Tips Memilih Sikat Gigi Yang Tepat dan Sesuai

Sekarang sudah banyak beredar berbagai produk sikat gigi dari berbagai merk. Masing-masing mengklaim produknya sebagai sikat gigi terbaik. Hal tersebut menimbulkan  kebingungan sendiri bagi kita semua. Ada baiknya kita lupakan iklan dan pelajari sendiri bagaimana tips memilih sikat gigi yang tepat dan sesuai.  Menggosok gigi merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan oleh setiap orang, baik anak-anak ataupun orang dewasa. Karenanya menggunakan sikat gigi yang tepat bagi mulut dan gigi kita perlu diperhatikan. Berikut beberapa tips untuk memilih sikat gigi yang tepat :

1. Pilih sikat gigi yang kepalanya cukup kecil sehingga dapat digunakan dengan baik di dalam rongga mulut. Bagi orang dewasa panjang kepala sikat gigi adalah 2,5 cm sedangkan untuk anak-anak cukup 1,5cm.

2. Panjang bulu sikat gigi hendaknya sama rata. Sikat gigi dengan bulu yang panjangnya berbeda tidak dapat membersihkan permukaan datar tanpa menimbulkan tekanan pada beberapa bulu sikat.

3. Tekstur bulu sikat hendaknya dapat digunakan dengan efektif tanpa merusak jaringan. Jangan memilih bulu keras karena dapat merusak jaringan, yang terlalu lunakpun tidak dapat membersihkan plak gigi dengan sempurna. Yang tepat adalah sikat gigi dengan kekakuan yang medium.

4. Gagang sikat harus cukup lebar dan tebal agar dapat dipegang kuat dan dikontrol dengan baik.

5. Cara menggosok gigi perlu diperhatikan. Sikat gigi dipegang sehingga bulu sikat gigi mengarah ke akar gigi. Letakan sikat gigi pada jaringan gusi dengan membentuk 45 derajat. Tekan dan tarik perlahan sikat kearah bawah bagi gigi atas dankearah atas bagi gigi bawah. Usahakan gigi atas tidak dalam posisi berkontak dengan gigi bawah. Gerakan dilakukan kurang lebih 10 kali pada setiap bagian, kemudian sikat digeser ke bagian berikutnya. Setelah bagian muka dan dalam gigi dibersihkan, terakhir permukaan kunyak gigi dibersihkan dengan gerakan rotasi atau gerakan ke depan belakang.

6. Selain sikat gigi biasa, ada pula sikat interprosimal yang berbentuk seperti sikat botol dan dikenal dengan proxa brush. Gunakan untuk membersihkan sela gigi, khususnya bagi gigi renggang.

7. Setelah menggosok gigi, anda dianjurkan untuk berkumur dengan air kumur untuk membersihkan sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. (diambil dari buku kumpulan artikel kesehatan 6) Rekomendasi: Tips Menjaga Kesehatan Gigi Agar Selalu sehat.

SHARE TWEET

20 komentar:

  1. sikat gigi sekarang bnyk pilihanx sob.., jd bingung milihx *smile

    ReplyDelete
  2. selain kepala sikatnya kecil bulu sikatnya pun enakan yang halus biar ga sakit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, sebaiknya yang sedang, jangan yang kasar ataupun terlalu lembut

      Delete
  3. aku, klo sikat gigi'ku udah mekar, ta ganti deh..
    itupuun klo masih punya lebih2 uang.. wakakakakakakkaakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha iya bener uh, kalau ada uang

      Delete
  4. Sangat bermanfaat tips memilih sikat gigi nya Teman, supaya dapatkan hasil Optimal. Makasih ya Sobat

    ReplyDelete
  5. tips yang sangat menarik. Saya sangat selektif dalam memilih sikat gigi. Saya sudah melaksankan tips-tips tersebut. Terimakasih.

    ReplyDelete
  6. semakin banyak pilihan semakin enak jadi konsumen..tapi soal gigi harus selektif memilih sikat giginya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha tapi tergantung orang juga kayaknya makin banyak produk makin bingung. hohoho

      Delete
  7. ane termasuk orang yang boros dengan sikat gigi gan, cz ane klo gosok terlalu ditekan,,, maka dari itu sikat gigi ane mudah hancur bulu2nya,,, heeeee
    #parah ya ane hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahha... sebaiknya jangan terlalu ditekan gan. awas!! nanti gagangnya patah haha :D

      Delete
  8. kalo udah gak enak, cepet2 de di ganti, dari pada nyakitin gigi, hehhe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang gak enak kenapa gan. hayoo berganti aroa gitu ya. ckck

      Delete
  9. klo tips ane mah yang penting murah, dan dekat ma kost kost an :D

    ReplyDelete
  10. Gra" memilih sikat gigi yg slah nch gan ... GIGI sya sering skit dan berlubang pdhal skat gigi dg teratur

    ReplyDelete
  11. berkumur nya pake apa gan ? di kasih saran juga doong :D

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp