Cegah Sakit Ginjal Dengan MInum Air 8 Gelas Perhari

http://4.bp.blogspot.com/_zQj475e1CrI/TAXIbSNbX_I/AAAAAAAABJA/c2idVz7H2n4/s400/kidney_1.jpgJadigitu.com ~ Pola makan dan hidup di zaman modern dapat mengganggu fungsi pencernaan, seperti ginjal. Sebelum itu terjadi, ada baiknya Anda minum delapan gelas air putih setiap hari dan banyak beraktivitas.

Internist subspesialis ginjal, Dokter Lucky Azizah SpPD KGH, mengatakan pola makan dan gaya hidup modern menjadi pemicu gangguan ginjal. Seperti makan makanan cepat saji dan goreng-gorengan.

Sebenarnya, pola makan itu tak bermasalah bagi ornag sehat. Yang menjadi masalah, katanya saat mengisi acara Wideshot Metro TV, Rabu (20/3), orang-orang zaman sekarang sedikit beraktivitas. Misalnya para pekerja kantor lebih sering berada di belakang meja.

Padahal aktivitas fisik dapat membantu ginjal berfungsi lebih baik. Adapun fungsi ginjal yaitu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Ginjal juga berfungsi menyaring zat kimia obat atau vitamin yang dikonsumsi.

Azizah menyebutkan dua jenis penyakit ginjal. Jenis pertama yaitu penyakit ginjal akut yang datang tiba-tiba. Sementara penyakit ginjal kronik terjadi karena fungsi pencernaan menurun. Itu diakibatkan peradangan pada ginjal, batu, infeksi, serta penyakit sistemik seperti lupus pada perempuan usia muda.

Penyakit dehidratif seperti diabetes melitus dan kolesterol pun dapat berujung pada penyakit komplikasi ginjal. Teorinya, itu berlangsung selama 15 tahun. Namun pada nyatanya, ada pasien yang baru menderita diabetes melitus selama dua tahun sudah mengalami sakit ginjal. Bahkan ada pasien yang menyadari mengalami diabetes melitus setelah dokter mengatakan dirinya terkena penyakit ginjal.

Menurut Azizah, penyakit ginjal akibat diabetes melitus tak menunjukkan gejala. Itu dapat diketahui setelah pasien melakukan uji laboratorium. Pada gangguan ringan, hasil laboratorium menunjukkan penumpukan protein pada urine atau peningkatan leukosit.

Ada pula pasien yang mengeluh sakit atau pegal pada pinggang. Bila pinggangnya diketuk, rasa sakitnya luar biasa. Itu bisa mengindikasikan sakit ginjal akibat batu atau infeksi.

Namun, itu juga bisa saja menandakan hanya sakit otot biasa. Sebab, banyak orang yang lebih banyak duduk dengan posisi tak baik. Apapun itu, Azizah menyarankkan gangguan tersebut ke dokter.

Bila sudah terkena sakit ginjal, biasanya pasien akan melakukan tindakan cuci darah. Hingga 2013, sekitar 150 ribu orang Indonesia harus cuci darah. Namun akibat keterbatasan fasilitas, rumah sakit di Indonesia baru menangani 20 ribu orang.

Azizah pun menaksir ledakan pasien yang melakukan cuci darah terjadi pada 2015. Tampaknya, pemerintah dan diri sendiri harus lebih perhatian mencegah gangguan tersebut.


Sumber: http://www.metrotvnews.com/lifestyle/video/2013/03/20/913/173628/Cegah-Sakit-Ginjal-dengan-Minum-8-Gelas-Air

SHARE TWEET

1 komentar:

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp