Aktivitas Kantoran Untuk Menurunkan Berat Badan

Jadigitu.com ~  Saat ini, hampir seluruh pekerjaan di kantor mulai dari riset data, berkomunikasi, dan lainnya di lakukan di depan komputer dan membuat Anda kurang aktif bergerak.
Tempat-yang-Bikin-Langsing-Selain-Gym

Belum lagi teknologi lain seperti smartphone, komputer tablet, dan media lain yang tidak memerlukan aktivitas berat untuk mengaksesnya. Minimnya aktivitas inilah yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan bertambahnya berat badan.

Seorang profesor kedokteran di Mayo’s Departement of Endocrinology di Rochester, Dr. James A Levine mengatakan, kantor yang sehat adalah kantor yang memungkinkan para karyawannya bergerak lebih banyak. 

Misalnya, dengan menyingkirkan kursi-kusi dan mengubah letak meja. Membuat ruang rapat menjadi trek untuk berjalan kaki. Telepon-telepon yang ‘melekat’ di meja digantikan dengan yang tanpa kabel. Idenya adalah memotivasi orang untuk aktif bergerak atau berjalan lebih banyak di dalam kantor sambil mereka bekerja.

Berikut beberapa contoh aktivitas kantor yang bisa membantu menurunkan berat badan menurut Levine:

Naik Turun Tangga

Daripada menggunakan lift atau eskalator, lebih baik menggunakan tangga darurat jika ingin menurunkan berat badan di kantor. Jika lantai yang Anda tuju tidak terlalu tinggi, cara ini bisa dijadikan latihan alternatif untuk meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak tubuh.

Banyak Gerak Saat Rapat

Daripada memesan ruang rapat, ada baiknya Anda mengajak kolega dan relasi Anda untuk ikut berjalan bersama Anda. Ajak mereka berdiskusi secara serius tapi santai sambil berjalan kaki menuju restoran atau meeting room

Pastikan topik pembicaraan yang dibahas tidak terlalu formal. Saling bertukar ide dan pendapat adalah salah satu yang bisa Anda lakukan. Dengan melakukan ini, kalori Anda akan lebih cepat terbakar daripada harus duduk berlama-lama di ruang rapat.

Jangan Terlalu Banyak Duduk

Berdirilah sewaktu berbicara atau mengetik ketika sedang melakukan presentasi. Para peserta rapat bisa juga mendengarkan presentasi sambil berdiri. Sampaikan alasan yang tepat kepada atasan Anda bahwa berdiri jauh lebih sehat daripada duduk berlama-lama saat rapat.

Berdiri juga bisa membuat Anda lebih luwes dan bebas bergerak. Semakin banyak gerakan, semakin meningkat pula metabolisme dan pembakaran kalori tubuh Anda.

Cari Teman Seperjuangan

Beruntung jika Anda memiliki teman kerja yang memiliki tujuan yang sama, karena mereka tidak akan mengajak untuk makan di restoran cepat saji. Jika Anda tidak punya, maka segera cari teman dengan tujuan yang sama, ini akan menjadi motivasi tambahan bagi Anda. 

Anda dan juga teman “seperjuangan” bisa memberi pedometer (alat pengukur langkah) untuk menilai siapa yang paling banyak melangkah di hari kerja tersebut. Cara ini akan sangat menyenangkan. Selain meningkatkan motivasi, Anda juga bisa terbebas dari stres.

Ngemil Sehat

Meja kerja Anda tentu memiliki satu atau bahkan beberapa laci kecil. Buat salah satunya menjadi “laci sehat” dengan menambahkan camilan sehat seperti roti gandum, sayuran kering, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Camilan ini akan membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah makan rakus saat makan siang nanti.
Yuk, jadikan kantor sebagai tempat yang sehat untuk menurunkan berat badan dari sekarang

Sumber: http://id.she.yahoo.com/tempat-yang-bikin-langsing-selain-gym-233359011.html

SHARE TWEET

2 komentar:

  1. kalau banyak gerak saat rapat kang ntar disangka kenapa :D

    ReplyDelete

 
Oh-Gitu © 2012 | Template By Arsip Sehat myfriend: Blog Asalasah | Asalasah.net | BigCendol | egp