Tips Cara Merawat Dan Membersihkan Laptop

Merawat Dan Membersihkan Laptop http://oh-gitu.blogspot.com/Laptop, Sebuah benda yang bagi beberapa orang merupakan benda yang sangat berharga  termasuk saya admin blog Oh-Gitu, penggunaanya yang telah mempermudah dan mewarnai hidup kita harus diiringi dengan perawatan. Jangan sampai laptop agan-agan terus diperas digunakan maksimal tanpa ada perawatan, tentu pemakaian laptopnya tidak akan bertahan lama. Karena kalau sudah rusak pasti membutuhkan biaya yang tidak kecil untuk memperbaiki benda elektronik yang satu ini. Kecuali kalau agan orang kaya yang mungkin tidak tau cara menggunakan uang yang baik dan benar. :D

Dalam tips merawat laptop ini, akan dipaparkan bagaimana membersihkan setiap bagian laptop dengan menggunakan alat khusus. Agan juga akan diberitahu cara merawat casing laptop agar tidak mudah kusam dan tergores. Hindari setiap larangan yang ada, sehingga laptop anda akan lebih terhindar dari kerusakan dini. Perlakukan yang baik terhadap notebook akan sangat menunjang kegiatan anda selanjutnya yang saat ini sangat bergantung dari alat canggih tersebut.Baiklah langsung saja berikut tips untuk merawat dan membersihkan laptop.

1. Cara Menggunakan Laptop
  • Usahakan untuk menggunakan alat pendingin yang biasanya diletakkan dibawah laptop. Namun ingat juga jangan gunakan sembarang pendingin yang hanya mengeluarkan angin meniup laptop agan, tapi bisa gunakan pendingin lain yang lebih canggih lagi dengan membuang anginnya keluar laptop, bukan meniup laptopnya.

  • Jika Menggunakan Laptop dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya agan melepas baterai laptopnya. NAMUN PENTING DIKETAHUI! Sebaiknya gunakan stabilizer jika agan melepas baterainya agar komponen dalamnya stabil apabila terjadi arus yang tidak stabil.

  • Hindari pula memakai laptop diatas tempat tidur atau sofa yang bisa membuat sirkulasi panas menjadi tersumbat. Panas yang berlebihan akan mengakibatkan kerusakan pada komponen laptop.
2. Cara Membersihkan Keyboard
Merawat Dan Membersihkan LaptopNah Agan, Ada beberapa penyebab keyboard menjadi kotor, seperti debu disekitar, tangan pengguna yang kotor atau berminyak, abu rokok dan lain-lain. solusinya,  bersihkanlah dengan menggunakan kuas yang lembut untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada sela-sela gusi keyboard. 

Solusi untuk mengatasi agar tidak mudah kotor Agan bisa juga memakai pelindung keyboard agar menghindari kotoran yang berlebihan.


3. Cara Merawat Monitor/LCD
Merawat Dan Membersihkan Laptop http://oh-gitu.blogspot.com/
Sebaiknya berhatilah sama hardware yang satu ini, karena selain mahal dia benda ini juga sangat beresiko. Karena itu, ambil pembersih kaca yang baik, lalu semprotkan ke kain lembut dan halus. Bersihkan secara searah dari atas kebawah atau dari kanan kekiri. Jangan menyemprotkan pembersih langsung ke monitor karena akan menyebabkan monitor menjadi cepat kusam. Dalam membersihkan monitor, jangan menekan terlalu keras. Untuk LCD dapat menggunakan cairan khusus pembersih LCD yang dapat dijumpai ditoko-toko.

4. Cara Merawat Casing Luar Laptop
Tangan yang kotor dan berminyak bisa membuat case notebook tak sekinclong ketika kita membelinya dulu. Untuk membersihkannya, kita bisa menggunakan deterjen tanpa zat alkalin yang dicampur dengan air. Atau kalau ga mau repot pakai aja pembersih multiguna yang biasa digunakan peranti elektronik. Dan biasanya isinya berupa busa. Semprotkan ke kain lap lembut, kemudian gosok secara perlahan permukaan case.

5. Cara Menyimpan Laptop
Jika laptop anda tidak digunakan dalam waktu yang lama, sebaiknya lepas saja baterainya dan simpan dalam ruangan yang sejuk. NAMUN INGAT! Sebaiknya gunakan stabilizer jika agan melepas baterainya agar komponen dalamnya stabil. Jangan menyimpan laptop yang berdekatan dengan magnet seperti speaker atau HP karena hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada hard disk.

Satu hal lagi yang penting yaitu jangan menaruh laptop dibawah terik matahari, baik saat menggunakan atau saat meletakkan karena hal tersebut bisa berakibat rusaknya komponen yang ada didalam laptop anda.

Saya rasa untuk tips untuk merawat dan membersihkan laptopnya sudah lumayan dan cukup. Nah, jika agan udah tau tipsnya yuk kita praktikkan pada gadget kita masing-masing supaya bisa awet dan selalu bisa menemani kita saat dibutuhkan (loo). Semoga bisa tips diatas bermanfaat bagi kita semua ya. Terutama bagi yang membutuhkan :)

SHARE TWEET

33 komentar:

  1. kyboard ga pernah ane bersihin gan, kadang ampe berdebu, heheh. ampe bisa di masukin musium kali... heheh, habis waktu untuk bikin trit si daripada ngebersihin debu

    ReplyDelete
  2. tips ini sangat lah berguna sobattt

    ReplyDelete
  3. wahhh.. manteb nih sobat..

    oya gimana cara buat slide post seperti di atas, pengen dong :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. prasaan kamu dari dulu komennya "wah mantep" "wah tipsnya bagus" gitu2 aja yaa.. hheheh ookee :D

      untuk membuat silde seperti diatas saya ambilnya daris sini

      http://creatingwebsite-maskolis.blogspot.com/2012/04/membuat-slider-carousel-otomatis.html

      Delete
  4. Lengkep bang petunjuk dalam merawat Laptop[, selama ini saqya hanya bisa pakai saja tanpa perawatan yang memadai....

    ReplyDelete
  5. Tips yang beginian sangat bermanfaat banget sobat..trimakasih atas sharingnya.

    ReplyDelete
  6. Tips yang bermanfaat kak
    terima kasih ya
    sekalian izin Follow

    ReplyDelete
  7. thanks gan..:) sangat berguna..:)

    ReplyDelete
  8. wew tips nya bagus bgt sob...^_^
    padhal hanya hal yg sepele, tapi bisa menjadi menarik klo di baca.....^_^

    ReplyDelete
  9. Wah, sob, kalo merawat fisiknya laptop, ane sudah bisa, tapi dalemnya sob, hehehe, ancur

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha msalah dalamnya mungkin dan semoga aja akan diberikan juga tipsnya.. hehe

      Delete
  10. Makasih sharenya sob. Sekarang jadi tahu. Biasanya pake laptop berjam jam tapi batrei nya gak dilepas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loohh!! mohon dibaca sekali lagi gan diatas.. agan belum membacanya makanya salah paham.

      Delete
  11. tips yang emang saya perluin nih. langsung ah, udah lama ngga dirawat, tengkyu yah.
    salam sehat sari kampung

    ReplyDelete
  12. makasih sobat tips nya,ku usahain deh meski jadwal terlalu padat
    biar awet

    ReplyDelete
  13. inilaptop punya aku casing yg sebelah LCD nya udh bergores kyk berkarat gitu padahal baru 2 bulan, itu karena apa yaa? terus bisa ganti casing laptop gak?? bisa dihilangin gak goresannya itu??

    ReplyDelete
  14. Mungkin memang tergores ama benda yang berwarna kecoklatan gitu, shingga mirip karatan

    bisa aja digati casingnya, namun lumayan mahal dan masih sangat jarang, coba mulai googling2 aja dulu, banyak solusinya. dan baiknya dibawa aja ke providernya langsuung mas.

    ReplyDelete
  15. tips yang oke banget dan bermanfaat. kadang kita malas merawat laptop, namun tips ini sangat inspiratif sekali bagaimana merawat laptop dengan baik supaya tetap awet. terima kasih telah berbagi info bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  16. ane bingung nih gan?? tiap aye bersihin Lcd laptop, pasti kotor lagi & banyak debunya. Ane Minta tolong nih gan biar lcd laptop ane kagak kotor lagi. Mohon bantuannya..... :-)

    ReplyDelete
  17. thanks gan, bermanfaat bgt gan, atas info.y .. :)

    ReplyDelete
  18. terimkasih telah berbagi informasi dan tipsnya

    ReplyDelete
  19. Makasih informasinya min
    https://cody.id/produk/blower/



    CODY***GARANSI SELAMANYA***
    == HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH ==
    === JASA SERVICE YG PASTI LEBIH CEPAT ===

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp