Tips Mengobati Luka Bakar

Mengobati Luka Bakar oh-gitu.blogspot.comLuka Bakar, Langkah apa yang harus dilakukan ketika mengalami luka bakar? Nah yang penting agan jangan panik. Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang pengobatan dan langkah yang harus dilakukan jika tiba-tiba agan menglami luka bakar, jadi walaupun agan tidak mengalami luka bakar jangan sepelekan tips yang ini, karena agan tidak tau apakah kedepannya akan mengalaminya atau tidak. jadi lebih baik sudah mengetahui tipsnya. Sehingga apabila tiba-tiba agan mengalami luka bakar jadi langsung tau apa yang harus dilakukan.

Luka bakar di lapisan permukaan kulit bisa terasa lebih sakit daripada luka bakar dalam. Pada luka bakar dalam, biasanya kulit sudah berubah warna menjadi putih dan tidak terlalu sakit. Sedangkan luka bakar pada permukaan kulit biasanya menyebabkan kulit berwarna kemerahan dan rasanya sakit sekali.Adapun tips dan hal yang sebaiknya dilakukan adalah:

1.  Segera singkirkan benda sekitar luka bakar
Begitu terkena benda atau cairan panas langsung singkirkan pakaian di sekitar luka bakar. Lakukan sesegera mungkin jangan sampai benda atau cairan panas itu mengenai pakaian yang lelehannya bisa jatuh ke kulit Anda.

2. Segera basuh luka dengan air dingin.  
Kira-kira selama 15 menit atau lebih sampai luka terlihat lebih baik. Hal ini untuk mendinginkan luka sebelum terkena obat. Kompres luka dengan kain kasa. Jangan gunakan kapas atau bahan lain yang sekiranya bisa menempel di kulit.

3. Hindari odol sebagai pertolongan pertama. 
Mentega atau salep apapun juga disebut memperparah luka bakar. Air dingin cukup untuk meredakan nyeri luka bakar.

4. Gunakan Salep Untuk Luka Bakar Ringan
Luka bakar ringan dapat diobati dengan salep luka bakar. Salep harus yang bisa larut dalam air. Jangan memecahkan gelembung luka bakar, biarkan gelembung terserap dan hilang dengan sendirinya. Memecahkan gelembung hanya akan membuat luka jadi terbuka dan bisa terjadi infeksi sekunder. Lanjutkan pendinginan dengan air untuk membantu meredakan rasa sakit

5. Segera periksakan dokter untuk menghindari infeksi bakteri. 
Jika Anda terinfeksi bakteri, setelah mengalami luka tersebut Anda akan demam, radang dan luka Anda mengeluarkan nanah.

6. Jika luka bakar yang cukup serius.  
sebaiknya langsung Anda bawa saja ke dokter atau rumah sakit. Karena bisa-bisa jaringan kulit Anda akan rusak dan merusak sistem kerja tubuh lainnya. Secepatnya Anda harus mendapatkan perawatan intensif. 

Nah begitulah hal yang sebaiknya dilakukan jika agan mengalami luka bakar, dan harapannya semoga saja tidak pernah ya. amiin. sekian dulu sobat, semoga bisa memberi manfaat ya :)


SHARE TWEET

19 komentar:

  1. wahhh.. manteb nih sobat :))

    ReplyDelete
  2. Tips yang sangat berguna setidaknya penambah wawasan jadi lebih tau tentang hal ini.. Terimakasih tips nya gan..

    ReplyDelete
  3. haha gmbarnya menarik gan, ane sering kena luka juga dikaki gara2 knalpot hadeh -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah iyaa knalpot memang rawan kena ya posisinya.. hehehe

      Delete
  4. terima kaish banyak untuk tips mengobati luka bakarnya sobat...

    ReplyDelete
  5. aduh jadi menggunakan odol itu tidak boleh ya kawand
    Padahal aku sering kali menggunakan odol ketika terjadi luka bakar di tangan
    Baiklah harus dihindari pemakaian odol untuk selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa gan, saya terkejut juga dan baru tau ternyata sebaiknya menghindari odol..

      Delete
  6. ada cara lebih baik lagi gan, yaitu jangan sampe kena lluka bakar. itu tips paling ampuh. heheh

    ou ternyata ga boleh pake odol ya, trus pake salep? ehm, salepnya mahal loh gan, klo lagi ga ada gimana? yang bentuknya mirip salep ya cuma odol gan. heheh, jdi odol bisa penganti salep gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah cara yang agan usul itu memang the best gan! ahahha...

      ooh karena benuknya yang mirip yaa? wkakak... tapi isinya beda gan.. hoho

      Delete
  7. waah mantab nih saya pernah di tenggor setrikaan ... sejatanya ternyata ada disini ,, hehe maksih infonya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. woh iya.. tapi udah berbekas tu ya.. hmm nanti dicariin tips nya

      oke sama sama gan :)

      Delete
  8. Makasih tipsnya sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  9. Artikel yg nice gan, pengalaman pribadi saya pernah mengalami luka bakar menggunakan krim berbahan dasar lidah buaya & kombinasi propolis alhasil sembuhx lebih cepat tanpa bekas beli ditokoonline http://tokoone.com/krim-aloe-propolis-aloe-propolis-ampuh/?affid=1550

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp