Tips Dan Kiat Menjadi Ayah / Suami Sukses

Bila artikel sebelumnya Tips Menjadi seorang ibu yang berhasil/sukses yang diperuntukkan bagi kaum hawa, Alhamdulillah kali ini postingannya mngenai Tips menjadi seorang ayah/suami yang sukses

http://oh-gitu.blogspot.com/

Urusan mendidik anak tak melulu harus dilakoni seorang ibu. Seorang ayah juga harus berperan agar menghasilkan anak-anak yang cerdas dan berkarakter. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips bagi ayah dalam mendidik anak.
  • Bantulah anak untuk bangkit. Anak adalah buah hati yang Anda ingin terus lindungi walau beapapun usianya. Terkadang, hal-hal buruk menimpa mereka tanpa bisa Anda cegah. Saat itu terjadi, bantulah mereka untuk bangkit. Hindari menghakiminya. Jauhi kalimat, “Benar, kan, kata ayah!” Sebaliknya, siapkan bahu Anda untuknya bersandar, menangis melepas kesedihan.
  • Prioritaskan kebutuhannya. Begitu Anda menjadi orang tua, singkirkan ego pribadi. Sekarang, semuanya tentang anak. Ayah yang baik akan menempatkan kebutuhan anaknya sebagai prioritas.
  • Ayah tidak bekerja sendirian, jadi bekerja samalah dengan istri anda untuk mendidik anak, membangun rumah-tangga. Hormatilah istri anda maka anda akan dihormati pula.
http://oh-gitu.blogspot.com/

  • Ayah berubah menjadi teman, yang membuat anda jauh dengan anak-anak anda adalah status. maka rubah dulu status anda menjadi seorang teman ketika dekat dengan anak-anak anda maupun dengan istri anda. Dengarkan saat mereka cerita, berikan mereka kenyamanaan saat di dekat kita.
  • Limpahi mereka dengan kasih sayang. Pada anak yang lebih muda, kata-kata sayang akan kurang terasa kesannya. Tunjukkan perasaan Anda dengan menikmati waktu bersamanya, memeluknya, bermain, atau sekadar ada di sisinya.
  • Kebersamaan bersama keluarga sangat penting. Kerja-kerja dan kerja yang menjauhkan seorang ayah dari keluarganya, maka luangkanlah waktu anda setidak-tidaknya untuk bercengkrama dengan keluarga. Dan saran dari saya adalah setiap akhir pekan usahakan anda beserta keluarga keluar rumah (rekreasi).
  • Nikmati kehidupan Anda. Ketika Anda bahagia, rasa gembira akan terlihat membekas pada perilaku Anda dan itu menyenangkan buat anak. Jadi, jangan lupa sisihkan waktu untuk diri sendiri.
  • Harga diri anda jangan samapi rusak di mata keluarga, maka jagalah supaya tetap terjaga, yaitu dengan cara selalu berkumpul, menceritakan hal-hal yang baik dan bermanfaat, menceritakaan keagamaan dan lain sebagainya.
  • Imbangi keriangan dengan peraturan. Ini akan membantu anak belajar cara berperilaku yang baik.
  • Cobalah berlaku fleksibel. Terkadang, pekerjaan dan komitmen lainnya membuat kehidupan menjadi timpang sebelah. Kehidupan keluarga sedikit terbengkalai karenanya. Sesibuk apapun Anda, pastikan anak mengetahui ayahnya akan ada bersamanya ketika ia membutuhkannya.
  • Setelah anak-anak besar dan siap meninggalkan rumahpun, mereka akan tetap mencari hikmat serta nasihat dari Ayahnya. Entah soal meneruskan pendidikan, pekerjaan baru, atau pernikahan, para Ayah terus memainkan peran penting dalam kehidupan anak-anak mereka sementara mereka bertumbuh dan, mungkin, menikah dan membangun keluarga sendiri.
http://oh-gitu.blogspot.com/
Banyak Kan tips nya? Hmm Itu saya ambil dan saya gabungkan dari berbagai tulisan, semoga aja semua tips tips nya dapat direnungkan sejenak dan diresapi setiap ayah yang mamebacanya, atau kalau memang ada seorang ayah yang sudah sukses, silahkan berbagai tips nya disini, Semoga bermanfaat yaa tipsnya :)

SHARE TWEET

22 komentar:

  1. bapak Idaman..tp kayaknya jarang di dapat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaa menjelang akhir zaman memang semakin sulit :)

      Delete
  2. sebagai laki laki..
    saya harus *catat!

    ReplyDelete
  3. pulpen mana pulpen ...
    Aku ijin catet dulu mas, buat masa depan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah.. pulpennya memang ditanganya kok. XD

      Delete
  4. harus rekam di memori otak ni,, makasih banget sobat atas tips nya :D

    ReplyDelete
  5. wew, semoga saya nanti bisa menjadi ayah yg baik ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin bro.. semoga ayah di Indonesia baik2 :D hehe seluruh dunia sekalian

      Delete
  6. nice tips sob, semoga saya bisa menjadi ayh yg baik hahaha

    ReplyDelete
  7. Wah, meskipun ane masih lama menjadi seorang ayah, tapi wajib dibookmark nih sob, tips yg sangat berguna nih.... Terima kasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha.. sepertinya agan calon ayah yang baik ya,, hehehe

      Delete
  8. makasih gan, nasihat buat saya nanti ketika udah berumah tangga... ^_^

    ReplyDelete
  9. terima kaish banyak untuk tipsnya sobat, saya seorang lelaki yang kelak akan menjadi suami sekaligus seorang ayah sobat..

    tips sobat ini sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kita semua musti jadi suami/ayah yang baik :)

      Delete
  10. Artikelnya mantabs Mas Bro... :D
    ditunggu updatenya,,, :)
    Sapa pagi di Blog Sobat terbaik, sekalian berbagi MP3 Inspiratif Bag. XII, review ya Gan,,, :)
    Salam hangat selalu... Thanks :)

    ReplyDelete
  11. asik banget tipsnya, tapi kayanya ngga mudah seperti membalikkan tangan untuk bisa sempurna seperti yang ada di point diatas.

    ReplyDelete
  12. sangat membangun sich....tp smua itu butuh usaha dan kemauan....ga gmpang jd ayah yg baik bgi si anak dan jga istri....

    tks bwat tipsnya....GBU

    ReplyDelete
  13. Penting bgt.. Tengkiyuh!! Tips2nya (•̃͡-̮•̃͡)∫
    Ϛ <3 Okªªý™ Ĺāh
    ☁/ \☁ ‎​‎​ k̲̅āĹu bέ³gi†u'..

    ReplyDelete
  14. Boleh di cobA tuchh...

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp