dalam olahraga dibulan puasa nih..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw.. blog walking cuma olahraga mata ama jari ya :D

      Delete
  6. Mantap sob. Kulit memang harus dirawat.

    ReplyDelete
  7. iya gan, selama pusa kulit ane kering kayak orang pulang dari sawah,,, haaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. kalo dari sawah nyebur ke sungai ilang dong keringnya. hehe

      Delete
  8. wah, info yang sangat menarik nih, di bulan puasa gini.. harus dicoba niii...

    ReplyDelete
  9. hehe.. luluran aja bang.. :D xixixi

    ReplyDelete
  10. Nice Tips Gan...
    Semoga di Ramadhan kali ini Kita diberikan keberkahan dalam beribadah... :)
    Salam bLogger,

    ReplyDelete
  11. waah, gmn mau tetap olahraga mad ? kan kita puasa :D tapi mantap infonya, thanks yoo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. olahraga yang ringan aja.. jangan sampe banting tulang atau banjir keringat gitu. hehehe :D

      Delete
  12. Mampir lagi sob. Selamat puasa .

    ReplyDelete
  13. q gak pernah olahraga nih.. gimana dunk.. apa lagi puasa kayak gini.. aduuhh lemeesss.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibiasain dari yang ringan aja gan :)

      Delete
  14. Replies
    1. wah teungkap deh kelemahannya agan.. baiknya disembunyikan aja gan. hahah :D

      Delete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp