Makanan Sehat Yang Bikin Panjang Umur

Biarlah makanan menjadi obatmu dan obat menjadi makananmu. Kata-kata tabib Yunani kuno bernama Hippocrates itu begitu populer di dunia kedokteran. Pesan itulah yang kemudian mendorong para ilmuwan mencari tahu manfaat makanan bagi kesehatan.

Makanan Sehat Yang Bikin Panjang Umur
Konsumsi makanan tepat akan mempengaruhi terciptanya tubuh sehat dan bugar. Bahkan turut mempengaruhi tingkat harapan hidup. Berikut sejumlah makanan yang memberi banyak manfaat untuk hidup sehat lebih lama, seperti dikutip Fox News.

1. Brokoli 
Kita mulai dengan konsensus ilmiah: pola makan kaya buah dan sayuran, tinggi nutrisi, dan rendah kalori, merupakan kunci panjang umur.

Di tengah ragam sayur yang ada, brokoli bisa menjadi pilihan. Meningkatkan asupan kalsium dan vitamin C dalam tubuh, dan menjadi pelindung tubuh dari kanker. Sayuran ini juga tinggi asam folat yang baik bagi ibu hamil untuk mencegah bayi terlahir cacat.

2. Berries
Selain anggur, buah-buahan seperti stroberi, blueberry, memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit mengancam jiwa. Studi Harvard University tahun 2012, menemukan bahwa setidaknya satu porsi blueberry atau dua porsi stroberi setiap minggu dapat mengurangi risiko penurunan kognitif pada orang dewasa.

3. Bawang putih
Berdasar penelitian, kandungan fitokimia dalam bawang putih dapat menghentikan pembentukan bahan kimia pemicu kanker, karsinogenik dalam tubuh. Wanita yang suka makan bawang putih memiliki risiko kanker usus lebih rendah.

4. Minyak zaitun
Merupakan lemak baik tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan jantung. Studi juga menunjukkan bahwa minyak zaitun juga berperan menunjang kesehatan otak dan pencegahan kanker. Rekomendasi: dua sendok makan minyak zaitun setiap hari.

5. Bok choy
Sayuran ini mengandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh: kaya serat, vitamin C, dan asam folat. Studi Vanderbilt University memperkuat bukti bahwa sayuran ini memperendah risiko kematian dini dan mencegah kanker kambuh.

6. Avokad
Buah ini berperan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik. Membantu tubuh menyerap nutrisi penting bagi kesehatan jantung. Sejumlah ilmuwan bahkan tak ragu menyebut avokad sebagai buah terbaik untuk melawan penyakit jantung.

7. Tomat
Kandungan likopen dalam tomat berperan penting dalam memerangi kanker. Tidak ada sumber likopen yang lebih baik daripada tomat merah cerah. Lewat sejumlah penelitian, para ilmuwan merekomendasikan konsumsi tomat yang sudah melalui proses pengolahan seperti sup tomat, saus tomat botolan, atau pasta tomat. (eh)

Rekomendasi:
Bahan Makanan Yang Bikin Wanita Sehat
Makanan Berkalori Yang Sehat Untuk Menggemukkan Badan
Beda Usia Ideal Untuk Pasangan

diambil dari: http://m.life.viva.co.id/news/read/337965-7-santapan-agar-panjang-umur

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp