Tips Jaga Berat Badan Setelah Diet


Tips Jaga Berat Badan Setelah Diet
Mungkin banyak yang telah berhasil melakukan diet, mampu menurunkan berat badannya berkilo-kilo, namun rupanya masih ada hal yang sanget sulit dalam perjuangan diet tersebut. Bahkan munfkin lebih sulit dari diet itu sendiri. Yaitu mempertahankannya. Disinilah banyak yang gagal berjuang setelah berhasil diet. Nah berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan pasca diet.


1. Lakukan Olahraga Teratur
Studi menunjukkan bahwa olahraga teratur lebih penting dan diperlukan dalam fase pemeliharaan dibandingkan ketika Anda masih menjalani program penurunan berat badan. Lakukan olahraga selama 30 hingga 60 menit sehari. Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai, misalnya jogging, aerobik atau spinning.


2. Monitor/Mengawasi
Tidak perlu menimbang berat badan setiap hari, cukup dua minggu sekali untuk membantu Anda mengontrol dan mempertahankan berat badan. Tujuannya untuk memonitor dan mengingatkan jika Anda sudah mulai berlebihan mengonsumsi makanan berlemak atau berkalori tinggi.


3. Mengontrol Diri
Setiap kali Anda makan banyak karena sedang sedih, frustasi, stres, marah atau bosan, tuliskan dalam buku catatan 'dosa' yang sudah Anda perbuat itu. Jadikan catatan dalam notes tersebut sebagai pengingat apa yang sudah membuat Anda makan banyak dan menambah berat badan. Dengan begitu, Anda jadi lebih mudah mengontrol diri.


4. Tambah Pengetahuan Seputar Diet
Setiap tahunnya, penelitian dilakukan untuk mengetahui perkembangan dalam dunia diet dan fitnes. Perluas wawasan Anda dengan banyak membaca buku atau artikel di majalah dan internet. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan tips dan trik terbaru yang membantu Anda menjaga berat badan ideal.


5. Ganti Menu Diet Sehat Secara Berkala
Mengonsumsi makanan yang itu-itu saja akan membuat bosan dan kandungan nutrisi yang diterima tubuh pun tidak maksimal. Coba ganti tiga atau empat menu baru tiap dua minggunya. Bisa dengan mengganti bumbu, rempah, sayuran, daging atau jenis ikan yang berbeda. Jadikan setiap jadwal makan Anda bervariasi dan selalu menarik. Jadi, Anda tidak akan coba-coba untuk makan junk food, cake atau keripik kentang.


6. Atur Pola Makan
Buatlah jadwal kapan Anda harus makan pagi, siang, sore dan malam. Selalu patuhi jam-jam tersebut dan makanlah begitu tiba waktunya. Makan sesuai jadwal, bisa menghindari Anda dari makan terlalu banyak. Anda tidak dilarang untuk ngemil. Jam antara sarapan dan makan siang, atau siang menjelang sore bisa dimanfaatkan untuk konsumsi camilan.


Sekianlah tipsnya untuk menjaga berat badannya pasca diet. Semoga tips diatas dapat berguna ya..


SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp