Makanan Berwarna Ungun Kaya Antioksidan

http://www.jadigitu.com/2012/09/makanan-berwarna-ungun-kaya-antioksidan.htmlJadigitu.com ~ Anda mungkin sudah tahu khasiat dan manfaat sayur dan buah-buahan berwarna hijau, merah dan kuning. Tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata makanan berwarna ungu juga kaya akan antioksidan?

Warna ungu pada buah-buahan dan sayuran diindikasikan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, demikian seperti dilansir oleh IndiaTimes. Antioksidan bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel, menjaga agar kulit tetap fresh dan awet muda.

Menurut National Health and Nutrition Examination Study , orang dewasa yang rajin mengonsumsi buah dan sayuran berwarna ungu memiliki berat badan yang stabil. Selain itu, umumnya mereka cenderung langsing dan tidak memiliki berat badan berlebih. Ditemukan juga bahwa tekanan darah serta kandungan HDL dalam darah stabil. Para peneliti kemudian mengembangkan studinya terhadap sayuran berwarna ungu tersebut. Adalah anthocyanin, sebuah pigmen dalam buah dan sayuran berwarna ungu yang juga berfungsi sebagai antioksidan. Buah dan sayuran ungu apa saja yang dianjurkan untuk dikonsumsi?

Buah plum
Plum mungkin tidak terlalu beken di Indonesia, namun buah ini sudah bisa ditemukan di beberapa supermarket dan toko buah kok. Mengonsumsinya juga sangat mudah, tinggal dipotong-potong dan disajikan. Atau Anda juga bisa menambahkannya dalam salad Anda.

Kol ungu
Nah yang satu ini juga sangat mudah ditemukan di supermarket dan pasar tradisional. Rasanya manis dan warnanya menggiurkan. Dijadikan salad dressing atau lalapan teman makan ikan juga sangat lezat lho.

Terong ungu
Sayuran yang satu ini selain harganya murah, rasanya juga enak. Sajikan saja sebagai sayur utama atau bisa juga digrilled.

Anggur ungu
Anggur lokal umumnya berwarna ungu, rasanya agak sedikit asam dengan paduan manis. Memang lebih asam dari anggur impor, tetapi khasiatnya tidak bisa dipandang sebelah mata lho.

Bit
Umbi yang satu ini tidak terlalu populer juga di Indonesia. Khasiatnya, selain kaya antioksidan juga dapat dimanfaatkan sebagai penambah darah. Mengonsumsinya bisa dijadikan jus dan diminum selagi segar.

Sumber:

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp