Tips Merawat Dan Menjaga Flashdisk Yang Benar

 Merawat Dan Menjaga Flashdisk www.oh-gitu.blogspot.com
Flashdisk, Gadget mini sebagai tempat penyimpanan data yang sudah sangat menjamur dimana-mana. Harganya yang semakin lama semakin murah dan muncul beragam model flashdisk. Kini kedudukan flashdisk telah berhasi menggeser pendahulunya disket. 

Walaupun flashdisk kini semakin mudah didapatkan kita tetap perlu menjaga flashdisk, apalagi flashdisk tersebut satu-satunya dan merupakan benda kesayangan agan yang berisi berbagai file penting. Wah bisa gawat kalau sampai tiba-tiba bermasalah ya. Untuk itu yuk kita simak beberapa tipsnya:

1. Hindari Flashdisk ditempat yang bersuhu ekstrim
Misalnya panas dan dingin yang berlebihan. Contohnya, jangan suka meletakkan flashdisk di jok motor yang sedang dikendarai, karena sangat berpotensi mempercepat kerusakan flashdisk.

2. Usahakan tidak terkena air
Walaupun banyaka ayang mengklaim sebuah flashdisk waterproof(tahan air) namun sebaiknya hal tersebut dihindari, memang walaupun flashdisk yang sudah terlanjur masuk kedalam mesin cuci itu tidak rusak dan masih dapat dipakai. Menjauhkan flash disk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman. Daripada data kamu hilang atau flash disk kamu rusak, mendingan tidak ambil resiko.

3. Usahakan agar tidak terbentur
Walaupun tidak dijumpai lecet atau kerusakan serius, benturan memang hal yang harus dihindari oleh setiap gadget, karena bisa saja scera tidak terduga telah merusak komponen yang ada didalam gadget tersebut seperti flashdisk

4. Usahakan menghindar medan magnet kuat
barang sehari-hari yang sebaiknya dijauhkan dari flashdisk yaitu handphone, televisi, dinamo, speaker. Untuk itu jangan pernah menyimpannya di dekat barang-barang sejenis yang memiliki kekuatan magnet besar. Apalagi kebiasaan menaruh flashdisk didalam tas atau kantung yang juga terdapat ponsel. Nah setelah mengetahui tipsnya nanti silahkan hindari hal tersebut.
5. Rutin melakukan scan
Lakukanlah scan secara rutin dalam beberapa waktu walaupun digunakan pada komputer yang terpercaya, karena kita tidak tahu data apa saja yang mungkin kemarin, lusa kita masukkan data lain ke kompter kita ataupun orang lain. Terlebih lagi warnet yang abal-abal. Maka waib bagi agan untuk selalu melakukan scan virus menggunakan antivirus kesayangan agan.

6. Jangan terlalu sering mem-format flashdisk
Jangan terlalu sering format flash disk karena dapat rusak dan mengurangi jumlah batasan hapus tulis. Jika melakukan manage flash disk pilihlah cluster terbesar agar kerja flashdisk tidak berat.

7. Rutinlah melakukan defrag
Jika ada waktu defrag flash disk agan agar struktur data di dalam flash disk bisa diatur agar kinerja flashdisk kita lebih optimal.

8. Usahakan tidak mengedit file dalam flashdisk
Normalnya usb flash disk dapat digunakan sebanyak ribuan atau jutaan kali diisi dan dihapus data. Setelah itu flashdisk akan lemah, mati atau rusak. Sebaiknya tidak bekerja atau mengedit pada file yang ada di flash disk. Kopi dulu ke hard disk drive lalu edit, dan setelah selesai kopi kembali file yang sudah diedit ke dalam flah disk.

9. Selalu reject flashdisk dengan Safely Remove Hardware
Tips terakhir dan sangat penting yaitu usahakan selalu melepas Flashdisk dari komputer melalui Safely Remove Hardware dan hindari langsung melepas ketika sedang dalam proses membaca/menulis, karena data bisa rusak akibat arus listrik. selain fitur tersebut, agan juga dapat menggunakan beberapa aplikasi lainnya.

 Merawat Dan Menjaga Flashdisk www.oh-gitu.blogspot.com
Ternyata lumayan banyak ya tips merawat dan menjaga flashdisknya, walaupun sebenarnya masih kurang, namun hal yang diutarakan diatas sudah cukup dan mudah diterapkan untuk merawat dan menjaga flashdisk. Semoga saja dengan menerapkan tips-tips diatas dapat memanjangkan umur pemakaian flashdisk kita ya, walaupun memang rata-rata umur flash disk memang panjang, dan apabila dirawat dengan baik nantinya akan memperpanjang lagi umur flasdisknya :)

SHARE TWEET

20 komentar:

  1. Betul sekali tipsnya sobat di atas ,kita memang harus merawat itu flasdisk biar tetap awet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jangan seperti si carikost yang LEMBIRU. hahahha :p
      canda ya cari kost. xixix

      Delete
  2. wah wah emang iya tuh. Tpi soal yg kena air itu. Secara gag sadar flashdisk-ku masuk mulut. . .hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. lahahaha.. kok sampai bisa masuk mulut.. ckcck. heheh

      Delete
  3. Fd ane tahan goncangan , googling aja Kingston DT-108 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah tapi saya liat bentuk dan modelnya biasa aja yaa.. wah keren juga kalo tahan banting. hehe

      Delete
  4. saya juga kalau melepas flashdisk sering kali tidak di safely remove, asal cabut aja tuh flashdis nya karena saya pikir lebih cepat. ternyata itu tidak baik ya.. tips yang bagus nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa terkadang masih ada hubungan file yang seang dibuka atau terkait ama komputer eh kalo tiba22 dicabut bisa bahaya :)

      Delete
  5. kalau terburu-buru..sering lupa tuch reject saat mau lepasin FD dari kompi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya hal seeti itu dihindari aja gan :)

      Delete
  6. nice tips sobat,, , , makasih sharenya

    ReplyDelete
  7. nice tips nya sob..makasih ,, , ,,..

    ReplyDelete
  8. ane yang defrag jarang nih gan, malah gak pernah... makasih, saya ikuti ya tips nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa gan,.. keiasaan cuma hardisk aja yang di defrag. heh

      Delete
  9. yang savety remove gan ga pernah ane, langsung hajar aja. hehehe, ga papa. ntar klo rusak, ane tambahin satu tips lagi, yaitu di LEMBIRU.... LEMpar Beli yang baRU... hahahah.

    Btw itu gambar flasdisk ente ya gan, ehm, natural banget. khas mahaiswa, atau khas anak kost ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan enak anak kost keturunan orang kaya raya.. kai ni palah


      hehe iya gan,, natural alamai dari alam. hahaha

      Delete
  10. Makasih buat tips-tipsnya, sangat bermanfaat bagi saya dan flaskdisk saya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah semoga juga bagi keluarganya ya.. heheh canda gan :)

      Delete
  11. lengkap sekali tipsnya
    terima kasih ya, izin membookmark dulu biar saya tidak lupa dan mudha carinya
    sukses selalu

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp