Otak Wanita Lebih Kecil dari Pria

Otak Perempuan Lebih Kecil dari Pria  
Jadigitu.com ~ Di kalangan pria sering ada bahan guyonan bahwa perempuan memiliki volume otak yang lebih kecil. Dan ternyata guyonan itu ada benarnya. Berdasarkan penelitian ahli saraf University of California dengan rekan-rekan di Madrid, rata-rata otak perempuan delapan persen lebih kecil dari pria. Meski demikian, perempuan lebih efektif menggunakan otaknya ketimbang lelaki. "Wanita lebih efisien menggunakan otaknya," tulis Daily Mail, Ahad, 3 Maret 2013.

Para perempuan pun menggunakan lebih sedikit energi dan sel-sel otak untuk mencapai hal sama yang dipikirkan pria. "Meski energinya sedikit, hasil yang dicapai lebih maksimal ketimbang lelaki."

Satu penyebab perbedaan ini adalah jumlah sel neuron pria dan wanita. Pria memiliki banyak sel neuron yang berfungsi untuk penalaran. Sedangkan perempuan memiliki lebih banyak koneksi antarneuron, sehingga memungkinkan wanita berpikir lebih cepat.

Penelitian ini berangkat dari pertanyaan kenapa perempuan, dengan otak 8 persen lebih kecil, memiliki kecerdasan yang sama seperti pria. Kemudian, para peneliti pun berfokus pada hippocampus, bagian otak yang penting untuk memori dan emosi.

Pada pria, semakin besar hippocampus dan lebih banyak neuron, semakin tinggi tingkat kecerdasan. Namun, pada perempuan, hippocampus yang besar tidak berindikasi pada tingginya kecerdasan. Justru, ukuran kecil hippocampus malah semakin baik.

Profesor Trevor Robbins dari Cambridge University mengatakan, penelitian itu menarik, tetapi butuh pemeriksaan lebih lanjut. Pada penelitian ini, semakin kecil hippocampus perempuan, semakin baik kerjanya. "Ukuran struktur tidak selalu terkait dengan hasil yang lebih baik," kata Robbins. "Bisa jadi ukuran hippocampus yang kecil memiliki neuron yang lebih intens sehingga dapat beroperasi lebih efisien."

Dalam penelitian ini, para ilmuwan mengetes 59 perempuan dan 45 pria, sekitar 18-27 tahun. Mereka menemukan bahwa wanita lebih baik dalam penalaran induktif dan pelacakan perubahan situasi. Sedangkan laki-laki menunjukkan kecakapan lebih besar pada penalaran spasial.


Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/03/04/060464964/Otak-Perempuan-Lebih-Kecil-dari-Pria

SHARE TWEET

2 komentar:

  1. tapi menurut saya wanita mampu berfikir lebih dewasa dan bijak . (hehe karna saya wanita)

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp