3 Cara Agar Lebih Merasa Bahagia

Jadigitu.com ~ Kebahagiaan adalah hal yang paling diinginkan setiap orang. Banyak cara agar kita bisa menemukan kebahagiaan, meskipun menemukan kebahagiaan bukan hal yang mudah. "Sampai sekarang masih banyak orang yang merasa tidak bahagia dengan hidupnya, sekalipun sudah memiliki segalanya," ungkap presenter Becky Tumewu dalam kampanye sebuah produk deodoran di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Diungkapkan Becky, kebahagiaan yang sejati bukan didasarkan pada berbagai materi yang dimiliki, namun lebih pada kemampuan untuk bisa menerima diri sendiri. Poin penting yang ditekankannya adalah untuk mencari kebahagiaan dari dalam diri sendiri, karena dengan bisa menerima diri sepenuhnya maka kita akan mampu melakukan banyak hal.

"Ciri orang bahagia adalah orang yang merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Kenyamanan ini akan membuat kita menjadi percaya diri untuk melakukan berbagai hal positif yang bisa membuat orang lain di sekitar kita juga bahagia," jelasnya.

Ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk membuat hidup Anda jadi lebih bahagia, yaitu:

1. Kenali diri sendiri
Kebahagiaan tidak akan terasa lengkap ketika Anda belum bisa mengenali diri sendiri dengan baik. Saat kita tidak mengenal diri dengan baik, akan sulit mengenali kelebihan, kekurangan, dan dan tujuan hidup kita. "Kenal diri sendiri, berarti Anda tahu apa yang bisa membuat Anda bahagia. Kemudian hubungkan dengan kemampuan yang Anda miliki, serta usaha yang mungkin dapat Anda lakukan untuk meraih kebahagiaan itu," jelasnya. 

Mengenali diri sendiri juga membuat beban hidup Anda berkurang, karena merasa nyaman dengan kondisi diri. Hal ini akan membuat Anda menjadi bahagia karena tidak terbebani untuk menjadi orang lain.

2. "Rangkul' diri sendiri
Mengenal diri sendiri akan membuat Anda bisa menerima diri dengan bijaksana. Rangkul diri Anda, dan terimalah kekurangan dan kelebihan diri dengan lapang dada. Namun, menerima diri bukan berarti berpangku tangan dan cuek menghadapi kekurangan diri kita. Menerima diri artinya menyadari kekurangan kita, dan berusaha memperbaikinya agar menjadi pribadi yang lebih baik untuk diri sendiri maupun orang di sekitar kita. 

3. Berpikir positif
Melihat segala sesuatunya dari sisi buruk hanya akan membuat pikiran menjadi lebih terbebani dan tidak bahagia. Maka, cobalah untuk melihat segala hal dari sisi positifnya. Dengan melihat sisi positif, Anda akan mendapatkan banyak hal positif yang bisa membantu pengembangan diri. Berpikir positif juga akan membuat hidup lebih santai, nyaman, dan lebih menyenangkan. "Tujuannya bukan menjadi yang terbaik di antara orang lain, tapi menjadi Anda yang lebih baik," ungkap Becky.


Sumber: http://health.kompas.com/read/2012/06/18/15344173/3.Cara.Agar.Lebih.Bahagia

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp