Tips Menjadi Ibu Yang Berhasil Sukses

menjadi ibu yang baik
Tips menjadi seorang Ibu Sukses ini cocok bagi calon ibu-ibu ataupun bagi wanita yang sedang menjabat sebagai ibu-ibu, baik ibu rumah tangga, maupun rumah tidak bertangga, ibu kos, ibu RT, dan berbagai jenis ibu-ibu lainnya(maaf ngawur). Menjadi seorang ibu adalah dambaan semua wanita, dan memang sudah menjadi kodratnya, karena lucu saja jika seorang lelaki menjadi ibu. Namun, untuk menjadi seorang ibu yang baik belum tentu dirasakan oleh semua wanita bukan pria.

Meskipun tidak ada aturan tertulis tentang ukuran kesuksesan ibu dalam membesarkan buah hati, tapi rahasia berikut dapat membantu Anda menemukan kunci kesuksesan seorang ibu. Berikut beberapa tips dan saran yang didapat langsung dari para ahli yang bisa Anda terapkan.

1. Meminta Bantuan kepada orang lain
“Buatlah daftar orang-orang yang dapat membantu Anda. Hanya karena Anda seorang ibu bukan berarti juga sebagai seorang wanita super. Ketika anak saya baru lahir, saya menghubungi kakak perempuan saya sambil menangis. Mendengar kesulitan yang dialami, ia kemudian datang jauh-jauh dari Alaska untuk membuat membuat jadwal. Jadi akan lebih baik jika seorang ibu tidak malu untuk meminta pertolongan yang memang benar-benar dibutuhkan.” Ujar Trisha Idoni, ibu dari Mallory yang berumur 8 tahun, di Pensacola, Florida. (Daerah yang jauh dari Indonesia gan)

2. Membantu Pekerjaan Rumah (pr) Anak
Menurut Karen Schiff Freeman, seorang ibu berumur 37 tahun yang sudah memiliki tiga anak, di Solon, Ohio, “Sepulang anak-anak dari sekolah, mereka mengerjakan pekerjaan rumah masing-masing di meja yang berbeda di dapur sehingga tugas mereka tidak tercampur. Dengan begitu saya tetap dapat mengerjakan pekerjaanku di dekat mereka jika sewaktu-waktu mereka membutuhkan pertolongan, tapi jangan menunggui mereka mengerjakannya. Kami selalu melakukan ini, sehingga anak-anak tahu apa yang harus mereka lakukan setiap hari.” lagi-lagi kisah tentang negeri yang jauh disana.

3. Atasi Mimpi Basahnya Buruknya
“Ketika anak Anda mengalami mimpi buruk, cara mengusir ketakutan mereka yaitu dengan berbaring di kasur dengan anak Anda dan tanyakan tentang mimpinya, ceritakan padanya hal-hal yang menyenangkan seperti membacakannya buku cerita yang lucu. Cara ini cukup ampuh dan dapat membantu si kecil bisa tidur sepanjang malam.” ungkap Lisa Keddy, ibu dari satu anak, di Ocean, New Jersey.

4. Utarakanlah Perasaan, Baik dan Buruk (jangan selatan-kanlah XD)
oh-gitu.blogspot.com/2012/06/tips-menjadi-ibu-yang-berhasil-sukses.html“Ketika anak saya sedang rewel, saya akan menariknya ke pangkuan dan berkata, ‘sekarang saatnya mengeluh, jadi mari kita mengeluh bersama. Setelah beberapa saat, ia sudah merasa tenang dan siap untuk melanjutkan aktifitasnya kembali. Selain itu, ia juga akan belajar tentang bagaimana mengutarakan perasaannya.” papar Nancy Feingold, seorang ibu berumur 57 tahun di Newton, Massachussets. (Lagi-Lagi kisah ibu dari Amerika =,=)

5. Hilangkan Rasa Takut dan Cemas
“Jika anak Anda merasa terjatuh dan merasa kesakitan, gunakan kain lap berwarna gelap untuk membersihkan luka atau goresannya. Lebih baik lagi jika menyimpan kain lap tersebut di dalam sebuah kantung plastik di freezer. Rasa dingin tersebut akan membantu meredakan rasa sakitnya.” tutur Betty Miliano, ibu dari dua anak di Belfast, Maine.

6. Prioritaskan Makan Malam Keluarga
Menurut Pamesa Robinson - Joseph, seorang ibu berusia 27 tahun di Chicago, Illinois, “Saya memiliki masalah dengan anak pertama yang suka memberontak, jadi saya mulai membuat peraturan bahwa waktu makan malam tidak boleh ada TV, telepon, dan tamu. Waktu tersebut hanya dipergunakan unutk kami sekeluarga saja. Berbagi waktu malam bersama berhasil memperbaiki sikap anak saya.”

7. Mudah tertidur
“Letakkan box bayi di ruang keluarga pada siang hari, terutama jika Anda memiliki anak lainnya. Dengan begitu si kecil akan terbiasa dengan kebisingan, dan akan lebih mudah untuk tertidur dimana saja,” ujar Wendy Marner, seorang ibu berumur 42 tahun di Cedar Rapids, Iowa.

8. Ajarkan Nilai-Nilai Pertemanan yang Baik
Seorang ibu yang berasal dari Ivor, Virginia mengatakan, “Anak perempuan saya senang berteman. Ketika ia terlihat tidak bahagia karena ada seorang teman yang tidak menyukainya, saya akan bertanya siapa gadis itu yang memperlakukannya dengan buruk. Saya juga membuatnya merasa nyaman dan lebih memperhatikan tanggung jawabnya sebagai seorang teman yang baik baik. Karena hal tersebut lebih berharga ketimbang menjadi popular,” papar April Wade.
http://oh-gitu.blogspot.com/

Nah sekianlah beberapa tips yang dapat dijalankan oleh para ibu-ibu agar dapat menjadi seorang ibu yang sukses, semoga tips menjadi seorang ibu yang sukses ini dapat berguna bagi kita semua yang membutuhkannya, walaupun banyak tips diatas merupakan pengalaman dari ibu-ibu yang ada di negeri yang jauh dari Indonesia. Wassalam.. :)

SHARE TWEET

11 komentar:

  1. wakakak.. gamabar ibu2 yang pertama punya film CR 7 yaa. XD
    cakep banget.. dan ehh iyaa kebanyakan kisah nya dari amerika ya gan. hmm kayaknya bakalan lain ama kisah ibu dai Indonesia. heheheh

    ReplyDelete
  2. iya,, saya taw tuh,, gambarnya dari film stephen chou gan.. :)
    follow u back, gan

    ReplyDelete
  3. ntar posting juga tips menjadi ayah yang sukses ya gan (optional). he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahah.. bener juga.. Insya Allah yaa :)

      Delete
  4. itu info yang bagus bagi para ibu"

    ReplyDelete
  5. wahhh, manteb nih tipsnya sobat :))

    ReplyDelete
  6. ibu teladan memang pantas jadi panutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. teladan memang menjadi panutan.. dan bisa dibalik juga :) XD

      Delete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp