Kuping Sering Berdenging Bisa Jadi Tanda Ketulian

Kuping Berdenging Bisa Jadi Tanda Ketulian
Jadigitu.com ~ Jangan pernah mengabaikan bunyi berdenging di telinga, sebab bisa saja itu tanda Anda bakal menderita ketulian. Seperti yang dialami model serta aktris Inggris, Jessica-Jane Clement. Pada usia 20 tahun, Clement tiba-tiba mendengar suara berdering pada telinga kanannya. Beberapa jam kemudian, kala suara dengingan hilang, ternyata pendengarannya ikut lenyap. Kuping kanan Clement tak dapat mendengar suara apapun.

"Kejadiannya begitu cepat," kata Clement yang sekarang berusia 27 tahun, di Mail Online, Selasa, 26 Februari 2013. Bingung harus melakukan apa, Clement menceritakan kehilangan itu ke pacarnya. Yang kemudian menelepon rumah sakit untuk meminta petunjuk. "Tapi kata petugas rumah sakit, penderanganku akan kembali. Paling lama enam pekan kemudian."

Berpikir bila penyakit itu akan sembuh dengan sendirinya, Clement pun tak meminta saran medis ke dokter lain. Namun gejalanya terus menurun. Ia merasa pusing dan sakit selama dua pekan. Bahkan ruangan di sekitarnya berasa terus berputar, membuatnya tak tahan berdiri lama. Clement pun memutuskan kembali pulang ke rumah ibunya.

Melihat kondisi si anak, ibu Clement langsung mengajaknya ke rumah sakit. Di sana ia menjalani sejumlah tes pendengaran. Dan dokter mengatakan, Clement mengalami gangguan pendengaran ireversibel hingga kemampuan mendengarnya tersisa 10 persen.

Menurut Penelitian Ketulian Inggris atau Deafness Research UK, dalam tiap tahun ribuan orang kehilangan pendengarannya secara mendadak. Bahkan beberapa ahli percaya bila sebenarnya angka penderita ketulian tiba-tiba jauh lebih tinggi. Dan penyebabnya diduga karena pukulan atau penyakit seperti campak.

Teori lain menyebutkan ketulian ini ditimbulkan kurangnya aliran darah di telinga, menurunnya kekebalan sistem tubuh yang menyerang bagian dalam kuping, membran telinga yang pecah, atau infeksi virus seperi flu. "Tapi banyak pula kasus yang tidak diketahui penyebabnya," tulis Mail Online.

Kata ahli bedah kuping, telinga, dan tenggorokan Rumah Sakit West Hertfordshire, Rohit Pratap, apapun penyebabnya, ketulian mendadak adalah keadaan darurat medis. Mirip dengan kebutan secara mendadak. Karenanya diperlukan penanganan dini. "Pemberian obat dalam waktu 72 jam akan memberi peluang lebih besar pada kesembuhan pendengaran," kata Pratap.

untuk mengetahui tingkat keseriusan ketulian mendadak itu, pasien dapat menjalani tes audiogram di dokter spesialis THT. Sedangkan pada dokter umum, mereka dapat menjalani pemeriksaan dengan garpu tala yang diletakan pada bagian dahi. "Dalam pendengaran normal, suara dari garpu tala akan terdengar sama di telinga kanan dan kiri."

Dari 100 persen kasus yang dilaporkan ke dokter, sekitar 65 persen pasien dapat kembali mendengar dalam waktu dua pekan. Sedangkan 15 persen bisa cepat mendengar lagi, dan 20 persen benar-benar kehilangan fungsi pendengarannya.

Clement sendiri harus berjuang selama dua tahun untuk dapat kembali beraktivitas di atas panggung. Selama setahun pertama, ia menghabiskan waktu untuk beradaptasi dengan ketulian. Sedangkan setahun berikutnya, ia harus berusaha keras mencoba berakting dengan pendengaran sebelah telinga saja. "Ketulian sebelah ini cukup mengganggu keseimbangan badan, jadi rada sulit bagi saya untuk menari," ujar Clement.


Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/02/27/060464006/Kuping-Berdenging-Bisa-Jadi-Tanda-Ketulian

SHARE TWEET

1 komentar:

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp