Cara Terbaik dan Sehat Mengolah Sayuran

Cara Terbaik Mengolah Sayuran  
Jadigitu.com ~ Sudah sejak lama diketahui bahwa sayuran bermanfaat untuk tubuh dan menyehatkan. Namun, tahukah Anda cara terbaik mengolah dan mengkonsumsi sayuran sehingga kita bisa mendapatkan hasil yang optimal?

Sebagian sayuran lebih baik dikonsumsi secara mentah, tapi sebagian yang lain justru sebaliknya. Berikut adalah tip memasak untuk beragam jenis sayuran yang berbeda untuk hasil yang terbaik.

Metode memasak sayuran:
1. Mengukus sebentar adalah cara terbaik untuk mempertahankan nutrisi dalam sayuran. Kukus sebentar saja sehingga sayuran masih renyah saat dikunyah.

2. Memanggang dengan aluminium foil adalah cara kedua terbaik untuk memasak sayuran. Pastikan Anda memercikkan kuah pemanggang di akhir untuk menjaga agar nutrisi yang keluar saat dipanggang akibat panas bisa dipertahankan.

3. Menggoreng sebentar bisa menjaga nutrisi tetap dalam sayuran, tetapi jangan berlebihan melakukannya dan pastikan sayuran masih dalam keadaan segar. Metode ini tidak terlalu bagus diterapkan jika Anda mencoba untuk mengurangi jumlah lemak yang Anda konsumsi. Sebab, sayuran menyerap semua minyak.

4. Merebus atau membuat ratatouille dapat menurunkan sejumlah kandungan vitamin C atau folat, tetapi banyak mineral lain yang meresap di dalam cairan perebus yang akan dimakan.

5. Jangan dididihkan sayuran karena hal tersebut akan membuat sayuran menjadi lembek. Selain itu, proses pendidihan bisa membuat vitamin dan mineral dalam sayuran rusak. Banyak nutrisi yang hilang akibat mendidihkan sayuran.

Sayuran yang baik dimakan mentah dan matang
Para penganut makanan mentah meyakini bahwa memasak sayuran akan merusak banyak nutrisi. Namun, hal tersebut tidaklah selalu benar meskipun sebagian makanan memang lebih baik dikonsumsi secara mentah.

Di antara yang bagus dikonsumsi secara mentah adalah beetroot, brokoli, bawang putih, dan red pepper. Sedangkan sayuran yang bagus dikonsumsi setelah dimasak adalah wortel, tomat, ubi, dan kale. Kemudian asparagus, bayam, dan jamur juga lebih baik jika dimasak terlebih dulu.


Sumber: www.tempo.co/read/news/2013/02/25/060463537/Cara-Terbaik-Mengolah-Sayuran

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp