Makanan Tak Sehat Bikin Anda Terlihat Tua

Makanan Tak Sehat Bisa Membuat Anda Terlihat Tua
Jadigitu.com ~ Penuaan terjadi pada kita semua, tentu saja, dan tidak ada cara untuk mengeremnya. Namun, asal tahu saja, memilih makanan yang salah, kata Timothy Harlan, penulis Just Tell Me What to Eat, akan mengantar Anda tampak 10 tahun lebih tua.

Mantan pemilik restoran yang dikenal sebagai "Dr Gourmet" mengatakan, makanan yang tak sehat hanya menjadikan tubuh Anda bak tempat sampah. Makanan itu tak membuat Anda lebih sehat, jsutru sebaliknya, menyebabkan Anda terlihat lebih 'berumur' dari usia sebenarnya.

Misalnya, terlalu banyak gula dan karbohidrat olahan. "Ini berkaitan dengan sejumlah penyakit, seperti penyakit jantung dan diabetes," kata Andrea Giancoli, konsultan nutrisi untuk Pusat Advokasi Kesehatan Masyarakat California. Terlebih lagi, katanya, "bahan makanan ini merusak kolagen dan serat dalam kulit Anda."

Apa saja makanan yang harus Anda batasi konsumsinya? Ini dia daftarnya, seperti diurai dalam situs WebMD.com:

1. Keripik kentang dan kentang goreng. Apa pun yang goreng dalam minyak yang sarat dengan lemak trans, berkontribusi pada peradangan di seluruh tubuh Anda. Menurut American Heart Association, Anda harus menjaga lemak trans kurang dari 1 persen dari diet harian Anda.

2. Donat dan kue-kue manis. Seringkali makanan ini tinggi kadar lemak trans-nya dan, tentu saja, makanan ini dikemas dengan gula.

3. Hot dog, bacon, pepperoni, dan daging olahan lainnya. Sedih untuk mengatakan, daging pada pizza favorit Anda masuk dalam katagori ini. Makanan ini tinggi lemak jenuh dan juga mengandung nitrat, yang keduanya berkontribusi terhadap proses inflamasi.

4. Alkohol. Beberapa alkohol mungkin baik bagi Anda, tapi terlalu banyak dapat benar-benar membuat Anda layu sebelum waktunya. "Penelitian mengatakan ada sweet spot untuk alkohol," kata Harlan. Satu gelas per hari untuk wanita dan dua gelas untuk pria, katanya, sudah cukup.

Lebih penting lagi, Harlan mengatakan, mengonsumsi makanan segar yang berasal dari tumbuhan dapat mengurangi peradangan dan membantu menjaga kesehatan sel-sel tubuh Anda. "IMengikuti diet gaya Mediterania mengurangi risiko sejumlah penyakit yang berhubungan dengan penuaan, seperti kanker, Alzheimer, dan penyakit jantung," katanya.


Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/02/26/060463945/9-Kebiasaan-Baik-yang-Berakibat-Buruk

SHARE TWEET

1 komentar:

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp