Jurus Makan Sehat 4 J untuk Orang Indonesia

Jurus Makan 4 J untuk Orang Indonesia Agar Selalu Sehat
Jadigitu.com ~ Pola makan yang sehat harus dimulai dari diri sendiri. Keinginan yang kuat untuk memiliki gaya hidup yang sehat, pola makan yang baik ternyata penting bukan hanya untuk membuat tubuh prima tapi juga membuat tubuh rentan penyakit.

Kunci hidup sehat bisa dimulai dari makan makanan yang sehat. Seperti yang diungkapkan spesialis gizi, Dr. Samuel Oetoro,Ms, SpGK dalam peluncuran buku 'Smart Eating' di Jakarta (13/2/2013) mengatakan kalau ada banyak sekali makanan yang tidak kita sadari ternyata tidak sehat.

"Seperti isu kerupuk yang saat ini beredar karena mengandung plastik, kalaupun kerupuk tidak mengandung plastik, makanan ini mengandung trans lemak yang tinggi. Sama halnya dengan seafood yang tidak sehat karena mengandung kolesterol yang tinggi," kata Samuel.

Dalam bukunya, Samuel menjelaskan 4 kunci sehat atau jurus 4 J yang bisa diterapkan orang Indonesia di rumahnya:

1. Jumlah

Jumlah makanan yang dikonsumsi harus sesuai kebutuhan. Tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Bagi seseorang dengan berat badan berlebih yang ingin mengurangi porsi makannya bisa mengurangi 1/4 porsi makan dari biasanya. Bila Anda ingin menambah berat badan, sebaliknya tambahkan 1/4 porsi dari kebiasaan makan Anda.

2. Jadwal
Jadwal makan harus dilakukan 3x sehari. kecuali bagi penderita maag, setidaknya makan boleh 5x sehari tapi dengan porsi yang kurang dari biasanya.

"Makan sering tapi porsinya jangan terlalu banyak. Tetap kurangi porsi makan banyak dalam sehari," katanya.

3. Jenis
Jenis makanan yang dikonsumsi harus bervariatif dan kaya nutrisi. Pilih makanan yang kaya nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral.

4. Jurus memasak
Cara memasak dan mengolahnya juga penting untuk pola gaya hidup sehat. Kurangi bahan penyedap masakan seperti MSG, gula atau bahan makanan olahan lain sehingga Anda bisa tetap sehat.

Buku ini menurut Samuel akan membantu pembacanya untuk sadar akan pentingnya kesehatan mengingat banyaknya kasus kematian akibat penyakit jantung di Indonesia. Penyebab kematian sebebanrnya beragam seperti pola makan buruk, stres, kurang tidur, malas bergerak dan lingkungan perokok. (Fit/Igw)
  
Sumber: http://health.liputan6.com/read/511643/jurus-makan-4-j-untuk-orang-indonesia-agar-selalu-sehat

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp