Naluri Ibu Untuk Menyembuhkan Anak Sakit

http://www.jadigitu.com/2012/09/naluri-ibu-untuk-menyembuhkan-anak-sakit.html
Jadigitu.com ~ infeksi serius pada anak seperti meningitis, penumonia atau sepsis seringkali sulit untuk didiagnosis. Tapi dengan mengandalkan naluri, ibu bisa mendeteksi dengan cepat dan dapat menyelamatkan nyawa si anak.

Naluri seorang ibu sangatlah kuat. Hal ini dibenarkan para ahli yang mengungkapkan naluri ibu sering kali benar jika dirinya merasa anaknya akan mengalami sakit. Hal ini biasanya terjadi karena ibu selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Meskipun naluri ibu bisa saja mengatakan sesuatu yang salah, tapi hal ini penting sebagai pertolongan pertama jika anak sakit.

"Kita bisa mempercayai naluri dari ibu, karena naluri ini biasanya orangtua akan merawat anaknya dengan baik sebelum penyakit bertambah parah atau sesuatu yang lebih serius terjadi," ujar Dr Matius Thompson, seperti dikutip dari Dailymail, semalam.

Dr Thompson menuturkan naluri seorang dokter juga penting saat sedang mencoba mengidentifikasi apakah si anak terkena infeksi yang serius atau hanya mengalami flu dan batuk biasa. Identifikasi pertama adalah dengan memeriksa suhu tubuh.

Seperti dilaporkan dalam jurnal kesehatan The Lancet, infeksi serius seperti meningitis, penumonia atau sepsis seringkali sulit untuk didiagnosis. Tapi dengan mengandalkan naluri, ibu bisa mendeteksi secara cepat, memiliki kemungkinan untuk segera dirujuk dan dapat menyelamatkan nyawa si anak.

Pada tahap awal infeksi tentunya akan lebih rumit dan sulit untuk mengidentifikasinya dibandingkan jika gejala beratnya sudah muncul. Tapi biasanya naluri seorang ibu bisa memberikan petunjuk apakah gejala yang ditimbulkan akan berbahaya bagi anak atau tidak.
 
Naluri yang dirasakan oleh ibu tidak bisa dijadikan alat untuk diagnosis penyakit yang dialami oleh anak. Tapi orangtua biasanya dapat melihat tanda-tanda jika anaknya sedang tidak sehat.

"Perhatian dari orangtua adalah indikator diagnostik yang baik untuk sesuatu yang serius dan dokter perlu memperhitungkannya serta mengkombinasikannya dengan informasi klinis lain," ujar Dr Ann Van den Bruel dari University Oxford.

Panduan berikutnya adalah memberitahu orangtua mengenai bagaimana pertolongan pertama jika anaknya memiliki gejala-gejala suatu penyakit. Dalam beberapa kasus didapatkan kematian dan cacat akibat meningitis bisa dihindari jika cepat diberikan pertolongan

Sumber: http://asalasah.blogspot.com/2012/09/percayakan-naluri-ibu-jika-anak-sakit.html

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp