Tips Agar Otak Tetap Sehat

Tips Agar Otak Tetap Sehat http://jadigitu.com
Otak merupakan organ yang sangat penting, terutama dalam kemampuan kognitif. Laiknya otot yang membesar saat dilatih dan mengecil saat tidak mendapatkan beban, otak juga akan berkurang kemampuannya jika tidak mendapatkan latihan yang memadai. Salah satu dampak buruk pada orang yang jarang menggunakan kemampuan berpikir adalah penurunan secara drastis kemampuan berpikir saat usia sudah menapak tua akibat proses degenerasi. Untuk menghindari hal tersebut ada langkah-langkah yang dapat dilakukan agar otak tetap sehat, yaitu:

1. Lakukan latihan olahraga yang memadai. Olahraga dapat memperbaiki sirkulasi darah ke otak, sehingga aliran nutrisi juga dapat terjaga. Dengan demikina, selalu ingat bahwa olahraga merupakan salah satu syarat untuk kesehatan otak.

2. Tetaplah berusaha untuk memiliki hubungan sosial dengan orang lain, baik berupa perkumpulan teman dikantor atau dalam lingkungn rumah. 

3. Berpikirlah secara rasional dan postiif terhadap masalah. Jika masalah membuat depresi, hal itu juga dapat membawa akibat buruk bagi otak. Dengan demikian perlu dilakukan upaya untuk mengatasi stres.

4. Konsumsi makanan sehat. Hal itu penting, terutama makanan yang banyak mengandung anti-oksidan, folat, dan asam lemak omega-3.

5. Pertahankan kesehatan. Caranya dengan mempertahankan berat badan, menghindari peningkatan kolestrol, menjag tekanan adta, dan kadar gula dalam batas normal.

6. jika memang  mengalami penyakit, terutama penyakit yang dapat mengganggu otak, misalnya  tekanan darah tinggi, diabetes, atau peningkatan kolestrol, konsumsi obat yang dapat mengatasi penyakit tersebut.

7. Istirahat cukup juga berperan dalam mebatu kesehatan otak, Setifaknya tidur antar 6-8 jam perhari untuk mengembalikan fungsi otak.

8. Senantiasa untuk melakukan stimulus terhadap otak. Misalnya saja dengan berfikir untuk sesuatu hal, berusaha memecahkan suatu masalah, atau berfikir untuk menghadirkan sesuatu yang berkualitas. Hal itu akan memicu otak untuk terus bekerja. Otak yang bekerja akan lebih baik dibanding otak yang tida mendapatkan stimulus

9. Pada orang yang sudah berhenti dari pekerjaan atau pensiun, jangan biarkan otak tidak bekerja untuk waktu yng lama, lakukan kegiatan kecil untuk merangsang otak agar bekerja. Misalnya saja bermain catur, membaca koran atau majalah, menonton acara berita di televisi atau kegiatan lain yang merangsang otak untuk berpikir. (ditulis oleh Ahmad Ariful Amri dari majalah dokter kita)

SHARE TWEET

22 komentar:

  1. Jgn kebanyakan mikir, kasian otaknya. biar tidak gila. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah besar bro.. otak agar selalusehat harus selalu figunakan buat berpikir! dibaca ya :)

      Delete
  2. Tips yang benar-benar bermanfaat gan

    ReplyDelete
  3. nah kalau sering begadang trus waktu tidurnya cuma 2 atau 3 jam gimana hayo :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan begadang dan milikilah waktu tidur yang cukup

      Delete
    2. Jadigitu :) kalau yang suka insom ?

      Delete
  4. pkeeh nih bang... :D maaf ya.. saya lama tidak membalas kunjungannya.. :D

    ReplyDelete
  5. betul betul sob..
    Biasanya saya sbgai mahasiswa males untuk berfikir.. tpi trnyata tidak boleh ya sob.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iyaa gan! seharusnya masa mahsiswa jadi paling kreatif ya. hoho

      Delete
  6. weeh ini penting bangt.. thanks infonya sob ..
    saya bookmark dulu dah biar ga kelupaan...

    ReplyDelete
  7. catet di kertas *ambil pulpen*

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa typo juga. siapa tau ada yang salah

      Delete
  8. kalo otak sering di pake malah tambah sehat kan sob ??? :D

    ReplyDelete
  9. saya ngga pernah melakukan poin satu nih kang, rada males deh
    tengkyu ilmunya.
    salam sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa gak pernah olahraga. wah bahaya banget tuh

      Delete
  10. Thx utk infonya..bermanfaat sekali..mampir jg yuk ke http://elementmtb.com/ini-lho-yang-terjadi-pada-otak-jika-bersepeda/

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp