Banyak Yang Tidak Sarapan karena Takut Sesak Boker

Jadigitu.com ~ Ada banyak alasan yang membuat orang malas sarapan, mulai dari tidak punya waktu hingga takut malah jadi mengantuk. Khusus di kalangan remaja, salah satu alasan mendasar untuk tidak sarapan adalah takut BAB (buang air besar) di jalan atau di sekolah.

"Kalau dia sarapan, terus di perjalanan tiba-tiba ingin ke belakang, kadang-kadang, terutama remaja, takut mau dibuang ke mana (BAB)," kata Prof Hardinsyah dari Persatuan Ahli Gizi (PERGIZI) Pangan Indonesia saat ditemui dalam penyerahan secara simbolis 2 juta Sereal Sarapan Nestle dalam rangka mendukung Pekan Sarapan Nasional 2013 di Carrefour Lebakbulus, Jakarta Selatan, Kamis (14/2/2013).

Alasan ini cukup masuk akal jika melihat kondisi lalu lintas di kota besar seperti Jakarta yang setiap saat selalu dihiasi kemacetan parah. Jika seseorang mendadak ingin BAB saat terjebak macet, maka hal itu bisa menjadi masalah serius karena hasrat semacam itu sangat tidak sehat untuk ditahan-tahan.

Tidak hanya di jalan, hasrat ingin ke belakang kadang juga menjadi masalah saat para remaja berada di sekolah. Terutama remaja putri, umumnya tidak suka dengan toilet sekolahnya yang bau dan memilih untuk menahan hasrat BAB hingga tiba waktunya pulang sekolah.

Lalu apa solusinya agar para remaja tetap bisa sarapan tanpa harus takut dihantui ketakutan untuk ke belakang?

Prof Hardinsyah menilai, urusan hasrat ingin BAB yang muncul pada waktu-waktu tak terduga bisa diatasi jika seseorang cukup dsiplin untuk banguin pagi. Jika sarapan bisa dilakukan lebih awal, lalu minum dan bergerak-gerak (beraktivitas) sedikit, maka hasrat ingin BAB akan muncul sebelum berangkat sekolah.

"Makanya tadi saya bilang, dari 102 penelitian yang dilakukan. Di dunia terbukti bahwa salah satu manfaat sarapan adalah mendisiplinkan diri. Termasuk disiplin berak itu tadi. Jadi sebelum pergi berangkat, dia sudah berak," lanjut Prof Hardinsyah.

Aktivitas makan umumnya dikategorikan sebagai sarapan jika dilakukan sebelum jam 9 pagi. Namun dalam kondisi seperti yang dialami para remaja yakni takut ingin BAB di jalan atau di sekolah, maka sepertinya sarapan harus dilakukan lebih awal. Butuh disiplin dan komitmen yang kuat untuk bisa menjalankannya.
 
Sumber: http://health.detik.com/read/2013/02/14/133255/2170025/1301/banyak-remaja-tidak-sarapan-karena-takut-bab-di-jalan?l992205755

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp