Manfaat Kakao Untuk Meningkatkan Memori

http://www.jadigitu.comJadigitu.com ~ MENINGKATKAN memori tak hanya bergantung pada aktivitas fisik, seperti olahraga. Makanan juga punya andil penting. Kakao, salah satunya. Kakao menjadi produk unggulan untuk meningkatkan memori. Fakta ini ditemukan peneliti dari Italia dan Amerika Serikat.

Peneliti mempelajari pengaruh flavonoid yang terkandung dalam kakao terhadap kondisi mental seseorang. Mereka menemukan, zat yang terkandung dalam kakao punya efek menguntungkan pada struktur dan fungsi otak.

Peneliti melakukan studi selama delapan pekan dengan melibatkan 90 orang tua yang menderita kelainan otak akibat faktor usia. Peserta penelitian dibagi dalam tiga kelompok.

Kelompok pertama diberikan 990 miligram kakao per hari. Kelompok kedua diberikan 520 miligram kakao. Kelompok ketiga hanya diberikan 45 miligram kakao per hari. Di akhir studi, mereka menemukan, kelompok pertama dan kedua mengalami peningkatan fungsi otak cukup signifikan. Mereka bisa menyelesaikan tes kognitif lebih baik. Kemampuan operasional dan verbal mereka pun menguat.

Buah asal Amerika Selatan ini juga secara tak langsung menstimulasi suplai darah ke otak. Selain kakao, tipe flavonoid yang dikenal dengan flavonol bisa ditemukan dalam buah anggur, anggur merah, teh, dan apel.

Berdasarkan Hypertension Journal, flavonol bisa melindungi sel saraf dari kerusakan dengan cara meningkatkan interaksi dengan struktur molekular yang bertanggung jawab terhadap memori manusia.

Menurut peneliti, studi yang mereka lakukan menunjukkan, kakao menjadi salah satu buah yang harus diperhitungkan sebagai bagian dari diet sebagai pendukung fungsi otak.  

Rekomendasi:

Sumber:http://www.metrotvnews.com/metrolife/news/2012/08/24/103273/Tingkatkan-Memori-dengan-Buah-Kakao/

SHARE TWEET

1 komentar:

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp