Makanan Agar Lebih Lama Tahan Lapar


Secara umum, semua makanan berfungsi memberikan energi pada tubuh kita untuk beraktifitas. Selain memberi energi, makanan masih banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Salah satunya adalah untuk menahan lapar, lapar sendiri ditimbulkan oleh kurangnya energi pada tubuh kita. Selain itu kita  harus selektif dan sebaiknya baca juga ragam makanan sehat yang isa bikin panjang umur.

Makanan Agar Lebih Lama Tahan LaparSemua makanan memang dapat menahan lapar, namun kandungan protein atau zat pada setiap makanan berbeda-beda. Ini membuat setiap makanan memberikan energi yang berbeda-beda juga terhadap tubuh kita.

Masih ada cara paling mudah untuk membuat Anda kenyang dalam waktu lama, yaitu dengan pemilihan makanan yang tepat, seperti dilansir dari Womansday.com. Di antaranya adalah sebagai berikut:


 
Telur
sebuah penelitian terbaru dari The Pennington Biomedical Research Center di Baton Rouge, Los Angeles, menemukan bahwa orang gemuk yang makan telur saat sarapan akan lebih bisa menahan lapar lebih lama. Ghrelin adalah enzim yang diproduksi oleh sel selaput lambung yang akan merangsang nafsu makan. Tugasnya memberitahu otak bahwa kita sedang dalam kondisi lapar.
 
"Telur adalah kombinasi sempurna dari protein dan lemak, sehingga akan lebih mengenyangkan perut dibanding sarapan lainnya," kata seorang ahli diet dari New York, Julie Kaye. Bagi Anda yang memiliki tingkat kolesterol tinggi, tak perlu khawatir soal ini. Karena kuning telur bukanlah faktor utama dalam peningkatan kolesterol dalam darah.


 
Jika Anda masih takut dan ragu, Anda dapat mencoba dengan mengkonsumsi putih telurnya  saja. Selain mengandung protein, juga dapat mencegah Anda cepat merasa lapar.
 
Avokad
Daging avokad, yang kaya akan lemak, tapi baik untuk jantung sehat, karena memiliki lemak tak jenuh tunggal. "Serat yang tinggi dan kaya akan lemak, akan memungkinakan Anda merasakan kenyang lebih lama. Pastinya, kalorinya lebih sedikit," kata Erin Palinski penulis buku Fat Belly Diet Dummies.
 
Dalam sebuah penelititian, juga ditunjukkan bahwa zat asam dalam avokad dan lemak jenuh tunggalnya, dengan segera menjalankan tugasnya memberitahu otak, bahwa perut Anda masih penuh. Tapi, harus diingat bahwa mengkonsumi setengah buah avokad berarti Anda telah makan makanan sebesar 140 kalori.
 
Kacang-kacangan
Kacang tanah, lentil, buncis, dan kacang-kacangan lainnya mengandung protein dan karbohidrat dan lemak yang baik untuk tubuh. Menurut seorang pakar diet, Julie McGinnis,  kacang-kacangan dapat menjaga gula darah untuk tetap stabil.
 
Air
Ini adalah unsur paling utama dalam setiap mahluk hidup, tanpa terkecuali. Ada banyak alasan bagi kita untuk mengkonsumsi air, selain baik untuk menjaga organ-organ persendian, jaringan dan fungsi sistem pencernaan, ternyata juga dapat mengekang rasa lapar lebih lama.
 
Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang meminum dua gelas sehari sebelum makan, tubuhnya mendapatkan 75-90 kalori lebih sedikit daripada orang yang tidak mengkonsumsi air putih sama sekali.
 
Kacang Almond
Semua kacang-kacangan dapat membuat efek yang baik bagi jantung. "Makan sekitar 15 butir almond menjelang makan siang dan makan malan, dapat membantu Anda untuk menghindari kue-kue di jam istirahat, serta dapat menyimpan energi," jelas Kaye.
 
Ada hal yang menarik dalam penelitian tentang almond, yaitu tubuh kita tidak dapat menyerap semua lemak yang terdapat dalam almond yang dapat mengarah pada asupan kalori lebih rendah ketika mengkonsumsinya.
 
Sup
Sebuah penelitian terbaru dari Universitas Pennsylvania memaparkan bahwa wanita yang mengkonsumsi sup dengan kaldu ayam dan sedikit nasi dapat mengenyangkan Anda. Ahli gizi mengatakan, minum cairan hangat dapat mengurangi nafsu makan. Pastikan diri Anda untuk mencoba sup yang cair bukan sup yang kental, karena sup kental dapat menumpuk lemak dan kalori tinggi dalam tubuh.


SHARE TWEET

1 komentar:

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp