Tips Merawat Kulit Remaja Asia Tenggara

Jadigitu.com ~ Setiap ras mempunyai karakter genetik yang berbeda, bentuk wajah, postur tubuh, warna rambut juga warna kulit. Dan setiap araketeristik gen membutuhkan treatment yang berbeda. Secara umum, Tuhan mengklasifikasikan manusia ke dalam 5 kelompok, yaitu :
  1. Ras Khoisan
  2. Ras Australoid
  3. Ras Negroid
  4. Ras Kaukasoid
  5. Ras Mongoloid 
Perbedaan sistem dan karakteristik genetik terhadap masing-masing klasifikasi, membuat kita harus ekstra hati-hati dalam memilih perawatan untuk tubuh, terutama kulit yang menyelubungi seluruh tubuh kita.

Benua Asia, khususnya asia tenggara sebagian besar dihuni oleh masyarakat berkulit coklat kegelapan atau yang sering di sebut Ras Austaloid. Ras Australoid memiliki karakteristik genetik berupa : kulit kecoklatan, tubuh yang tidak terlalu tinggi, rambut yang cenderung ikal dan mata coklat. Ras Autraloid tersebar di seluruh Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Warna kulit Ras Australoid tidak putih, tetapi juga tidak hitam layaknya ras negroid. Berada diantara garis batas hitam dan putih merupakan keuntungan sekaligus kekurangan Ras Australoid. Karena beberapa orang cenderung menganggap warna kulit Ras Australoid sebagai eksotisme tersendiri, sehingga banyak orang yang berusaha mendapatkan warna kulit tersebut dengan berbagai cara, seperti Tanning dan sunning. Tetapi layaknya dua sisi mata uang, Ras Australoid memiliki berbagai kekurangan, seperti ketika melakukan perawatan kulit.

Berikut ini adalah Tips Merawat Kulit Remaja Asia yang merupakan anggota ras australoid :

1. Minimalisir Penggunaan Make-Up
Penggunaan Make-Up yang terlalu berlebihan akan membuat warna kulit semakin kusam, apalagi jika make-up yang sudah menempel tidak di touch-up selama beberapa jam. Timbunan make-up pada pori-pori kulit akan menghasilkan warna kehitaman (seperti hitam akibat Shading) dan secara otomatis akan mengurangi daya tarik. Maka dari itu, sebagai orang yang terlahir berkulit sawo matang kita seharusnya tidak menggunakan make-up secara berlebihan.

Selain itu, penggunaan make-up juga akan meningkatkan produksi keringat karena penyumbatan akibat sisa-sisa make-up yang mengendap, sehingga akan membuat kulit ras aurtlaloid menjadi lebih kusam dan tidak bercahaya.



2. Perbanyak Konsumsi Air
Air dipercaya dapat mengembalikan kelemban kulit. Sebagian besar tubuh kita ialah air, amak dari itu kita harus mengkonsumsi air sebanyak mungkin untuk menjaga kulit kita agar tetap sehat terawat. Untuk remaja australoid, tipikal kulit gelap akan lebih memudahkan proses penyerapan sinar ultra violet, sehingga kulitnya akan lebih mudah kering.

Kulit kering akan menghambat kepercayaan diri. Penggunaan pelembab, tidak akan menyelesaikan masalah ini, karena pelembab hanya menghilangkan bagian-bagian luar kulit yang terbakar sinar UV, ia tidak akan dapat menyembuhkan atau menghilangkan efek kerusakan yang diakibatkan matahari. Sehingga, diperlukan sebuah nutrisi yang berasal dari dalam tubuh kita, yaitu air.

3. Jauhi Pemutih Kulit
 Penggunaan pemutih kulit, terutama pemutih yang mengandung Hidroquinon akan berakibat fatal. Si pengguna akan merasakan efect penggunaan cream pemutih tidak lama setelah menggunakannya, bercak-bercah merah (bahkan kehitaman), jerawat menahun serta kanker kulit. Selain itu penggunaan pemutih juga akan mempengaruhi penampilan kita, bukan cantik yang akan kita dapatkan tetapi aneh dan pandangan mencemooh dari lingkungan sekitar. Betapa tidak, warna putih yang kita dapatkan pasca penggunaan cream pemutih akan tampak sangat signifikan dengan warna kulit bagian lainnya. Anda akan tampak seperti menggunakan topeng berwarna putih di wajah anda, sedangkan kulit tubuh anda akan tampak lebih hitam akibat perbandingan yang ditimbulkan.

 Maka dari itu, untuk para remaja yang hendak memutihkan kulitnya menggunakan cream pemutih, harap difikirkan masak-masak, karena dampak negative akan melekat pada diri anda seumur hidup.

Demikianlah Tips Alami Merawat Kulit Remaja Asia, semoga bermanfaat. Semoga dapat menyadarkan anda semua bahwa apa yang tuhan berikan adalah sebaik-baiknya bentuk, sukuri karunianya tanpa harus mencoba menyalahi takdir.
Rekomendasi:

Sumber: http://www.beritaremaja.com/2012/06/tips-alami-merawat-kulit-remaja.html

SHARE TWEET

1 komentar:

  1. pertamax kang . . nice info . .support siang

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp