Mengatasi Depresi Dengan Kopi

http://www.jadigitu.com/2012/11/mengatasi-depresi-dengan-kopi.htmlJadigitu.com ~ Anda hobi minum kopi? Ternyata hobi minum kopi bisa meningkatkan kesehatan mental Anda. Menurut penelitian, wanita yang hobi minum kopi terhitung jarang menderita depresi dibandingkan wanita yang tidak pernah minum kopi atau hanya mengonsumsi kopi sebanyak satu cangkir dalam sehari. Meskipun kesimpulan ini nampaknya terlalu dini, sebuah hasil penelitian yang ditulis pada jurnal Archives of Internal Medicine menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi kopi, seseorang bisa mengurangi rasa bersalah yang ada dalam diri mereka.

Dengan adanya penelitian ini, kesan negatif yang selama ini melekat pada kopi kemudian menurun. Kadar kafein dosis tinggi yang selama ini dihubungkan dengan banyak penyakit akhirnya bisa teralihkan dengan dampak positif ini.

Sekitar 80% kafein di dunia ini umumnya dikonsumsi dalam bentuk kopi. Kafein merupakan stimulan sistem syaraf yang paling banyak digunakan. Kafein memang terbukti memiliki pengaruh yang kurang baik pada kesehatan jantung, kanker, dan inflamasi. Namun, di balik itu, kafein memiliki dampak yang positif pada mood seseorang.

Sudah banyak dibuktikan bahwa dalam jangka pendek, kafein memiliki efek positif pada mood berupa peningkatan energi. Selain itu, kafein juga mampu membuat mata Anda selalu terjaga. Berdasarkan dampak positif jangka pendek tersebut, banyak ahli yang kemudian tertarik untuk mengetahui lebih lanjut dampak positif kafein dalam jangka panjang.

Sebanyak 51.000 wanita dilibatkan dalam sebuah penelitian kesehatan. Para ahli mengikuti perkembangan kesehatan mereka. Pada awal penelitian, tidak ada satupun responden yang dikatakan menderita depresi atau mengonsumsi antidepresan. Kemudian, setelah wanita itu mengonsumsi empat cangkir kopi setiap harinya, resiko wanita ini terkena depresi berkurang hingga 20%. Sementara wanita yang mengonsumsi dua hingga tiga cangkir kopi, resiko terkena depresinya menurun hanya sebesar 15%.

Kafein dinilai memiliki sebuah efek pelepasan dalam wujud neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin. Ketiga wujud efek tersebut ternyata berpengaruh pada pengaturan mood dan depresi. Walaupun begitu, efek jangka panjang kafein memang belum dapat diketahui secara pasti. Yang jelas, kandungan antidepresan yang dimiliki oleh kafein dapat berguna untuk mengusir depresi.

Sumber:http://www.vemale.com/body-and-mind/segar-dan-rileks/14865-atasi-depresi-dengan-kopi.html

SHARE TWEET

1 komentar:

  1. kalo saya depresi mending tdur kang#smile dari pada minum kopi

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp