Makanan-Makanan Pencegah Kanker Serviks

http://oh-gitu.blogspot.com/2014/01/makanan-makanan-pencegah-kanker-serviks.html
Oh~Gitu ~Kanker serviks yang merupakan jenis kanker paling mematikan ketiga di dunia telah membunuh hampir 200 ribu wanita per tahun. Menurut laporan National Cancer Institute, sepertiga dari seluruh kematian akibat kanker serviks, dipicu pola makan yang salah.
Padahal kanker yang tumbuh di bagian bawah rahim ini bisa dicegah dengan konsumsi makanan tertentu. Dikutip Health Me Up, berikut daftar asupan yang bisa membantu pencegahan kanker serviks. 

Vitamin A, C, dan E.
Vitamin A, C, dan E merupakan bentuk antioksidan untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Gynaecologic Cancer menemukan bahwa pasien yang mengonsumsi vitamin-vitamin tersebut, memiliki viral load lebih rendah dari HPV. Anda bisa mendapatkannya dari jeruk, wortel, labu, telur, hati, tuna dan berbagai produk susu. 

Vitamin B folat
Vitamin ini juga wajib dimasukkan dalam diet, jika ingin terhindar dari kanker serviks. Folat diketahui dapat menurunkan tingkat homosistein --zat yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel abnormal pada leher rahim. Vitamin ini banyak terdapat pada brokoli, kembang kol, dan kubis. 

Antioksidan
Alpukat diakui memiliki efek antioksidan dan mampu menyerang radikal bebas dengan cara membatasi penyerapan usus. Efeknya: membatasi risiko berkembanganya kanker serviks. Makanan tinggi antioksidan lain yang disarankan adalah blueberry, labu, paprika, ceri, salmon dan ikan lain. 

Beberapa jenis sayuran tertentu seperti brokoli, kembang kol, dan kubis juga mengandung antioksidan (lutein dan zeaxanthin) yang turut membantu mengurangi perkembangan kanker serviks.

Beta karoten
Makanan yang kaya akan beta karoten dapat membantu mencegah datangnya kanker serviks. Jadi, tidak ada salahnya memasukkan wortel dan sedikit cabai dalam makanan. Kandungannya dapat menetralkan nitrosamine untuk menghindari kanker serviks.

Polifenol dan flavonoid
Dua zat ini biasa terdapat di teh hijau, minyak zaitun, anggur, raspberry hitam, blackberry, cokelat, kenari, jeruk, tomat, kacang merah, paprika hijau, dan delima. Manfaatnya: mencegah kanker serviks dan menghambat pertumbuhannya. (umi)

sumber: http://us.life.viva.co.id/news/read/472273-daftar-makanan-pencegah-kanker-serviks

SHARE TWEET

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp