Tips Meredam Stres Dengan Membaca

Adek pandai membaca
Eh Sobat Sekalian, apa kalian Sering Tertekan? Sering Melamun? Dan Apakah Kalian Hobi Membaca? Nah kalo iya Hobinya membaca kebetulan banget. Kegemaran yang satu ini tak hanya dapat menambah wawasan tapi juga bisa menjadi solusi jitu dan murah untuk meredam stres. Membaca meskipun hanya selama enam menit diyakini para peneliti dapat merelakskan pikiran dan mengurangi tingkat stres yang Anda alami. Membaca tidak harus buku, sering membaca artikel di blog oh-gitu malah lebih mantap lagi :p

Cara ini terbilang sangat jitu dan bekerja dengan cepat bila dibandingkan dengan metode lainnya seperti mendengarkan musik, berjalan-jalan atau berdiam diri sambil menikmati suguhan secangkir teh.

Para Blogger psikolog meyakini hal ini terjadi karena pada saat membaca, pikiran seseorang akan terpusat dan berkonsentrasi pada bahan bacaan sehingga tekanan pada otot dan jantung mengendur. Penelitian itu dilakukan oleh para peneliti dari Unversitas Sussex, Inggris dengan melibatkan sejumlah responden, tidak termasuk admin blog ini(oh-gitu).

Saya rajin baca buku ninja, makanya jadi ninja
Para responden yang diketahui sedang mengalami stres diberikan berbagai pilihan metode tradisional penghilang stres. Hasilnya menunjukan, stres yang diderita berkurang hingga hingga 68 persen pada saat mereka membaca. Responden hanya perlu membaca dengan tenang selama 6 menit untuk menurunkan kecepatan detak jantung, tensi darah serta ketegangan otot.

Sementara metode lainnya seperti mendengarkan musik hanya dapat mengurangi tingkat stres sebanyak 61 persen, menikmati secangkir teh atau kopi hangat hanya 54 persen, berjalan-jalan hanya mampu mengurangi stres 42 persen dan bermain video games hanya 21 persen.

Menurut Dr Lewis, selaku pemimpin riset, membaca merupakan cara terbaik untuk melupakan sejenak kenyataan-kenyataan yang tidak menyenangkan terutama saat menghadapi perekonomian yang serba tidak menentu ini. Lebih lanjut Ia juga mengatakan, tak masalah jenis buku apa yang Anda baca, asalkan Anda terpikat dan terlarut dalam bacaaan tersebut maka Anda akan terhindar dari rasa gelisah dan stres yang menghantui hari-hari Anda.

“Melarutkan diri ke dalam buku bacaan merupakan cara terbaik untuk relaksasi,” ujar Dr Lewis.

Hmm Baca itu menghilangkan stre loo
Dan satu lagi tambahan dari oh gitu, alangkah lebih bagus dan lebih bermanfaat lagi jika baccan tersebut berupa ayat suci Al-Qur'an, selain mendapat pahala, hati tentram dan stres pun lenyap hilang musnah :D. Begitulah tips murah mudah yang apat dilakukan bagi siapapun yang sedang mengalami stres. Semoga tipsnya bermanfaat ya :)

SHARE TWEET

11 komentar:

  1. bholeh juga nih tipsnya :D

    ReplyDelete
  2. setuju bngt sob.. membaca bisa jadi alternatif mnghilngkan strez..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. maka dari itu ayoo kita baca tips dari oh-gitu.blogspot.com .. XD :p

      Delete
  3. wew, wah udah pas nih sama gaya ane sob #narsis dikit :P
    selait itu bisa menambah pengetahuan ya :D

    ReplyDelete
  4. memabaca tuh hooby saya sobat, sudah ada beberapa buku siap saya baca sob, nunggu antrian merekanya sob, hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wwooohhooh.. jadi sepertinya ilmu agan pasti sangat luas :)

      Delete
    2. Dengan membaca konsentrasi akan lebih fokus, sehingga beban di dalam otak akan terkurangi, apalagi kalau membaca cerita lucu

      trims atas sharing informasi yang menarik ini, salam dari pamekasan madura

      Delete
  5. boleh juga ini meredam stresny

    ReplyDelete
  6. Selain bisa meredam stress Al Qur'an pasti juga bisa memberi petunjuk bagi kita dalam menghadapi segala tantangan hidup ya
    nice share

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp