Ternyata Janin Dalam Kandungan Bisa Membedakan Suara

Janin Dapat Membedakan Suara    
Jadigitu.com ~ Bayi ternyata dapat membedakan suku kata tiga bulan sebelum kelahiran. Bukti ini berasal dari scan otak dari 12 bayi yang lahir prematur.

Pada usia kehamilan 28 minggu, bayi dalam kandungan bisa membedakan suku kata yang berbeda seperti "ga" dan "ba" serta suara pria dan wanita.

Dimuat dalam Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), temuan tim Prancis ini memberikan dukungan kepada gagasan bahwa bayi mengembangkan kemampuan bahasa saat masih dalam kandungan dalam menanggapi suara orang tua mereka.

Bayi diketahui dapat mendengar suara-suara di dalam rahim. Telinga dan bagian dari otak yang terkait dengan pendengaran kemungkinan terbentuk sekitar usia kehamilan 23 minggu.

Namun, yang masih diperdebatkan adalah apakah manusia dilahirkan dengan kemampuan bawaan untuk memproses pembicaraan atau apakah kemampuan itu merupakan sesuatu yang diperoleh melalui pembelajaran setelah lahir?

Studi ini menekankan faktor lingkungan tidak diragukan lagi perannya. Akan tetapi, berdasarkan temuan ini, mereka percaya proses linguistik bersifat bawaan.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa otak manusia pada awal pembentukan sirkuit korteks pendengaran untuk persepsi sudah mampu mendeskripsikan perbedaan yang halus dalam suku kata percakapan," kata Dr Fabrice Wallois, salah satu peneliti.


Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/02/26/061463946/Janin-Dapat-Membedakan-Suara

SHARE TWEET

2 komentar:

  1. emang siapa yang pernah merasakan jadi bayi..kok bisa tau.

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp