Ini dia Helm Anti Kantuk Buatan Indonesia

Oh~Gitu ~Anda sering mengantuk pada saat mengendarai motor? Perkenalkan helm anti kantuk yang dibuat oleh mahasiswa asli Indonesia, berkat inovasi yang terbilang fresh dan unik ini kedua mahasiswa tersebut mendapatkan dua penghargaan sekaligus.

Dilansir dari berbagai sumber (Rabu, 27/8/2014), dua mahasiswa yang menciptakan helm anti kantuk ini adalah Kristiawan Manik dan Ricky Nathaniel Joevan, keduanya berasal dari Universitas Surabaya (Ubaya).

Kristiawan dan Manik mengubah fungsi helm tak hanya sebagai pelindung kepala tapi juga untuk penghilang kantuk dengan memanfaatkan sentuhan teknologi vibrator. Helm unik itu mereka namakan Androsys (Anti Drowsing System).

Pembuatan helm ini bermula dari sebuah tugas pada satu mata kuliah yang mereka ambil. Mereka menyoroti secara khusus tingginya angka kecelakaan sepeda motor akibat pengemudi yang mengantuk. Belum lagi pada saat mudik yang lalu, tingginya pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Kemudian tercetus ide untuk membuat helm yang menggunakan sensor piezo electric. Sensor ini bekerja mendeteksi denyut nadi seseorang. Denyut nadi manusia dalam keadaan normal adalah 80 denyut per menit. Denyut tersebut semakin menurun ketika seseorang mengantuk. Jika denyut menurun maka sensor yang ada pada helm akan mengirimkan sinyal kedua vibrator yang terletak di sekitar ubun-ubun pengguna.

Dua vibrator kemudian akan bergetar secara otomatis dalam frekuensi yang rendah secara berkala. Getaran ini tidak akan mengagetkan pengguna, hanya untuk membuat penggunanya terbangun kembali dan tidak mengantuk.

Berkat penemuan ini Kristiawan dan Ricky meraih medali emas dalam kompetisi International Invention Innovation dan Design (IIID) di Universiti Teknologi Mara (UiTM) Segamat, Johor, Malaysia yang diselenggarakan pada tanggal 20 Agustus 2014.

Satu set modular anti kantuk ini dijual seharga Rp 500.000 belum termasuk helm. Namun modular bisa digunakan pada helm jenis apapun. Kedua mahasiswa ini berharap agar temuan mereka ini bisa diproduksi secara massal agar bisa dipakai banyak orang.(dea)

sumber: http://jadiberita.com/38987/perkenalkan-helm-anti-kantuk-buatan-indonesia.html?utm_medium=facebook&utm_source=twitterfeed

SHARE TWEET

1 komentar:

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp