Ejekan yang Sering Didengar Orang Gemuk

Oh~Gitu ~ Salah satu tantangan menjadi orang yang kegemukan adalah banyaknya ejekan dan juga cibiran karena dianggap sebagai orang yang malas menjaga berat badan dan hobi makan.

Untuk meningkatkan kesadaran banyak orang agar tidak berkomentar pantas kepada mereka yang kegemukan, blogger Melissa McEwan menciptakan hashtag #FatMicroaggressions untuk memulai percakapan tentang komentar tidak pantas dan menyakitkan yang diarahkan pada orang-orang kelebihan berat badan secara teratur.

Microaggression ini merupakan istilah yang diciptakan oleh Profesor Chester Middlebrook Pierce pada tahun 1970, mengacu pada tindakan-tindakan kecil namun agresif terhadap kelompok minoritas, biasanya orang-orang dari ras yang dianggap rendah, status sosial atau etnis.

Mc Ewan, melalui blognya Living ~ 400lbs, berpendapat orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan sangat rentan terhadap microaggressions. Dalam tulisannya di blog ia pernah menjelaskan, “Orang-orang gemuk tidak pernah dianggap sebagai makhluk hidup yang sama seperti manusia. Mereka tidak diperlakukan baik sebagaimana seharusnya," katanya.

Ia mengungkapkan, sindiran terhadap orang gemuk dipicu oleh budaya dan stereotif yang menyebutkan kecantikan ideal adalah mereka yang berbadan langsing. Tidak ada kecantikan yang memaparkan bahwa Anda harus mencintai bentuk tubuh Anda bagaimana pun bentuknya.

Berikut beberapa kicauan kaum perempuan di Twitter yang dikumpulkan dalam hastag FatMicroaggressions dari seluruh dunia yang mengungkapkan perasaan mereka dan perlakuan yang didapat karena tubuh gemuk mereka.

- Samantha Nicola, “Pada saat sedang wawancara kerja, saya selalu disuruh untuk menurunkan berat badan dulu dan kembali ke perusahaan itu setelah tubuh saya ideal.”

- Allison Grant, “Kamu tidak akan mati hanya karena merasa kelaparan, itulah perkataan yang sering saya dengar jika saya merasa lapar selama dua jam.”

- Sara Unrestrained, “Saya sering menerima pandangan menjijikkan dari banyak orang di sebuah restoran ketika melihat saya makan semua makanan yang ada.”

- Loniemc, “Orang gemuk adalah contoh orang yang tidak disiplin untuk bisa mendapatkan kualitas yang tinggi.”

- Jen, “Saat saya berjalan di toko, seketika pekerja disana mengatakan bahwa toko mereka tidak menerima orang gemuk masuk ke dalam tokonya.”

- Dr Tanta, “Anda pakai dua set pakaian mandi?”

- Quen Took, “Saya sering mendengar banyak orang mengatakan, “Kalau kamu vegetarian, pernah terpikirkan ukuran tubuh Anda nanti?”.”
Mendiskriminasi orang-orang yang bertubuh gemuk tidak akan mengubah apapun. Jika Anda masih sering mendengar ejekan mengenai bentuk tubuh sekarang, katakan pada mereka untuk menempatkan posisi dirinya seperti Anda.

sumber: http://female.kompas.com/read/2013/12/19/1214105/Ejekan.yang.Sering.Didengar.Orang.Gemuk

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp