Tips Mencegah Pikun Dengan Aktif Berinternet

Ini adalah berita gembira bagi para netters dan bloggers pada umumnya sekaligus bagi para lanjut usia ( lansia ) khususnya. Karena dengan mengakses internet, kita tidak hanya dapat mengetahui informasi tetapi dengan surfing di dunia maya ini, dapat membantu untuk memperbaiki dan melatih fungsi otak.

Dan ini, khususnya bagi lansia, dapat mencegah pikun (dementia) yang seringkali mengancam orang lanjut usia, karena dengan mengakses internet berarti kita sudah melakukan atau melibatkan otak dalam sebuah aktivitas yang cukup rumit sehingga fungsi otak tetap dapat dipertahankan.

Dengan surfing di internet, ibaratnya kita seperti membaca sebuah buku, sehingga bagian otak yang berfungsi untuk pengendalian bahasa, pengendalian daya ingat dan daya visual akan ikut bekerja, bahkan menambahkan aktivitas tambahan bagi otak yaitu untuk pengendalian keputusan dan pertimbangan.

Ini yang membedakannya dengan membaca, karena bila kita surfing di internet maka kita akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan informasi yang harus kita pilih atau kitaklik, dengan adanya keputusan yang harus dibuat inilah aktivitas bagian otak untuk pembuatan keputusan dan pertimbangan akan terus diasah.

Nah, bila lansia sering-sering mencari informasi di internet akan menghambat sejumlah proses penuaan pada otak seperti pengurangan atau penciutan aktivitas sel otak dan akan membuat orang tua ini tetap segar ingatannya.

Ada juga beberapa kegiatan lain yang disinyalir dapat juga mencegah dementia/pikun yaitu bermain puzzle, bermain musik, main catur dan juga harus dibantu dengan menjaga makanan dengan gizi yang seimbang dan tidak lupa pula dengan olah raga yang teratur.

OOh Gituu.. Kini Aku Tau 

SHARE TWEET

6 komentar:

  1. wah ternyata internet manfaat nya juga ada ya buat kesehatan, makasih infonya gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. tapi tentunya jangan berlebihan juga :D

      Delete
  2. oohh gitu...baru tahu ane sob

    trims infonya:}

    ReplyDelete
  3. Kalau gitu dari sekarang saya mau terus terikat dengan Internet, biar ntar kalau uda tua gak pikun. Hehe

    makasih sharenya sobat.

    ReplyDelete
  4. asik dong ya, selain memberikan banyak pengetahuan kerja otak jg gak nganggur :D

    ReplyDelete
  5. sepertinya memang seperti itu sobat, saya sendiri merasakannya dengan internet daya ingat saya sedikit meningkat...

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp