Tips Mengurangi Resiko Gigi Ompong

Tips Mengurangi Resiko Gigi Ompong http://jadigitu.comBagaimanapun mencegah agar gigi tidak copot tetap lebih baik ketimbang harus mengisi dengan gigi palsu setelah ompong. Banyak mereka yang telah memasang gigi palsu   mengatakan betapa beruntungnya dan asyiknya mereka yang masih memiliki gigi aslinya. Termasuk ibu saya yang menyuruh saya agar selalu merawat gigi dengan baik agar  selalu sehat dan kuat sehingga tidak mudah tanggal.  Beberapa petunjuk berikut ini mungkin dapat mengurangi resiko gigi copot:

  • 1. Hindari terlalu banyak makan makanan manis atau asam yang mudah melekat pada gigi.
  • 2. Kurangi kebiasaan ngemil diantara waktu makan. Sebaliknya, Perbanayk mengkonsumsi makanan berserat.
  • 3. Berhanti merokok karena merokok akan memperburuk keadaan dan warna gigi.
  • 4. Hentikan kebiasaan menggunakan tusuk gigi. Gantikan dengan benang gigi (Dental Floss). Benang gigi lebih efektif membersihkan kotoran atau sisa makanan disela-sela gigi.
  • 5. Usahakan selalu mengunyah pada kedua sisi rahang agar pemakaian gigi seimbang.
  • 6. Bersihkan gigi dan mulut dengan berkumur-kumur. Adakalanya membuang kotoran pada gigi bisa dibantu dengan menggerakkan otot lidah, bibir danpipi.
  • 7. Menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur merupakan kebiasaan baik.
  • 8. Gunakan obat kumur sesuai anjuran dokter.
  • 9. Kunjungi dokter gigi setiap 3-6 bulan untuk kontrol.
  • 10. Minum obat hanya sesuai anjuran bila gigi terasa sakit.

Gangguan pada gigi mungkin tampak ringan dan sepele, namun hal-hal kecil bisa saja amenyebabkan gigi copot dan membuat anda ompong. Sebab itu. merawat gigi sebaik-baiknya merupakan perilaku sehat yang perlu dipellihara.

SHARE TWEET

22 komentar:

  1. Nice info. Moga gigi saya tidak ompong sampe tua.

    ReplyDelete
  2. wowowo Artikel nya sangat bermanfaat....^_^
    semoga saja saya bisa menjalankan tips2 yg sobat berikan

    ReplyDelete
  3. Ane nggak mau ompong nih sob.. makasih tipsnya. Ane terapin yee :D

    ReplyDelete
  4. nice tips gan . .
    follow ya gan . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah lama kok difollownya gan..hhoh

      Delete
  5. hehe.. kalo saya ompong.. lucu dah, kaya orang ngimana gitu.. ;D sikat gigi paling cuma 2x sehari aja.. :D whahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah tmabha aja gan. 3 kali sehar..tiap habis makan :)

      Delete
  6. merokok ? saya rasa itu yg terjadi pada saya hingga merasa sakit gigi ini klo pas gosok gigi...

    "lebih baik sakit hati daripada saki gigi ini, biar tak mengapa" lho, kok malah nyanyi #heeeeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ckckck.. hayo gan. sekarang bulan Ramadhan siangnya harus pantang rokok ya :)

      Delete
  7. hal yang paling bisa menyebabkan gigi ompong adalah merokok..karena zat nikotin dan berbagai macam zat yang terkandung di dalam rokok..perlahan tapi pasti membuat gigi jadi karatan alias keropos....selamat menyambut bulan suci Ramadhan..mohon maaf lahir batin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha iya benar gan :)
      ini pas banget lagi bulan puasa pasti yang merokok berkurang ya
      sam sama.. maaf lahir batin juga ya

      Delete
  8. kalo ompong ane belom ada sob,, kalo bolong udah ada,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiahahah.. nnati kalo udah tua hayo gmana tuh gan

      Delete
  9. Mampir sob. Met menjalankan puasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap.. selamat menjalankan ibadah puasajuga :)

      Delete
  10. alahmdulilah gigi ane ga ompong gan, cuma beberapa di cabut aja ma dokter. hahahah.. dokternya tu yang nyebabin ompong. sial tu...
    klo yang roko emang gitu ya, hem baru tau. untung ane ga ngeroko, biasa anak kost ga ada duit.

    ReplyDelete
  11. waaah, tips nya mantap gan. tapi saya agak berat kalo harus kotrol ke dokter 3-6 bulan sekali, ngga ada duit soal nya :D

    ReplyDelete
  12. Sayang sekali saya terlambat untuk menerapkan tips ini.walhasil gigi saya skarang banyak yg rontok (hiks...jd malu).

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp