Jangan Anggap Remeh Keluhan Sakit Gigi

Jangan Remehkan Sakit Gigi  Jadigitu.com ~ Jangan menganggap soal gigi sepele. Karena, bila tidak disikapi dengan serius akan berakibat fatal. Ibu hamil yang giginya berlubang bisa berakibat keguguran atau melahirkan bayi dengan berat rendah. Demikian disampaikan dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Internasional Bintaro, Badar T. Johan.

Badar menyampaikan hal penting ini dalam acara Hari Gigi Sedunia, di Gandaria City, Jakarta Selatan, April 2013 lalu. Dia menjelaskan saat mengalami infeksi, sistem autoimun tubuh itu bekerja mengeluarkan zat bernama makrofag. Nah, makrofag ini memakan bakteri.

Lebih lanjut Badar juga menerangkan proses menyeramkan saat makrofag memakan bakteri, sistem autoimun juga mengeluarkan zat lain yang disebut sitokin. Zat ini memainkan peran penting dalam regulasi sistem kekebalan dan respons terhadap peradangan.

Ketika bekerja, sitokin mengeluarkan beberapa zat, salah satunya prostaglandin E2. Zat inilah yang harus diwaspadai pada ibu hamil. Sebab, bila masuk ke pembuluh darah dan sampai ke rahim, prostaglandin E2 dapat merangsang kontraksi. "Prostaglandin ini pulalah yang menyebabkan tubuh menjadi demam," kata Badar.

Saat prostaglandin bekerja, suhu tubuh memanaskan molekul-molekul dalam tubuh agar sistem imun optimal bekerja. Keadaan ini juga berlaku pada ibu hamil. Terkadang ada panas yang menyebabkan kontraksi hebat, ada pula yang tidak. "Sebenarnya badan panas saat prostaglandin keluar itu bagus. Tapi jangan sampai 41 derajat Celsius," kata Badar.

Badar memaparkan, kontraksi yang terjadi saat prostaglandin E2 bekerja inilah yang sering menyebabkan keguguran pada ibu hamil. "Makin berat infeksinya, misalnya pada gigi, kemungkinan makin besar merangsang pengeluaran prostaglandin, maka makin besar kemungkinan kontraksinya," kata Badar.

Sumber:

SHARE TWEET

1 komentar:

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp